Biodata Johannes Robert Rydberg Penemu Rumus Rydberg

Biodata Johannes Robert Rydberg Penemu Rumus Rydberg

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Johannes Robert Rydberg seorang penemu rumus rydberg. Penasaran ingin tahu tentang penemu rumus rydberg, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Johannes Robert Rydberg :

Lahir : 8 November, 1854 Halmstad Swedia.

Meninggal : 28 Desember 1919 (umur 65) Lund

Kebangsaan : Swedia

Bidang : Fisika

Lembaga : Lund University

Dikenal atas : Rumus Rydberg

Penghargaan : Fellow dari Royal Society (1919)

Johannes Robert Rydberg adalah seorang fisikawan asal Swedia, dan dikenal karena sukses merancang dengan rumus Rydberg.

Rumus Rydberg adalah suatu rumus yang dia temukan pada tahun 1888, yang digunakan untuk memprediksi panjang gelombang dari foton (cahaya radiasi elektromagnetik) yang dipancarkan oleh perubahan energi dari elektron dalam sebuah atom hidrogen.

Johannes Robert Rydberg lahir pada tanggal 8 November 1854 di HalmstadIa, Swedia. Dia aktif sebagai akademisi di Universitas Lund, Swedia, dan seluruh hidupnya Ia abdikan di sana.

Sebuah atom dengan nilai yang tinggi dari prinsip nomor quantum, diwakili dengan lambang “n” dalam rumus Rydberg dinamakan atom Rydberg.

Teori terbukti mampu sebagai kunci untuk memahami unsur kimia dari atom yang dijelaskan dalam karya Niels Bohr.

Johannes Robert Rydberg meninggal pada tanggal 28 Desember 1919 saat berumur 65 tahun di Lund, Swedia. Karena kerja keras dan dedikasinya, kawah Rydberg di Bulan dan asteroid 10506 Rydberg dinamakan sesuai namanya untuk menghormatinya.

Ada sebuah pub malam yang diselenggarakan untuk menghormati Rydberg setiap hari Rabu di Departemen Fisika di Universitas Lund.

Penutup

Itulah sedikit dari biodata Johannes Robert Rydberg seorang penemu rumus rydberg. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Daniel Rutherford Penemu Isolasi Nitrogen

sumber : wikipedia.org