Biodata Richard Kuhn Penemu Agen Saraf Mematikan “Soman”

Biodata Richard Kuhn Penemu Agen Saraf Mematikan “Soman”

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Richard Kuhn seorang penemu agen saraf mematikan. Penasaran ingin tahu tentang penemu agen saraf mematikan, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Richard Kuhn :

Lahir : 3 Desember 1900 Wina, Austria-Hongaria 

Meninggal : 1 Agustus 1967 (umur 66) Heidelberg, Jerman Barat

Kebangsaan : Jerman, Austria

Pasangan : Daisy Hartmann

Bidang : Kimia

Penghargaan : Nobel Kimia (1938), Hadiah Goethe (1942)

 

Richard Kuhn adalah biokimiawan asal Jerman-Austria yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Kimia pada tahun 1938 untuk pekerjaannya pada karotenoid dan vitamin.

Kehidupan awal

Richard Kuhn lahir pada tanggal 3 Desember 1900 di Wina, Austria-Hongaria, di sana Richard mengikuti sekolah dasar dan sekolah menengah. Minatnya dalam mempelajari kimia muncul lebih awal namun dia mempunyai banyak kepentingan dan memutuskan terlambat untuk belajar kimia.

Sekitar tahun 1910 dan 1918 Richard menjadi teman sekolah dari Wolfgang Pauli yang dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika tahun 1945. Awal tahun 1918, Richard menghadiri kuliah di University of Vienna di bidang kimia.

Dia selesai studi kimia di University of Munich dan menerima gelar doktor pada tahun 1922 dengan Richard Willstätter untuk karya ilmiah tentang enzim.

Setelah lulus, Kuhn melanjutkan karir ilmiah pertama di Munich, kemudian di ETH Zurich dan dari tahun 1929 dan seterusnya di Universitas Heidelberg, di mana dia menjabat sebagai kepala departemen kimia mulai tahun 1937.

Pada tahun 1928 Richard menikah dengan Daisy Hartmann dan dikaruniai dua putra dan empat putri.

Baca Juga :  Biodata Sam Ratulangi, Gubernur Sulawesi Pertama

Penelitian

Studi Richard meliputi: investigasi masalah teoritis kimia organik (stereokimia dari alifatik dan senyawa aromatik, poliena sintesis dan cumulenes, konstitusi dan warna, keasaman hidrokarbon), serta bidang yang luas dalam biokimia (karotenoid, flavin,vitamin dan enzim).

Secara khusus, Richard melakukan pekerjaan penting pada vitamin B 2 dan vitamin B 6 antidermatitis. Pada tahun 1929 dia menjadi Kepala Institut Kimia, mendirikan Kaiser Wilhelm Institute for Medical Research (yang, sejak 1950, telah berganti nama menjadi Institut Max Planck untuk Penelitian Medis di Heidelberg ). Pada tahun 1937 Richard juga mengambil alih administrasi Institut ini.

Selain tugas itu Richard juga menjabat sebagai Professor of Biochemistry di University of Heidelberg, dan selama satu tahun dia berada di University of Pennsylvania, Philadelphia sebagai Profesor Riset untuk fisiologis kimia.

Richard Kuhn dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia pada tahun 1938 untuk “pekerjaannya pada karotenoid dan vitamin,” tetapi penghargaan itu tidak dapat diterimnya sampai Perang Dunia II (1949). Richard juga dikreditkan atas penemuan mematikan “agen saraf Soman” pada tahun 1944.

Richard adalah editor Justus Liebigs Annalen der Chemie dari tahun 1948. Richard Kuhn meninggal pada tanggal 1 Agustus 1967 saat berumur 66 tahun di Heidelberg, Jerman.

Penutup

Itulah biodata Richard Kuhn seorang penemu agen saraf mematikan soman. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski