Biodata Muhammad Yunus, Pendiri Grameen Bank

Biodata Muhammad Yunus, Pendiri Grameen Bank

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Muhammad Yunus seorang pendiri Grameen Bank. Penasaran ingin tahu tentang seorang pendiri Grameen Bank, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Muhammad Yunus :

  • Lahir : 28 Juni 1940 Chittagong  British Raj (Sekarang Bangladesh )
  • Kebangsaan : Bangladesh
  • Lembaga : Universitas Chittagong, Shahjalal Universitas Sains dan Teknologi, Middle Tennessee State University, Glasgow Caledonian University
  • Bidang : Teori Kredit Mikro, Pembangunan ekonomi
  • Sekolah atau tradisi : Kredit Mikro
  • Alma mater : University of Dhaka; University of Colorado, Boulder; Vanderbilt University
  • Kontribusi : Grameen Bank, Kredit Mikro
  • Penghargaan : Penghargaan Hari Kemerdekaan (1987), Hadiah Pangan Dunia (1994), Hadiah Lingkungan Volvo  (2003), Hadiah Nobel Perdamaian (2006), Presidential Medal of Freedom (2009), Medali Emas Kongres (2010), Aga Khan Award untuk Arsitektur, Informasi di IDEAS / RePEc

 

Muhammad Yunus adalah seorang bankir asal Bangladesh yang mengembangkan konsep kredit mikro, yaitu pengembangan pinjaman skala kecil untuk usahawan miskin yang tidak mampu meminjam dari bank umum.

Yunus mengimplementasikan gagasan ini dengan mendirikan Grameen Bank. Ia juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XII 2001.

Kehidupan awal

Muhammad Yunus lahir di  Chittagong  British Raj (Sekarang Bangladesh ) pada tanggal 28 Juni 1940. Ia merupakan anak ketiga dari sembilan bersaudara. Ayahnya bernama Hazi Dula Mia seorang Shoudagar perhiasan, dan ibunya bernama Sufia Khatun.

Masa kecil Yunus dihabiskan di desa. Pada tahun 1944, keluarganya pindah ke kota Chittagong , dan ia pindah dari sekolah desanya ke Sekolah Dasar Lamabazar. Pada tahun 1949, ibunya menderita penyakit psikologis.

Baca Juga :  Biodata Socrates, Bapak Filsafat Moral

Yunus lalu lulus Pemeriksaan matrikulasi dari Sekolah Chittagong Collegiate, ia mendududi peringkat ke-16 dari 39.000 siswa di Pakistan Timur.

Selama masa sekolahnya, Yunus adalah seorang yang aktif dalam kePramukaan, dan melakukan perjalanan ke Pakistan Barat dan India pada tahun 1952, dan Kanada pada tahun 1955 untuk menghadiri jambore.

Sementara Yunus belajar di Chittagong Tinggi , ia aktif dalam kegiatan budaya dan memenangkan penghargaan untuk drama. Pada tahun 1957, Yunus terdaftar di Departemen Ekonomi di Universitas Dhaka dan menyelesaikan gelar BA pada tahun 1960 dan MA pada tahun 1961.

Muhammad Yunus terpilih sebagai penerima Penghargaan Perdamaian Nobel (bersama dengan Grameen Bank) pada tahun 2006.

Karir

Muhammad Yunus  adalah seorang ekonom Bangladesh dan pendiri Grameen Bank, sebuah lembaga yang menyediakan kredit mikro (kredit kecil untuk rakyat miskin yang memiliki jaminan tidak) untuk membantu klien membangun kredit dan keuangan swasembada.

Pada tahun 2006 Yunus dan Grameen menerima Hadiah Nobel Perdamaian “untuk usaha mereka melalui kredit mikro untuk menciptakan pembangunan ekonomi dan sosial dari bawah”.

Yunus telah menerima beberapa penghargaan nasional dan internasional lainnya. Dia adalah anggota dewan penasihat di Shahjalal Universitas Sains dan Teknologi. Sebelumnya, Yunus adalah seorang profesor ekonomi di Chittagong University di mana ia mengembangkan konsep kredit mikro dan keuangan mikro.

Pinjaman ini diberikan kepada pengusaha terlalu miskin untuk memenuhi syarat untuk kredit bank tradisional. Dia adalah penulis Banker pada buku Miskin dan dua di Model Bisnis Sosial, dan anggota dewan pendiri Grameen Amerika dan Grameen Foundation.

Grameen Intel hanyalah salah satu dari ratusan kemitraan publik dan swasta sekarang dimediasi melalui Pemuda dan Yunus. Pada awal tahun 2007 Yunus menunjukkan minat dalam peluncuran sebuah partai politik di Bangladesh bernama Nagorik Shakti (Power Citizen), namun kemudian rencananya tersebut ditingalkan.

Baca Juga :  Biodata Antonio de Ulloa Penemu Platina Atau Platinum

Yunus adalah salah satu anggota pendiri Sesepuh Global. Yunus juga sebagai dewan direksi dari United Nations Foundation, sebuah badan amal publik diciptakan pada tahun 1998 dengan pengusaha dan dermawan bersejarah Ted Turner senilai $ 1 miliar, hadiah untuk mendukung penyebab PBB.

Yayasan PBB membangun dan mengimplementasikan kemitraan publik-swasta untuk mengatasi masalah dunia paling mendesak, dan memperluas dukungan bagi PBB.

Pada bulan Maret 2011, pemerintah Bangladesh memecat Yunus dari jabatannya di Grameen Bank, dengan alasan pelanggaran hukum dan batas usia pada posisinya.

Pengadilan Tinggi Bangladesh menegaskan penghapusan pada tanggal 8 Maret. Yunus dan Grameen Bank yang menarik keputusan, mengklaim penghapusan Yunus itu bermotif politik.

Ide-ide Yunus yang banyak mempromosikan pada “Bisnis Sosial” telah disebut’ perusahaan kamuflase ‘oleh Anti CSR. Website menyatakan bahwa tidak ada kriteria yang nyata untuk menjadi ‘bisnis sosial’ selain untuk mengklaim untuk membantu orang.

Banyak perusahaan mengklaim untuk menjadi Bisnis Sosial untuk mencapai status kuasi-amal. Yunus menjelaskan Bisnis Sosial sebagai ‘perusahaan non-dividen’.

Namun, pemilik dan manajer dapat mengambil dana operasional banyak (seperti gaji dan biaya) dari perusahaan sementara itu tetap ‘non-dividend’. Anti CSR menyatakan fitur yang mendefinisikan ‘bisnis sosial’ tidak jelas dan subjektif.

Penutup

Itulah biodata Muhammad Yunus seorang pendiri Grameen Bank. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia