Biodata Justus von Liebig Penemu Cermin

Biodata Justus von Liebig Penemu Cermin

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Justus von Liebig seorang penemu cermin. Penasaran ingin tahu tentang penemu cermin, simak penjelasannya berikut ini.

Justus Von Liebig adalah ahli kimia asal Jerman. Pada tahun 1835 Ia menemukan cermin dengan cara meletakkan lapisan tipis perak metalik di satu sisi kaca bening. Kemudian ia menyepuhnya dengan air raksa. Jadilah cermin yang mempunyai efek pantul. Teknik ini segera diadaptasi dan diperbaiki, memungkinkan untuk produksi massal cermin itu.

Sejarah Penemuan Cermin

Cermin modern mungkin berasal dari abad ke-19, tetapi cermin secara umum sebenarnya sudah ada lebih lama. Menurut tinjauan tahun 2006 oleh ilmuwan visi Dr. Jay Enoch dalam jurnal Optometry and Vision Science, orang-orang di Anatolia, Turki modern, memproduksi cermin pertama dari tanah dan obsidian yang dipoles (kaca vulkanik) sekitar 8.000 tahun yang lalu.

Cermin yang terbuat dari tembaga yang dipoles kemudian muncul di Mesopotamia (sekarang Irak) dan Mesir dari 4000 hingga 3000 SM. Sekitar 1.000 tahun kemudian, orang-orang di Amerika Tengah dan Selatan mulai membuat cermin dari batu yang dipoles, sementara pembuat cermin Cina dan India membuat mereka dari perunggu.

Pada abad pertama M, penulis Romawi Pliny the Elder menyinggung penggunaan cermin kaca yang tercatat pertama kali dalam ensiklopedia Natural History-nya, tetapi cermin-cermin itu tampaknya tidak pernah digunakan secara umum pada saat itu.

Meskipun budaya yang berbeda secara independen menciptakan cermin reflektif pada berbagai waktu sepanjang sejarah, alam mungkin harus dinobatkan sebagai penemu sejati dari kaca yang tampak. “Cermin pertama yang paling mungkin adalah genangan air yang tenang dan wadah air batu atau tanah liat,” tulis Henokh. Tentu saja, cermin alami ini pucat dibandingkan dengan cermin buatan saat ini.

Baca Juga :  Biodata Walter Noddack Penemu Unsur Renium

Namun tidak semua orang di dunia menyambut baik pengenalan cermin. Ketika seorang antropolog memperkenalkan cermin kepada orang-orang Biami yang terisolasi di Papua Nugini pada tahun 1970-an, suku tersebut dilaporkan bertemu dengan bayangan menakutkan mereka dengan teror, bukannya terpesona.

Penutup

Itulah biodata Justus von Liebig seorang penemu cermin. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dariberbagai sumber