Otto Iskandardinata

Biodata Oto Iskandar di Nata

Biodata Oto Iskandar di Nata

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Oto Iskandar di Nata. Penasaran ingin tahu tentang biodata Oto Iskandar di Nata, simak penjelasannya berikut ini.

 Otto Iskandardinata

Raden Oto Iskandar Di Nata adalah salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Ia mendapat nama julukan si Jalak Harupat.  Oto Iskandar Di Nata lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal  31 Maret 1897 dan meninggal di Mauk, Tangerang, Banten pada 20 Desember 1945 pada umur 48 tahun.

Ayah Otto Iskandar di Nata merupakan keturunan dari bangsawan Sunda bernama Nataatmadja. Otto adalah anak ketiga dari sembilan bersaudara.

Oto menempuh pendidikan dasar di HIS (Hollandsch-Inlandsche School) Karang Pamulang Bandung.Kemudian melanjutkan di Kweek-school Onder-bouw (Sekolah Guru Bagian Pertama) yang merupakan sekolah berasrama di Bandung.

Tamat dari sana Oto melanjutkan ke Hogere Kweekschool (Sekolah Guru Atas)  di Purworejo, Jawa Tengah. Setelah lulus dari HKS , Oto menjadi guru HIS di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pada bulan Juli tahun 1920, Oto pindah ke Bandung dan mengajar di HIS bersubsidi serta perkumpulan Perguruan Rakyat.

Oto juga pernah menjadi anggota Volksraad (“Dewan Rakyat”, semacam DPR) yang dibentuk pada masa Hindia Belanda untuk periode tahun 1930-1941.

Pada masa penjajahan Jepang, Oto menjadi Pemimpin surat kabar Tjahaja tahun (1942-1945). Ia kemudian menjadi anggota BPUPKI dan PPKI yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang sebagai lembaga-lembaga yang membantu persiapan kemerdekaan Indonesia.

Pasca kemerdekaan

Setelah dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Otto menjabat sebagai Menteri Negara di kabinet pertama Republik Indonesia tahun 1945. Ia bertugas mempersiapkan terbentuknya BKR dari laskar-laskar rakyat yang tersebar di seluruh Indonesia

Baca Juga :  Biodata Bertrand Russell, Filsuf dan Ahli Matematika Ternama Britania Raya

Semasa periode tugasnya, langkah yang diambil Otto menimbulkan ketidakpuasan pada salah satu pihak. Hal itu menjadikan Otto sebagai korban penculikan sekelompok orang yang bernama Laskar Hitam. Hingga kemudian hilang dan diperkirakan terbunuh di daerah Banten

Pahlawan Nasional

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, 6 November 1973, Otto Iskandardinata diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Sebagai wujud pengabadian perjuangan Otto Iskandardinata, didirikanlah Monumen Pasir Pahlawan yang berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Nama Otto Iskandardinata juga diabadikan sebagai nama jalan di beberapa kota di Indonesia.

Penutup

Itulah biodata Otto Iskandardinata. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia