Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

cara menanam mangga

Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah – Sobat, Salah satu jenis buah yang sudah tidak asing terlebih bagi masyarakat indonesia ini adalah buah mangga. Buah yang sangat lezat ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat berperan untuk kesehatan tubuh.

Biasanya buah mangga ini sudah enak dikonsumsi secara langsung namun akan lebih enak lagi jika diolah menjadi jus mangga, milkshake manggo, dan bahkan salad mangga. Buah mangga ini memiliki rasa yang bervariasi dan hal tersebut tergantung dari jenis buahnya, ada rasa manis, kecut, dan masam.

Menanam Pohon Mangga

Cara menanam mangga agar cepat berbuah dapat dilakukan dengan sangat mudah karena proses menanamnya cukup simpel dan perawatan yang dilakukan juga tidak rumit sehingga mempermudah Sobat untuk membudidayakan buah ini. Bagi Sobat yang ingin tahu dan sudah penasaran serta ingin segera mencobanya, maka Sobat dapat langsung menyimak informasi dibawah ini.

Menanam mangga dari hasil cangkokan dapat menghasilkan pohon mangga yang tidak terlalu tinggi dan cepat berbuah.

Menanam mangga dari hasil cangkokan dapat menghasilkan pohon mangga yang tidak terlalu tinggi dan cepat berbuah.

Beberapa jenis mangga yang lebih dikenal adalah mangga madu, mangga golek, mangga telur dan lain sebagainya. Buah mangga ini dapat dengan mudah Sobat dapatkan dimana saja, namun akan jauh lebih menantang apabila Sobat mencoba untuk menanamnya.

Cara menanam mangga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan ada beberapa trik yang digunakan agar tanaman mangga Sobat cepat berbuah. Permintaan akan buah mangga ini sangat meningkat sehingga membuka peluang besar bagi para petani buah.

Baca Juga :  Biodata Paul-Émile Lecoq de Boisbaudran Penemu Gallium

Cara Menanam Mangga: Persiapan Bibit Mangga

Cara menanam agar pohon buah mangga nantinya cepat berbuah maka akan jauh lebih baik jika dilakukan dengan proses tanam pencangkokkan.

Mangga cangkokan biasanya ditanam dalam pot, seperti apa yang telah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Walaupun sebenarnya menanam mangga juga bisa dengan menggunakan biji.

Jika tidak ingin menanamnya dalam pot, manfaatkan saja pekarangan atau kebun Sobat. Untuk bibit mangga yang baik dapat dipilih dari induk yang memiliki sifat baik pula yaitu rajin berbuah.

Namun jika Sobat tidak ingin kerepotan dalam menentukan bibit mangga ini, Sobat pun dapat membelinya di toko pertanian. Bibit yang baik adalah bibit yang sehat dan terbebas dari hama serta penyakit.

Menyediakan Lahan Tanam

Hal yang harus diperhatikan yaitu menyediakan lahan tanam. Pertama ada dapat membuat lahan dan membersihkannya dari semak atau jenis tumbuhan lain yang mengganggu. Jika sudah maka gemburkan tanah di lahan tersebut. Setelah itu buatlah jarak antar tanaman sekitar 10 m pada tiap tiap pohon buah mangga.

Kemudian buatlah lubang dengan bentuk menyerupai segi empat yang berukuran 1 m di setiap sisinya. Selanjutnya gali tanah tersebut dengan kedalaman ½ meter dan lanjutkan penggalian hingga 1 meter. Jika sudah maka Sobat dapat memberikan pupuk kandang yang ditutup ulang dan dibiarkan selama 3 hari.

Cara Menanam Mangga: Proses Penanaman Mangga

Bibit mangga yang sudah disiapkan dapat dipindahkan kedalam lahan yang juga telah dipersiapkan sebelumnya. Pada proses pemindahan ini harus dilakukan secara hati-hati. Dan jika sudah maka lubang dapat ditutup kembali dan setelah itu siram secara rutin pada pagi dan juga sore hari.

Perawatan Tanaman Mangga

Perawatan pada tanaman mangga sangat perlu dilakukan dan hal yang perlu Sobat lakukan yaitu dengan menggunakan proses penyiangan, dimana Sobat dapat membasmi tumbuhan yang berada disekitar tanaman mangga yang biasanya berupa rumput dan lain sebagainya. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada tumbuh kembang tanaman mangga.

Baca Juga :  Resep Ayam Taliwang | Cara Membuat Ayam Taliwang

Jika proses penyiangan sudah dilakukan maka berikutnya adalah proses pemangkasan, dimana Sobat harus memangkas bagian tunas yang tumbuh secara berlebihan jadi cara ini dilakukan agar pohon mangga nantinya cepat berbuah.

Selanjutnya melakukan perawatan dengan cara mengendalikan hama dan juga penyakit yang dapat dilakukan dengan cara pemberian pupuk secara rutin dan dalam waktu yang tepat. Perawatan yang terakhir yaitu melakukan penggemburan pada media tanam yaitu pada lahan yang berguna untuk mempercepat proses tumbuh tanaman mangga tersebut.

Agar tanaman pohon mangga Sobat berbuah dengan lebat maka tidak hanya pupuk saja yang perlu diberikan namun Sobat juga dapat memberikan hormon pada tanaman buah mangga Sobat untuk merangsang proses pembuahan pada tanaman mangga Sobat. Jadi tanaman mangga Sobat dapat berbunga dan kemudian berbuah dengan cepat.

Pahami Cara Menanam Mangga

Itulah beberapa informasi mengenai cara menanam mangga agar cepat berbuah yang dapat Sobat ketahui dan dapat Sobat coba praktikkan secara langsung.

Jangan lupa untuk menyediakan beberapa hal yang diperlukan sesuai dengan panduan diatas dan tahap demi tahap harus dikerjakan dengan tepat agar proses tumbuh tanaman buah mangga ini dapat berjalan dengan sempurna.

Perhatikan juga proses perawatan atau pemeliharaanya yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan buahnya. Jadi jika Sobat menginginkan tanaman mangga Sobat berbuah lebat maka perhatikan panduan diatas dan praktikkan dengan benar.

Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski