Biodata Frederick Guthrie Penemu Dioda Termionik

Biodata Frederick Guthrie Penemu Dioda Termionik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Frederick Guthrie seorang penemu dioda termionik. Penasaran ingin tahu tentang penemu dioda termionik, simak penjelasannya berikut ini.

Prof Frederick Guthrie adalah seorang fisikawan asal Inggris dan ahli kimia dan penulis akademis. Frederick Guthrie dikenal juga sebagai Penemu Prinsip Kerja Diode Termionik pada tahun 1873.

Frederick Guthrie lahir pada tanggal 15 Oktober 1833 di Bayswater, London. Frederick adalah putra Alexander Guthrie, seorang pedagang London dan adik matematikawan Francis Guthrie.

Bersama William Fletcher Barrett ia bersama-sama mendirikan Physical Society of London (sekarang Institute of Physics) pada tahun 1874 dan menjadi pempinannya dari tahun 1884 sampai 1886. Frederick percaya bahwa sains harus didasarkan pada eksperimen dari pada diskusi.

Karir  akademis

Karir akademisnya dimulai di University College, London. Selama tiga tahun, Frederick mengabdikan diri untuk belajar kimia, atas bimbingan Thomas Graham dan Alexander William Williamson, dan belajar matematika atas bimbingan Augustus De Morgan.

Pada tahun 1852, Frederick menyerahkan pengamatan saudaranya kepada De Morgan. Pada tahun 1854 Frederick pergi ke Heidelberg untuk belajar atas bimbingan Robert Bunsen dan lalu pada tahun 1855 memperoleh gelar Ph.D. Di University of Marburg atas bimbingan Adolph Wilhelm Hermann Kolbe.

Pada tahun 1856 Frederick bergabung dengan Edward Frankland, Profesor Kimia di Owens College, Manchester. Pada tahun 1859 ia pergi ke Universitas Edinburgh.

Frederick adalah orang pertama yang melaporkan efek gas mustard. Pada tahun 1860, Frederick menggambarkan menggabungkan etilen dengan sulfur diklorida dan pengamatan beberapa efek fisiologis yang dimilikinya pada dirinya.

Baca Juga :  Biodata Mohammad Yamin

Pada tahun 1860 Frederick terpilih sebagai Fellow dari Royal Society of Edinburgh , proposernya menjadi Lyon Playfair. Frederick terpilih sebagai Fellow dari Royal Society of London pada tahun 1871.

Frederick Guthrie menjadi profesor kimia dan fisika, di Royal College of Mauritius antara 1861 dan 1867. Dia juga seorang profesor di Royal School of Mines, di mana dia membimbing fisikawan eksperimental masa depan CV Boys.

Frederick juga membimbing John Ambrose Fleming dan berperan penting dalam mengalihkan minatnya dari bidang kimia ke listrik. Frederick menulis Elemen Panas pada tahun 1868 dan Magnetisme dan Listrik pada tahun 1873 (diterbitkan pada tahun 1876).

Frederick juga seorang ahli bahasa, dramawan, dan penyair. Dengan nama Frederick Cerny, dia menulis puisi-puisi Yahudi (1863) dan Logrono (1877).

Penemuan

Diode termionik dan diode kristal dikembangkan secara terpisah pada waktu yang bersamaan. Prinsip kerja dari diode termionik ditemukan oleh Frederick Guthrie pada tahun 1873 Sedangkan prinsip kerja diode kristal ditemukan pada tahun 1874 oleh peneliti asal Jerman, Karl Ferdinand Braun.

Dioda termionik adalah sebuah peranti katup termionik yang merupakan susunan elektrode-elektrode di ruang hampa dalam sampul gelas. Dioda termionik pertama bentuknya sangat mirip dengan bola lampu pijar.

Dalam diode katup termionik, arus listrik yang melalui filamen pemanas secara tidak langsung memanaskan katode (Beberapa diode menggunakan pemanasan langsung, di mana filamen wolfram berlaku sebagai pemanas sekaligus juga sebagai katode), elektrode internal lainnya dilapisi dengan campuran barium dan strontium oksida, yang merupakan oksida dari logam alkali tanah.

Substansi itu dipilih karena mempunyai fungsi kerja yang kecil. Bahan yang dihasilkan menimbulkan pancaran termionik elektron ke ruang hampa. Dalam operasi maju, elektrode logam disebelah yang disebut anode diberi muatan positif jadi secara elektrostatik menarik elektron yang terpancar.

Baca Juga :  Biodata Marvin Stone Penemu Sedotan Minum

Meskipun begitu, elektron tidak dapat dipancarkan dengan mudah dari permukaan anode yang tidak terpanasi ketika polaritas tegangan dibalik. Karenanya, aliran listrik terbalik apapun yang dihasilkan dapat diabaikan.

Dalam sebagian besar abad ke-20, diode katup termionik digunakan dalam penggunaan isyarat analog, dan sebagai penyearah pada pemacu daya. Saat ini, diode katup hanya digunakan pada penggunaan khusus seperti penguat gitar listrik, penguat audio kualitas tinggi serta peralatan tegangan dan daya tinggi.

Kematian

Frederick Guthrie meninggal di London pada tanggal 21 Oktober 1886 pada umur 53 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Kensal Green Cemetery di London.

sebelum meninggal Frederick sudah menikah empat kali. Putranya adalah Frederick Bickell Guthrie, seorang ahli kimia pertanian.

Penutup

Itulah biodata Frederick Guthrie seorang penemu dioda termionik. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Diode
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Frederick_Guthrie
  • https://blogpenemu.blogspot.co.id/2017/04/penemu-dioda-dan-sejarah-penemuannya.html

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski