Biodata Otto Von Guericke Penemu Manometer

Biodata Otto Von Guericke Penemu Manometer

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Otto Von Guericke seorang penemu manometer. Penasaran ingin tahu tentang penemu manometer, simak penjelasannya berikut ini.

Otto von Guericke adalah fisikawan, insinyur, dan filsuf berkebangsaan Jerman. Ia adalah orang yang menemukan pompa udara dan menggunakannya untuk mempelajari fenomena vakum, serta mempelajari peran udara dalam pembakaran dan pernafasan. Otto von Guericke juga dikenal sebagai Penemu Manometer.

Biografi

Otto von Guericke lahir pada tanggal 20 November 1602 di Magdeburg, dan meninggal pada tanggal 11 Mei 1686 di Hamburg. Selain bidang fisika, teknik dan filsafat, Guericke juga mempelajari matematika dan hukum.

Guericke menempuh pendidikan di Universitas Leipzig, Universitas Jena dalam bidang matematika, sedangkan dalam bidang matematika dan mekanik ia tempuh di Universitas Leyden.

Guericke pernah menjadi seorang politisi di kota Magdeburg pada tahun 1927, akan tetapi masa itu merupakan masa “Perang Tiga Puluh Tahun“, sehingga ia dan keluarganya harus pergi dari kota itu pada tahun 1631.

Selesai perang, Guericke kembali ke Magdeburg, membantu pembangunan kembali kota ini dan berhasil menjadi wali kota di kota ini pada tahun 1646. Dua puluh tahun kemudian Guericke mendapatkan gelar kebangsawanan dan menambahkan “von” pada namanya.

Guericke membuat sebuah eksperimen untuk membuktikan keberadaan ruang vakum. Untuk itu, ia membuat pompa udara, yang berhasil menciptakan ruang vakum sebagian.

Studi yang ia lakukan mengungkapkan bahwa cahaya mampu melewati ruang vakum, sementara suara tidak bisa. Guericke juga orang yang menemukan generator listrik pertama, yang menghasilkan listrik statis yang berasal dari gesekan antar bola belerang yang bergulir.

Baca Juga :  Biodata Sadi Carnot Penemu Siklus Carnot Dan Merumuskan Hukum Termodinamika II

Pada tahun 1672, Guericke menemukan bahwa listrik yang dihasilkan dari proses itu dapat menyebabkan bola belerang tersebut bersinar. Guericke juga memprediksi bahwa komet akan kembali secara reguler dari luar angkasa.

Manometer

Manometer adalah alat yang menggunakan kolom cairan untuk mengukur tekanan. Sebuah pengukur vakum digunakan untuk mengukur tekanan dalam ruang hampa-yang selanjutnya dibagi menjadi dua subkategori, tinggi dan rendah vakum (vakum dan kadang-kadang ultra-tinggi).

Satuan dari alat ukur tekanan ini biasanya berupa psi (pound per square inch), psf (pound per square foot), mmHg (millimeter of mercury), inHg (inch of mercury), bar, atm (atmosphere), N/m^2 (pascal).

Banyak teknik telah dikembangkan untuk pengukuran tekanan dan vakum. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tekanan disebut alat pengukur tekanan atau alat pengukur vakum.

Manometer bisa dikategorikan menjadi 2 jenis dilihat dari dasar pengukuran tekanan yaitu :

1. Manometer Teknik

Adalah dengan menunjukan meter 0 saat terkena tekanan atmosfer. technical pressure gauge seperti ini hanya menunjukkan nilai tekanan dari suatu zat tanpa mempertimbangkan tekanan atmosfirnya. pengukur secara khusus dirancang untuk digunakan oleh ketel uap, udara rem, dan inspektur sistem tekanan.

2. Manometer abosolut

yaitu tekanan yang dihitung berdasarkan tekanan referensi 1 atm. Besaran tekanan absolute lebih dikenal dengan PSIA. (PSIA = PSIG + Patm). dengan penunjukan meter 1,013 bar saat terkena tekanan atmosfer.

Jika ini digunakan pada suatu alat, maka nilai tekanan mutlak zat yang diukur adalah Tekanan Teknikalnya ditambah dengan tekanan atmosfer  yang digunakan pada percobaan ini adalah Technical Pressure Gauge. Penunjukan  ini saat tidak diberi tekanan (Tekanan atmosfer saja) adalah 0 psi.

Penutup

Itulah biodata Otto Von Guericke seorang penemu manometer. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Usman Janatin, Pahlawan Nasional

sumber : Blog Penemu