Biodata KH. Hasyim Asy’ari, Pendiri Nahdlatul Ulama

KH. Hasyim Asy’ari

Biodata KH. Hasyim Asy’ari, Pendiri Nahdlatul Ulama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata KH. Hasyim Asy’ari. Penasaran ingin tahu tentang biodata KH. Hasyim Asy’ari, simak penjelasannya berikut ini.

KH. Hasyim Asy’ari

 

KH. Hasyim Asy’ari adalah pendiri Nahdhatul Ulama, organisasi massa Islam terbesar di Indonesia serta putra dari Kyai Asy’ari. Beliau adalah ulama sekaligus pemimpin dari Pondok Pesantren Keras, berada di selatan Jombang

KH. Hasyim Asy’ari lahir pada tanggal 10 April 1875, di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pada tanggal 25 Juli 1947 (72 tahun) beliau dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang.

Ibu KH. Hasyim Asy’ari bernama Halimah, memiliki silsilah keturunan dari Raja Brawijaya VI, yang dikenal dengan Lembung Peteng, ayahanda dari Jaka Tingkir (Raja Pajang). Sedangkan keturunan ke delapan dari Jaka Tingkir adalah kakenya, Kyai Ustman yang memimpin Pondok Pesantren Gedang, dengan seluruh santri berasal dari Jawa pada akhir 19.

Ayah dari kakek beliau yaitu Kyai Sihah yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Tambak Beras, Jombang. Di kalangan Nahdhiyin dan ulama pesantren KH. Hasyim Asy’ari dijuluki Hadratus Syeikh yang berarti maha guru.

KH. Hasyim adalah putra ketiga dari sebelas bersaudara. Pada saat beliau berusia 14 tahun telah banyak mendapat wejangan serta pengajaran tentang ilmu agama langsung dari ayah dan kakek beliau.

Berbagai motivasi besar yang beliau dapatkan dari kalangan keluarga, serta minat besar dalam menuntut ilmu yang beliau miliki, membuat KH. Hasyim Asy’ari muda tumbuh menjadi seorang yang pintar dan cerdas.

Beliau juga pernah mendapat sebuah kesempatan yang diberikan sang ayah untuk membantu mengajar di pesantrennya, karena kepandaian beliau.

Ketika berusia 15 tahun, beliau berkelana (mondok) di pesantren lain. Hal ini karena beliau merasa belum cukup menimba ilmu yang diterima sebelumnya.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)

Tidak hanya satu pondek pesantren saja beliau singgahi, tapi banyak pondok pesantren yang disinggahinya, antara lain menjadi santri di Pesantren Wonokoyo (Probolinggo), Pesantren Langitan (Tuban), Pesantren Trenggilis (Semarang), Pesantren Siwalan, Panji (Sidoarjo).

Pada saat beliau merantau di Ponpes Siwalan beliau belajar kepada Kyai Jakub, dan akhirnya beliau dijadikan menantu Kyai Jakub.

Pada tahun 1892, KH. Hasyim Asy’ari menunaikan ibadah Haji, beliau di Mekkah sekaligus menimba ilmu kepada Syech Ahmad Khatib dan Syech Mahfudh At-Tarmisi, merupakan guru di bidang Hadist.

Saat pulang, KH. Hasyim Asy’ari menyempatkan diri untuk singgah ke Johor, Malaysia. Di sana KH. Hasyim Asy’ari mengajar kepada para santri sampai tahun 1899.

Kyai Hasyim Asy’ari mendirikan ponpes di Tebu ireng yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di tanah Jawa pada abad ke-20.

Mulai tahun 1900, KH. Hasyim Asy’ari memposisikan Pesantren Tebuireng menjadi pusat pembaruan bagi pengajaran Islam Tradisional.

Dalam pesantren tersebut bukan hanya ilmu agama yang diajarkan, namun juga pengetahuan umum ikut mengiringi pengajaran agama Islam.

Para santri belajar membaca huruf latin, menulis dan membaca buku-buku yang berisi pengetahuan umum, berorganisasi, dan berpidato.

Cara demikian mendapat sambutan tidak mengenakkan dirinya, karena dikecam bid’ah. Meskipun kecaman itu terus bergulir tapi beliau tetap teguh dalam pendiriannya.

Menurutnya, mengajarkan agama Islam berarti memperbaiki manusia. Mendidik para santri dan menyiapkan mereka untuk terjun ke masyarakat, adalah salah satu tujuan utama perjuangan Kyai Hasyim Asy’ari.

Meski mendapat kecaman, pesantren Tebuireng menjadi masyur ketika para santri angkatan pertama berhasil mengembangkan pesantren di berbagai daerah dan ikut manjadi besar.

Pada tanggal 31 Januari 1926, KH Hasyim Asy’ari dan beberapa ulama mendirikan Nahdatul Ulama (NU). Berdirinya NU dilatar belakangi oleh situasi dunia Islam kala itu yang sedang dilanda pertentangan paham.

Baca Juga :  Cara Merawat Daun Miyana Merah

NU hadir dengan pemikiran lebih moderat sehingga membuat interaksi dan komunikasi dunia Islam menjadi lebih mudah.

KH Hasyim Asy’ari meninggal dunia pada tanggal 21 Juli 1947, dan pada tahun  1964 beliau ditetapkan sebagai pahlawan pergerakan nasional.

Penutup

Itulah biodata KH Hasyim Asy’ari. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Sumber :

  • sosok-tokoh.blogspot.com
  • www.kompas.com

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski