Biodata Matthias Jakob Schleiden Penemu Teori Sel

Biodata Matthias Jakob Schleiden Penemu Teori Sel

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Matthias Jakob Schleiden seorang penemu teori sel. Penasaran ingin tahu tentang penemu teori sel, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Matthias Jakob Schleiden :

  • Lahir : 5 April 1804 Di Hamburg, Jerman
  • Meninggal : 23 Juni 1881 (umur 77) Frankfurt am Main, Jerman
  • Kebangsaan : Jerman
  • Bidang : Botani
  • Institusi : University of Jena, University of Dorpat
  • Alma mater : Heidelberg
  • Dikenal atas : Penemu teori sel
Matthias Jakob Schleiden ialah seorang ahli botani asal Jerman yang menjadi salah seorang penemu teori sel bersama dengan Theodor Schwann dan Rudolf Virchow.

Matthias lahir di Hamburg pada tanggal 5 April 1804, dia dididik di Heidelberg, kemudian praktek hukum di Hamburg, tetapi karena kecintannya pada botani membuatnya mempelajarinya dengan sungguh-sungguh ilmu itu.

Matthias lebih suka mempelajari struktur tanaman di bawah mikroskop . Sementara menjadi seorang profesor botani di University of Jena, dia menulis dengan Kontribusinya pada Phytogenesis (1838), Matthias menyatakan bahwa bagian-bagian yang berbeda dari organisme tumbuhan terdiri dari sel-sel.
Dengan demikian, Matthias dan Schwann menjadi yang pertama untuk merumuskan apa yang kemudian menjadi keyakinan resmi sebagai prinsip biologiyang sama pentingnya dengan teori kimia atom.
Matthias juga mengakui pentingnya inti sel yang ditemukan pada tahun 1831 oleh ahli botani Skotlandia Robert Brown dan merasakan hubungannya dengan pembelahan sel.

Matthias adalah salah satu ahli biologi pertama Jerman yang menerima teori evolusi Charles Darwin. Dia menjadi profesor botani di University of Dorpat di tahun 1863.

Matthias menyimpulkan bahwa semua bagian tanaman terbuat dari sel dan embrio muncul dari satu sel.
Matthias Jakob Schleiden meninggal di Frankfurt am Main Jerman pada tanggal 23 Juni 1881 saat berumur 77 tahun.
Standar Penulis singkatan Schleid. digunakan untuk menunjukkan orang ini sebagai penulis ketika mengutip sebuah nama botan

Penutup

Itulah biodata Matthias Jakob Schleiden seorang penemu teori sel. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Hans Wospakrik, Fisikawan Teoritis Asal Papua

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski