Biodata Kip Thorne, Ahli Fisika Gravitasi dan Astrofisika

Biodata Kip Thorne, Ahli Fisika Gravitasi dan Astrofisika

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Kip Thorne seorang ahli fisika gravitasi dan astrofisika. Penasaran ingin tahu tentang seorang ahli fisika gravitasi dan astrofisika, simak penjelasannya berikut ini.

Kip Stephen Thorne adalah seorang fisikawan teori berkebangsaan Amerika Serikat yang dikenal atas kontribusinya terhadap fisika gravitasi dan astrofisika. Thorne merupakan sahabat lama dan rekan Stephen Hawking dan Carl Sagan.

Thorne menjabat sebagai Dosen Fisika Teori Feynman di Institut Teknologi California (Caltech) sampai tahun 2009 dan merupakan salah satu pakar yang mempelajari pengaruh teori relativitas umum Einstein terhadap astrofisika.

Kip Thorne masih melanjutkan penelitian ilmiahnya dan ditunjuk sebagai konsultan ilmiah sekaligus produser eksekutif untuk film fiksi ilmiah Interstellar tahun 2014.

Kip Thorne adalah salah satu dari tiga Ilmuwan Amerika Serikat (AS) ( Rainer Weiss dan Berry Barish ) yang memperoleh penghargaan tahunan dalam bidang fisika tahun 2017 dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia atas penemuan mereka dalam gelombang gravitasi.

Ketiganya berhak atas hadiah Nobel Fisika karena menjadi kunci untuk pengamatan pertama gelombang gravitasi pada bulan September 2015.

Thorne telah menulis dan menyunting buku bertopik teori gravitasi dan astrofisika energi tinggi. Pada tahun 1973, ia bersama Charles Misner dan John Wheeler menlis buku teks klasik Gravitation, dari buku inilah sebagian besar ilmuwan generasi modern belajar tentang teori relativitas umum.

Pada tahun 1994, Thorne menerbitkan Black Holes and Time Warps: Einstein’s Outrageous Legacy, buku untuk non-lmuwan yang dianugerahi sejumlah penghargaan. Buku tersebut telah dicetak dalam enam bahasa dan tersedia dalam bahasa Cina, Italia, Ceko, dan Polandia.

Baca Juga :  Biodata Charles Goodyear Penemu Ban Karet

Penelitian

Penelitian Thorne pada prinsipnya berfokus pada astrofisika relativistik dan fisika gravitasi, dengan penekanan pada bintang relativistik, lubang hitam dan terutama gelombang gravitasi.

Thorne mungkin paling dikenal masyarakat karena teori kontroversialnya bahwa wormholes dapat digunakan untuk perjalanan waktu. Namun, kontribusi ilmiah Thorne, yang berpusat pada sifat umum ruang, waktu, dan gravitasi, mencakup keseluruhan topik dalam relativitas umum.

Karya Thorne telah diterbitkan di beberapa publikasi seperti:

  • Scientific American
  • McGraw-Hill Yearbook of Science and Technology
  • Collier’s Encyclopedia, dan lain-lain.
  • Thorne telah menerbitkan lebih dari 150 artikel di jurnal ilmiah.

Penutup

Itulah biodata Kip Thorne seorang ahli fisika gravitasi dan astrofisika. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kip_Thorne