Biodata Louis Daguerre Penemu Proses Fotografi Daguerreotype

Biodata Louis Daguerre Penemu Proses Fotografi Daguerreotype

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Louis Daguerre seorang penemu proses fotografi Daguerreotype. Penasaran ingin tahu tentang penemu proses fotografi Daguerreotype, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Louis Daguerre :

lahir : 18 November 1787 
Tempat lahir : Cormeilles-en-Parisis, Val-d’Oise, Prancis
Meninggal 10 Juli 1851 (umur 63) Bry-sur-Marne, Prancis
Dikenal : Penemuan Daguerreotype
Louis-Jacques-Mandé Daguerre (Perancis: [dagɛʁ] adalah seorang seniman dan fotografer asal Perancis, diakui sebagai penemu Proses Fotografi Daguerreotype. Daguerre  dikenal juga sebagai salah satu bapak fotografi. Selain terkenal sebagai fotografer, dia juga seorang pelukis handal dan pengembang  teater diorama.
Daguerre lahir di Cormeilles-en-Parisis, Val-d’Oise, Perancis pada tanggal 18 November 1787. Dia magang dalam arsitektur, desain teater, dan lukisan panorama dengan Pierre Prevost, pelukis panorama pertama asal Perancis.
Daguerre menjadi seorang desainer terkenal untuk teater karena kemahirannya dalam ilusi teater, kemudian dia menciptakan diorama yang dibuka di Paris pada bulan Juli 1822.
Pada tahun 1829, Daguerre berkolaborasi dengan Nicéphore Niépce, seorang penemu yang telah menghasilkan heliograph pertama di dunia tahun 1822 dan foto kamera permanen pertama empat tahun kemudian.
Niépce meninggal dunia pada tahun 1833, tetapi Daguerre terus bereksperimen sampai menghasilkan sistem praktis untuk fotografi yang dikenal dengan daguerreotype.
Daguerre mempulikasikan temuannya pada tahun 1839 dengan memamerkan pelat tembaga berlapis perak yang menampilkan bayangan sebuah jalan di Paris dimana terdapat gambar orang yang tidak dikenal yang merupakan orang pertama yang difoto.
Kemudian Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis yang mengumumkan prosesnya pada tanggal 9 Januari tahun tersebut. Paten Daguerre diambil alih oleh Pemerintah Perancis, dan pada tanggal 19 Agustus 1839 Pemerintah Perancis mengumumkan penemuan itu merupakan hadiah “sumbangan untuk dunia”.
Sebagai penghargaan, Pemerintah Perancis menghadiahkan uang pensiun seumur hidup kepada Daguerre dan keluarga Niepce. Daguerre meninggal pada tanggal 10 Juli 1851 di Bry-sur-Marne, 12 km (7 mil) dari Paris.
Sebuah monumen menandai kuburannya di sana. Nama Daguerre adalah salah satu dari 72 nama yang tertulis di menara Eiffel.

Proses fotografi Daguerreotype

Boulevard du Temple, foto Daguerreotype pertama yang dibuat oleh Daguerre pada sekitar tahun 1838-1839.
Daguerreotype merupakan metode membuat foto yang pertama di publikasikan di dunia.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Manusia dengan Lingkungan Alam Kelas 5 Tema 6

Metode ini diciptakan pada tahun 1834 oleh Louis dan Niepce. Gambar yang dihasilkan sistem Daguerrotype terbuat dari amalgam atau campuran perak dan mercury. Uap mercury yang dihasilkan dari kolam air raksa yang telah dipanaskan digunakan untuk mengembangkan pelat tembaga dengan lapisan perak tipis yang digulung di dalam kontak.

Tetapi hasil gambar sistem Daguerrotype mudah terhapus oleh udara maupun jari, sehingga dilakukan diruang yang tertutup dan hasilnya dimasukkan kedalam bingkai kaca. Hasil gambarnya dapat disalin kembali dengan redaguerrotype aslinya.

Louis Daguerre kembali melanjutkan penelitiannya dengan melakukan eksperimen bahan kimia dan proses mekanik dalam merekam gambar dengan melapisi pelat tembaga dan perak.

Pada tahun 1835, Daguerre telah menemukan cara mengembangkan hasil foto selama 30 menit, sehinggga dapat memperbaiki gambar yang dihasilkan. Cara itu mampu mencegah penggelapan pelat perak yang digunakan. Pada tahun 1837, Daguerre sukses menyempurnakan dari proses eksposur hingga fiksasi.

Penutup

Itulah biodata Louis Daguerre seorang penemu proses fotografi Daguerreotype. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Levi Strauss Penemu Celana Jeans

sumber : Biografi.Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski