Biodata Shuji Nakamura Penemu LED Biru

Biodata Shuji Nakamura Penemu LED Biru

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Shuji Nakamura seorang penemu LED biru. Penasaran ingin tahu tentang penemu LED biru, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Shuji Nakamura :

Lahir : 22 Mei 1954 Ikata, Ehime, Jepang
Kewarganegaraan : Jepang (sampai 2000), Amerika Serikat (sejak tahun 2000)
Kebangsaan : Amerika
Lembaga : University of California, Santa Barbara
Dikenal untuk : LED Biru dan putih
Penghargaan : Millennium Technology Prize (2006), Harvey Prize (2009), penghargaan nobel dalam fisika (2014)

Shuji Nakamura adalah seorang profesor asal Jepang-Amerika di Departemen Material dari College of Engineering, University of California, Santa Barbara (UCSB). Dia dianggap sebagai penemu LED biru, sebuah terobosan besar dalam teknologi pencahayaan.

Bersama dengan Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano, dia adalah salah satu dari tiga penerima Hadiah Nobel dalam Fisika tahun 2014″untuk penemuan dioda biru sebagai pemancar cahaya yang efisien, sebagai dasar dan sumber dari cahaya putih yang sangat terang dan hemat energi.

Karir

Shuji lulus dari University of Tokushima pada tahun 1977 dengan gelar B. Eng. dalam rekayasa elektronik, dan memperoleh M.Eng. gelar dalam subjek yang sama dua tahun kemudian, setelah itu dia bergabung dengan Perusahaan Nichia, juga berbasis di Tokushima.

Saat bekerja untuk Nichia, Shuji menemukan kecerahan tinggi galium nitrida (GaN) LED biru terang pertama yang brilian, ketika sebagian dikonversi menjadi kuning oleh lapisan fosfor, adalah kunci untuk pencahayaan LED putih, yang mulai diproduksi pada tahun 1993.

Baca Juga :  Biodata Terry Mart Penemu Partikel Subatom D13

Sebelumnya, JI Pankove dan rekan kerja di RCA mencoba dengan berbagai upaya, tetapi belum berhasil membuat GaN berharga LED pada tahun 1960.

Problem utama adalah sangat sulitnya membuat tipe-p GaN. Shuji menarik pada karya kelompok Jepang lain yang dipimpin oleh Profesor Isamu Akasaki, yang menerbitkan metode mereka untuk membuat kuat tipe-p GaN dengan iradiasi elektron-beam dari magnesium-doped GaN.

Tetapi, metode ini tidak cocok untuk produksi massal dan fisika yang tidak dipahami dengan baik. Shuji sukses mengembangkan metode anil termal yang jauh lebih tepat untuk produksi massal.

Selain itu, Shuji dan rekan-rekan kerjanya melakukan penelitian fisika dan menunjukkan pelakunya adalah hidrogen, yang dipasivasi akseptor di GaN.

Saat itu, menciptakan GaN LED banyak dianggap terlalu sulit untuk diproduksi, sebab itu Shuji beruntung bahwa pendiri Nichia, Nobuo Ogawa (1912-2002) awalnya bersedia mendukung proyek GaN nya.

Tetapi perusahaan akhirnya memerintahkan dia untuk menangguhkan bekerja pada GaN. Shuji terus mengembangkan LED biru sendiri dan pada tahun 1993 Shuji berhasil membuat perangkat.

Shuji Nakamura dianugerahi gelar D.Eng dari University of Tokushima pada tahun 1994. Dia meninggalkan Nichia Corporation di tahun 1999 dan mengambil posisi sebagai profesor teknik di University of California, Santa Barbara.

Tahun 2001, Shuji menggugat mantan majikannya Nichia atas bonus nya untuk penemuan, yang semula ¥ 20.000 (˜ US $ 180). Meskipun Shuji awalnya memenangkan banding untuk ¥ 20000000000 (˜US $ 180.000.000), Nichia mengajukan banding penghargaan dan pihak menetap pada tahun 2005 untuk ¥ 840.000.000 (˜US $ 9.000.000), pada saat bonus terbesar yang pernah dibayarkan oleh perusahaan Jepang.

Shuji juga bekerja pada LED hijau, dan bertanggung jawab untuk menciptakan LED putih dan dioda laser biru yang difungsikan dalam Blu-ray Disc dan HD DVD.

Baca Juga :  Biodata Yudi Utomo Imardjoko Penemu Kontainer Limbah Nuklir

Shuji Nakamura adalah seorang profesor Bahan di University of California, Santa Barbara, dan memegang lebih dari 100 paten. Pada tahun 2008, Shuji, bersama dengan sesama profesor UCSB Dr Steven DenBaars dan Dr James Speck, mendirikan Soraa, pengembang teknologi pencahayaan solid-state yang dibangun di atas substrat galium nitrida murni.

Penutup

Itulah biodata Shuji Nakamura seorang penemu LED biru. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog.Penemu