Biodata John Harrison Penemu Kronometer Laut

Biodata John Harrison Penemu Kronometer Laut

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Harrison seorang penemu kronometer laut. Penasaran ingin tahu tentang penemu kronometer laut, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata John Harrison : 

Lahir : 3 April 1693 Foulby, dekat Wakefield, West Riding of Yorkshire, Inggris

Meninggal : 24 Maret 1776 (umur 82) London, Inggris

Kebangsaan : Inggris

Bidang : Horologi

Dikenal atas : penemu kronometer laut

Penghargaan : Medali Copley (1749)

 

John Harrison adalah seorang tukang kayu dan pembuat jam otodidak asal Inggris yang menciptakan kronometer laut tahun 1735, sebuah alat untuk memecahkan masalah penghitungan lintang saat berada di laut.

John Harrison lahir di Foulby, dekat Wakefield, West Riding of Yorkshire, Inggris, pada tanggal 3 April 1693. Harrison membaktikan kehidupannya yang panjang untuk membuat 5 kronometer. Kronometer yang paling terkenal adalah kronometer No. 4 (berada di sebelah tangan kanan Harrison pada foto diatas).

kronometer karya John Harrison

Pada tahun 1761 itu telah diadili dari Inggris ke Hindia Barat dan ditemukan hanya 5 detik kedatangan lambat lebih dari dua bulan kemudian. Salinan dibuat untuk Kapten James Cook di perjalanan besar kedua, dan memberi James kepercayaan untuk memulai memetakan Pasifik.

Solusinya merevolusionisasikan navigasi dan sangat meningkatkan keamanan perjalanan laut jarak jauh. Masalah yang ia pecahkan dianggap sangat berpengaruh setelah bencana angkatan laut Scilly, tahun 1707   yang membuat Parlemen Inggris menawarkan bayaran sampai £20,000 (setara £3.09 juta pada saat ini) di bawah Longitude Act tahun 1714.

John Harrison meninggal dunia di London, Inggris, pada tanggal 24 Maret 1776 pada umur 82 tahun.

Penutup

Itulah biodata John Harrison seorang penemu kronometer laut. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Soerjopranoto

sumber : wikipedia.org

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski