Biodata Mark Zuckerberg Penemu dan Pendiri Facebook

Biodata Mark Zuckerberg Penemu dan Pendiri Facebook

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Mark Zuckerberg seorang penemu dan pendiri facebook. Penasaran ingin tahu tentang penemu dan pendiri facebook, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Mark Zuckerberg :

Lahir : New York, Amerika, 14 Mei 1984

Orang tua : Edward Zuckerberg (ayah), Karen Kempner (ibu)

Saudara : Randi Zuckerberg, Donna Zuckerberg, Arielle Zuckerberg

Pasangan : Priscilla Chan

Anak : Maxima Zuckerberg, August Chan Zuckerberg

Pekerjaan : CEO Facebook / Founder Facebook

Kekayaan : 1.018 triliun rupiah / 72,3 Miliar Dollar AS (2018)

Mark Zuckerberg adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha internet. Dia dikenal sebagai pemuda terkaya di dunia berkat Facebook. Mark Zuckerberg terkenal sebagai penemu atau pendiri dari Facebook. Sebuah Jejaring sosial terpopuler yang penggunanya mencapai 2 milyar lebih.

Masa kecil

Mark Elliot Zuckerberg lahir di Dobbs Ferry, Westchester County, kota New York. pada tanggal 14 Mei 1984. Mark adalah anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua bernama Edward Zuckerberg dan Karen Kempner yang berprofesi sebagai dokter gigi dan ­psikiater.

Sejak masih kecil Mark suka mengu­tak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya. Ayahnya sendiri membelikannya komputer sejak dia beru­sia 8 tahun.

Saat di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, Mark dan rekannya, D’Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp. Plug-in adalah program komputer yang bisa berinteraksi dengan aplikasi host seperti web browser atau email untuk keperluan tertentu.

Baca Juga :  Biodata Carl Gustaf Mosander Penemu Lantanum, Terbium, Erbium

Mark dan D’Angelo membuat plug-in untuk menghimpun kesukaan orang terhadap aneka jenis lagu dan lalu membuat play­list-nya sesuai selera mereka.

Mereka mengirimkan program itu ke berbagai perusahaan termasuk ke AOL (American Online) dan Microsoft. Pada tahun terakhimya di Phillips dia direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek.

Saat melanjutkan sekolah ke perguruan ting­gi keduanya harus berpisah. D’Angelo masuk Caltech sedangkan Mark masuk Harvard. Walaupun pada akhirnya Mark Zuckerberg di DO (Drop Out) dari kampusnya karena berkonsentrasi mengembangkan facebook.

Cikal Bakal Facebook

Di Harvard inilah Mark menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka.

Tetapi setiap kali Mark menawarkan diri membuat direktori itu, Harvard menolaknya. “Mereka mengatakan punya alasan untuk tidak mengumpulkan informasi (mahasiswa) ini,” ujar Zuckerberg kemudian.

Meskipun ditolak Mark selalu mencari solusi untuk mewujudkannya. Proyek pertamanya adalah CourseMatch (www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain di website tersebut.

Suatu malam di tahun kedua dia kuliah di Harvard, Mark menyabot data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang dia buat bernama Facemash. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Tak lupa ia membubuhkan kalimat yang meminta pengun­jungnya menentukan mana dari foto-foto ini yang paling “hot”.

Dalam tempo empat jam sejak dia meluncurkan webiste itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Namun pihak Harvard mengetahuinya dan sambungan internet pun diputus. Mark diperkarakan karena dianggap mencuri data.

Mark Zuckerberg pun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash. Tetapi dia tak menyesali perbuatannya. “Saya kira informasi seperti itu harus tersedia (online),” ujamya.

Baca Juga :  Biodata Willard F. Libby Penemu Penanggalan Radiokarbon

Mendirikan Facebook

Mark Zuckerberg membuat website baru dengan nama Facebook (www.thefacebook.com). Website ini dia luncurkan pada Februari 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash.

Saat itu sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Dalam penjelasan di website-nya sekarang disebutkan bahwa Facebook adalah suatu alat sosial untuk membantu orang berko­munikasi lebih efisien dengan rekan, keluarga, atau rekan kerjanya.

Setidaknya 140 aplikasi baru ditambahkan ke Facebook setiap harinya dan 95% pemilik account Facebook telah menggu­nakan minimal satu aplikasi.

Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh mahasiswa Harvard sudah memiliki account di Facebook. Ternyata tak hanya mahasiswa Harvard yang tertarik, beberapa kampus di sekitar Harvard pun meminta dimasukkan dalam jejaring Facebook.

Ini membuat Mark kewalahan. Dia lalu meminta bantuan dua temannya untuk ikut mengem­bangkan Facebook. Dalam tempo empat bulan Facebook sudah bisa menjaring 30 kampus.

Pada akhir 2004 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta. Pengguna Facebook terus meningkat.  Sehingga Mark dan kawan-kawan memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah  pada Sep­tember 2005.

Tak lama kemudian mereka juga membuka jejaring untuk para pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat Mark harus memutuskan keluar dari Harvard.

Menjual Saham Facebook

Jumlah anggota Facebook yang jutaan or­ang itu menjadi tambang emas yang meng­giurkan. Karena itu ketika jumlah user-nya melebihi satu juta mereka menggandeng Accel Part­ners, perusahaan modal ventura, untuk membiayai pengembangannya.

Modal yang ditanamkan adalah US$ 12,7 juta. Ini adalah investasi kedua yang masuk ke Facebook setelah sebelumnya (Juni 2004) men­dapatkan dari pendiri PayPal sebesar US$ 500.000.

Pembenahan pertama dengan tambahan modal itu adalah dengan meng­ganti domain-nya dari www. thefacebook.com menjadi www.facebook.com pada Agustus 2005. Setelah itu jangkauan keanggotaannya diperluas menjadi internasional. Hingga Desember 2005 jumlah anggotanya sudah mencapai 5,5 juta.

Baca Juga :  Biodata Samuel Morse Penemu Telegraf Listrik

Kekayaan Mark Zuckerberg

Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders. Usia Mark Zuckerberg baru 30 tahun, tetapi dia bisa menghasilkan 44 miliar dollar AS.

Keberhasilan pria pendiri Facebook, salah satu situs jejaring sosial ternama di dunia, ini membuatnya berada dalam jajaran 10 orang terkaya di Dunia versi Forbes.

Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda. Di tahun 2018, menurut majalah Forbes total kekayaan Mark Zuckerberg sekitar 1.018 triliun rupiah atau 72,3 Miliar Dollar AS, Mark menobatkan dirinya sebagai anak muda paling kaya di dunia.

Mark Zuckerberg menikah dengan Priscilla Chan dan dikaruniai dua orang anak Maxima Zuckerberg dan August Chan Zuckerberg.

Sumber Pendapatan Facebook

Sumber pendapatan facebook dihasilkan dari jasa periklanan yang ditawarkan oleh facebook disitus facebook yang dikenal dengan nama facebook ads.

Facebook ads mengusai pasar periklanan mobile di dunia bersama dengan google. Perkembangan penggunaan smartphone yang sangat tinggi pada tahun 2017 membuat para pengiklan banyak melirik iklan mobile seperti facebook ads.

Fitur facebook ads sangat lengkap dan mudah untuk digunakan. Selain itu pemasang iklan juga dapat menentukan seberapa banyak jumlah jangkauan iklannya serta target dari iklannya. Dengan begitu budget serta hasil yang didapatkan bisa optimal oleh pengiklan.

Selain pemasukan dari iklan, sumber pendapatannya facebook juga berasal dari perkembangan teknologi dari anak perusahaannya seperti whatsapp, instagram serta oculus rift. Sehingga tak mengherankan jika kekayaan dari Mark Zuckerberg sangat melimpah.

Penutup

Itulah biodata Mark Zuckerberg seorang penemu dan pendiri facebook. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : www.biografiku.com/biografi-mark-zuckerberg-pendiri-facebook.