Biodata Joseph Stefan Penemu Hubungan Antara Intensitas Dengan Suhu Benda yang Memancarkan Radiasi

Biodata Joseph Stefan Penemu Hubungan Antara Intensitas Dengan Suhu Benda yang Memancarkan Radiasi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Joseph Stefan seorang penemu hubungan antara intensitas dengan suhu benda yang memancarkan radiasi. Penasaran ingin tahu tentang penemu hubungan antara intensitas dengan suhu benda yang memancarkan radiasi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Joseph Stefan :

  • Lahir : 24 Maret 1835 St Peter (sekarang Klagenfurt am Wörthersee ), Kekaisaran Austria
  • Meninggal : 7 Januari 1893 (umur 57) Wina, Austria-Hungaria
  • Orang tua : Aleš (Aleksander) Štefan dan Marija Startinik
  • Kebangsaan : Kekaisaran Austria
  • Bidang : Ahli fisika
  • Lembaga : University of Vienna
  • Alma mater : University of Vienna
  • Dikenal atas : Hukum Stefan-Boltzmann, σ konstanta Stefan-Boltzmann Masalah Stefan, Persamaan Stefan, Rumus Stefan, aliranStefan, Jumlah Stefan,  difusi Maxwell-Stefan
  • Penghargaan : Lieben Prize (1865)

 

Joseph Stefan adalah seorang fisikawan, matematikawan, dan penyair dari etnis Carinthian Slovenia, dari Kekaisaran Austria.

Joseph Stefan lahir di sebuah desa pinggiran St Peter (Slovenia Sveti Peter) dekat Ebenthal (Slovenia Žrelec) (sekarang merupakan sebuah distrik Klagenfurt) (Celovec) di Kekaisaran Austria (sekarang di Austria ) pada tanggal 24 Maret 1835.

Ayahnya bernama Aleš (Aleksander) Štefan, lahir pada tahun 1805 dan ibu Marija Startinik, lahir tahun 1815. Keluarga Stefans hidup sangat sederhana.

Ayah Stefan berprofesi sebagai seorang asisten penggilingan dan ibunya pembantu. Ayah Stefan meninggal pada tahun 1872, sementara ibunya meninggal hampir sepuluh tahun sebelumnya pada tahun 1863.

Stefan belajar di sekolah dasar di Klagenfurt. Pada tahun 1845 Stefan pergi ke Klagenfurt gymnasium. Ia mengalami tahun revolusioner tahun 1848.

Baca Juga :  Biodata Diophantus Penemu Aljabar (Bapak Aljabar)

Pada tahun 1853 Stefan meninggalkan Wina untuk belajar matematika dan fisika . Profesor fisika di gimnasium adalah Karel Robida yang menulis buku pertama fisika Slovenia.

Stefan lulus dalam matematika dan fisika di University of Vienna pada tahun 1857. Selama menjadi murid Stefan juga menulis dan menerbitkan sejumlah puisi di Slovenia.

Stefan mengajar fisika di University of Vienna, Direktur Institut Fisika dari 1866, Wakil Presiden Vienna Academy of Sciences dan anggota dari beberapa lembaga ilmiah di Eropa . Stefan menerbitkan hampir 80 artikel ilmiah, dalam Buletin Vienna Academy of Sciences.

Hukum Stefan-Boltzmann

Pada tahun 1879 Josef Stefan melakukan eksperimen untuk mengetahui karakter universal dari radiasi benda hitam. Ia menemukan bahwa daya total per satuan luas yang dipancarkan pada semua frekuensi oleh suatu benda hitam panas (intensitas total) adalah sebanding dengan pangkat empat dari suhu mutlaknya. Sehingga dapat dirumuskan:

I = e σ T4

dengan I menyatakan intensitas radiasi pada permukaan benda hitam pada semua frekuensi, T adalah suhu mutlak benda, dan σ adalah tetapan Stefan-Boltzmann, yang bernilai 5,67 × 10-8 Wm-2K-4.

Gambar berikut memperlihatkan spektrum cahaya yang dipancarkan benda hitam sempurna pada beberapa suhu yang berbeda. Grafik itu memperlihatkan bahwa antara antara panjang gelombang yang diradiasikan dengan suhu benda memiliki hubungan yang sangat rumit.

Untuk kasus benda panas yang bukan benda hitam, akan memenuhi hukum yang sama, hanya diberi tambahan koefisien emisivitas yang lebih kecil daripada 1 sehingga:
I total = e.σ.T 4
Intensitas merupakan daya per satuan luas, maka persamaan diatas dapat ditulis sebagai:

dengan:
P = daya radiasi (W)
Q = energi kalor (J)
A = luas permukaan benda (m2)
e = koefisien emisivitas
T = suhu mutlak (K)

Baca Juga :  Biodata Stanley Gerald Thompson Penemu Unsur Transuranium

Beberapa tahun kemudian, berdasarkan teori gelombang elektromagnetik cahaya,Ludwig Boltzmann (1844 – 1906) secara teoritis menurunkan hukum yang diungkapkan oleh Joseph Stefan dari gabungan termodinamika dan persamaan-persamaan Maxwell. Oleh sebab itu, persamaan diatas dikenal juga sebagai Hukum Stefan-Boltzmann, yang berbunyi:

“Jumlah energi yang dipancarkan per satuan permukaan sebuah benda hitam dalam satuan waktu akan berbanding lurus dengan pangkat empat temperatur termodinamikanya”.

Penutup

Itulah biodata Joseph Stefan seorang penemu hubungan antara intensitas dengan suhu benda yang memancarkan radiasi. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Joseph_Stefan

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski