Biodata Neil Arnott Penemu Kasur Air

Biodata Neil Arnott Penemu Kasur Air

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Neil Arnott seorang penemu kasur air. Penasaran ingin tahu tentang penemu kasur air, simak penjelasannya berikut ini.

Neil Arnott FRS (15 Mei 1788- 2 Maret 1874) adalah seorang dokter sekaligus penemu dan filantropis asal Skotlandia. Dia terkenal karena beberapa penemuannya, dan salah satu temuannya adalah Kasur Air tahun 1832.

Neil Arnott lahir di Arbroath, Skotlandia pada tanggal 15 Mei 1788. Arnott Lulusan studi di Marischal Collage, Universitas Aberdeen dengan gelar AM (Artium Magister) diperolehnya pada tahun 1805, sedangkan gelar MD pada tahun 1814.

Arnott magang di London di bawah asuhan dokter Sir Everard Home. Saat masih berusia 19 tahun, Arnott ditunjuk sebagai dokter ahli bedah di armada dagang East Indiaman milik Inggris dan Belanda.

Setelah dua kali berlayar ke Tiongkok sebagai dokter British East India Company, Arnott menetap di London dari tahun 1811 sampai 1854 untuk berpraktik sebagai dokter. Keahliannya membuat namanya cepat terkenal sebagai dokter.

Arnott diundang untuk memberi kuliah di Philomathic Institution. Bahan-bahan kuliahnya diterbitkan sebagai buku berjudul Elements of physics (1827). Arnott juga menjadi salah seorang pendiri Universitas London tahun 1836.

Kedutaan Besar Prancis dan Spanyol di London menunjuknya Arnott sebagai dokter resmi selama beberapa tahun. Setelah itu, Ratu Inggris memberinya kepercayaan sebagai dokter luar biasa bagi kerajaan.

Pada tahun 1838, Arnott dipilih sebagai anggota Royal Society, dan mendapat gelar Fellow of the Royal Society (FRS). Sebagai seorang yang berminat bagi kemajuan ilmu pengetahuan, Arnott memberikan bantuan uang kepada empat universitas di Skotlandia, masing-masing sebesar 2.000 pound sterling.

Baca Juga :  Biodata Hedy Lamarr Penemu Teknologi WiFi

Penemuan

Pada tahun 1832, Neil Arnott menciptakan tempat tidur air (kasur air) yang kemudian berkembang menjadi kursi antimabuk laut. Penemuan Arnott lainnya adalah ventilator Arnott dan kompor Arnott.

Buku yang paling terkenal dari Arnott adalah Elements of physics (1827).Semasa hidupnya, buku tersebut sempat diterbitkan sebanyak 6 edisi.

Kematian

Neil Arnott meninggal dunia di London Inggris pada tanggal 2 Maret 1874 saat umur 85 tahun.

Penutup

Itulah biodata Neil Arnott seorang penemu kasur air. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski