Biodata Wiliam Cullen Penemu Lemari es / Kulkas Pertama

Biodata Wiliam Cullen Penemu Lemari es / Kulkas Pertama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Wiliam Cullen seorang penemu lemari es atau kulkas pertama. Penasaran ingin tahu tentang penemu lemari es atau kulkas pertama, simak penjelasannya berikut ini.

Penemuan lemari es (kulkas) sudah dimulai sejak abad ke-18. Kulkas adalah bagian dari peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk mengawetkan bahan makanan dan membekukan cairan, selain itu lemari pendingin dapat juga dipakai di pasar swalayan, farmasi, rumah sakit, apotik, pabrik susu, mentega, fotografi, industri sutra, kedokteran dengan fungsi dan guna yang berbeda.

Sejarah Ditemukannya Kulkas

Sudah sejak lama manusia berfikir untuk dapat membuat bahan makanannya menjadi awet, berbagai cara dilakukan untuk memenuhi hal tersebut seperti:

Pengasapan, cara ini dilakukan dengan cara menyimpan bahan makanan di dalam suatu tempat tertutup lalu kemudian akan dihembuskan asap ke dalamnya.

Pengasinan, makanan yang akan diawetkan akan direndam dalam air garam dan dikeringkan atau dijemur di bawah sinar matahari.

Pengeringan, cara ini dilakukan dengan cara mengurangi kadar air yang terkandung di dalam bahan makanan sampai batas maksimal.

Tetapi semua cara di atas masih terdapat banyak kekurangannya yaitu: berubahnya rasa, berubahnya tekstur makanan, dan menghilangnya  bau atau aroma. sehingga membuat bahan makanan menjadi tidak segar lagi.

Suatu ketika manusia mengetahui bahwa suhu yang dingin dapat membuat bahan makanan menjadi lebih awet, maka dari situlah muncul ide-ide  untuk membuat tempat pendinginan makanan.

Baca Juga :  Biodata Tombolotutu, Pahlawan Nasional

Diantara cara-cara yang telah dilakukan manusia adalah: membuat bangunan untuk bahan makanan yang di luarnya dikelilingi oleh es atau salju alami atau membuat gudang makanan yang terletak di dalam tanah dengan maksud di dalam ruang bawah tanah itu akan terjadi suhu yang dingin secara alami.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka ditemukanlah listrik yang membuat revolusi industri secara besar-besaran di dunia termasuk pembuatan tempat mendinginkan bahan makanan menggunakan tenaga listrik.

Penemuan Kulkas oleh Wiliam Cullen 

Model oleh Wiliam Cullen

Tekhnik terbaik dalam hal penemuan lemari es untuk mengawetkan bahan makanan ini dibuat oleh William Cullen di Universitas Glasgow pada tahun 1748. Tetapi, Cullen tidak menggunakan penemuannya untuk tujuan praktis, Lalu karyanya itu disempurnakan lagi oleh ahli-ahli yang lain pada waktu-waktu selanjutnya.

William Cullen menemukan kulkas karena ia tahu bahwa bahan makanan pendingin mengurangi pertumbuhan bakteri karena Bakteri itu dapat bertahan hidup di lingkungan yang dingin. William Cullen adalah seorang dokter asal Amerika yang mengembangkan lemari es pada tahun 1748 setelah ia melakukan penelitian menyeluruh pada bakteri dan menemukan bahwa bakteri memiliki kelemahan dengan media dingin.

Pada tahun 1845 di daerah Orleans, Lusiana ditemukanlah mesin pendingin ruangan pertama yang dapat beroperasi dengan waktu yang cukup lama, penemuan itu akhirnya diujicobakan pada sebuah kapal pengangkut daging yang akan berangkat dari Australia ke Inggris dan hasil dari ujicoba itu berhasil.

Penemuan kulkas oleh beberapa Ahli

Pada tahun 1748, William Cullen dari University of Glasgow mengembangkan proses untuk menciptakan media pendingin buatan. Saat itu tidak ada yang menaruh perhatian akan potensi komersial dari penemuan ini. Penemuan William hanya digunakan untuk kepentingan ilmiah.

Baca Juga :  Biodata John Stuart Mill, Reformator Utilitarianisme Sosial

Seorang penemu Amerika, Oliver Evans membuat desain lemari es pertama pada tahun 1804 tetapi sampai tahun 1834 tidak ada yang tertarik sama sekali. Jacob Perkins akhirnya baru mewujudkan desain Oliver pada tahun 1834.

Pada tahun 1844, seorang dokter bernama John Gorrie juga membangun unit pendingin yang digunakan untuk menciptakan ruangan berpendingin bagi pasiennya yang menderita penyakit kuning.

Pada tahun 1876, Carl von Linden menemukan metode untuk meningkatkan proses pencairan gas dan kemudian mematenkannya. Penemuan Carl sangat membantu dalam pembuatan lemari es yang lebih praktis. Pada waktu itu amonia, sulfur dioksida, dan klorida metil digunakan untuk pendinginan, namun terbukti komposisi ini tidak aman dan menyebabkan banyak kecelakaan.

Setelah itu freon digunakan sebagai media pendingin secara luas sampai ditemukan bukti bahwa penggunaannya tidak ramah terhadap lingkungan dan menyebabkan penipisan lapisan ozon. Freon atau CFC lantas digantikan HFC sebagai media pendingin yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Penutup

Itulah biodata Wiliam Cullen seorang penemu lemari es atau kulkas pertama. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski