Biodata Owen Richardson Penemu Emisi Termionik

Biodata Owen Richardson Penemu Emisi Termionik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Owen Richardson seorang penemu emisi termionik. Penasaran ingin tahu tentang penemu emisi termionik, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Owen Richardson :

Lahir : 26 April 1879 Dewsbury, Yorkshire, Inggris

Meninggal : 15 Februari 1959 (umur 79) Alton, Hampshire, Inggris

Kebangsaan : Britania Raya

Orang tua : Joshua Henry dan Charlotte Maria Richardson

Institusi : Cavendish Laboratory

Alma mater : University of Cambridge

Dikenal atas : penemu emisi termionik

Penghargaan : Penghargaan Nobel Fisika (1928), Hughes Medal (1920)

 

Sir Owen Willans Richardson adalah seorang fisikawan Britania Raya, profesor di Princeton University antara tahun 1906-1913, dan pemenang Nobel Fisika untuk karyanya pada fenomena termionik dan penemuan emisi termionik yang menuju penemuan hukum Richardson.

Biografi

Owen Richardson lahir pada tanggal 26 April 1879 di Dewsbury, Yorkshire, Inggris, dia satu-satunya anak dari pasangan Joshua Henry dan Charlotte Maria Richardson.

Richardson dididik di Batley Grammar School, dan lulus dari Trinity College, Cambridge pada tahun 1900 setelah mendapatkan Penghargaan Kelas Satu dalam Ilmu Pengetahuan Alam.

Pada tahun 1914, Richardson menjadi guru besar di King’s College London, di mana Richardson kemudian diangkat sebagai direktur riset. Dia pensiun pada tahun 1944.

Richardson dianugerahi Medali Hughes oleh Royal Society (di mana dia menjadi anggotanya) pada tahun 1920 untuk karya dalam emisi termionik, yang menjadi dasar untuk tabung hampa udara.

Richardson juga meneliti efek fotoelektrik, efek giromagnetik, emisi elektron oleh reaksi kimia, sinar X lunak, dan spektrum hidrogen. Dia dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1939.

Baca Juga :  Biodata Cut Nyak Dhien, Pahlawan Nasional dari Aceh

Keponakan Richardson adalah fisikawan Richard Joseph Davisson yang ayahnya Clinton Davisson juga pemenang Nobel Fisika.

Emisi termionik

Emisi termionik adalah pancaran elektron bebas dari permukaan logam atau semikonduktor oleh pemanasan seperti halnya penguapan molekul-molekul cairan dari permukaan cairan.

Kenaikan suhu oleh pemanasan berarti kenaikan tenaga vibrasi atom-atom bahan maupun tenaga kinetik translasi elektron-elektron bebas yang berarti pula kenaikan momentum yang mengakibatkan kenaikan intensitas tumbukan sehingga menaikan peluang elektron bebas untuk terpental lepas dari permukaan bahan.

Pada hakikatnya elektron bebas berasal dari elektron atom dikulit valensi,yakni dikullit atom yang paling luar, yaitu yang kurang terikat oleh inti atom.oleh vibrasi atom-atom,elektron valensi itu dapat terlepas dari ikatan atom dan menjadi elektron bebas yang berprilaku seperti molekul-molekul gas sehingga disebut juga gas elektron.elektron-elektron bebas inilah yang berfungsi menghantarkan arus listrik didalam kawat konduktor atau kawat tahanan.

Kematian

Owen Willans Richardson meninggal di Alton, Hampshire, Inggris pada tanggal 15 Februari 1959 saat berumur 79 tahun.

Penutup

Itulah biodata Owen Richardson seorang penemu emisi termionik. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Sumber : Blog.Penemu