Biodata Peter Joseph William Debye

Biodata Peter Joseph William Debye

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Peter Joseph William Debye. Penasaran ingin tahu tentang biodata Peter Joseph William Debye, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Peter Joseph William Debye :

Lahir : 24 Maret 1884 Maastricht, Belanda

Meninggal : 2 November 1966 (umur 82) Ithaca, New York, USA

Kewarganegaraan : Belanda / Amerika Serikat

Bidang : Fisika , Kimia

Dikenal untuk : Model Debye, Debye relaksasi, Suhu Debye

Penghargaan : Rumford Medal (1930), Lorentz Medal (1935) , Nobel Kimia (1936), Willard Gibbs Penghargaan (1949), Max Planck Medal (1950), Priestley Medal (1963), National Medal of Science (1965)

 

Petrus Josephus Wilhelmus Debije ialah kimiawan dan fisikawan asal Belanda-AS. Setelah menjadi warganegara AS, dia mengubah namanya secara resmi menjadi Peter Joseph William Debye. Debye menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia tahun 1936 untuk sumbangannya pada struktur molekul, khususnya untuk karyanya pada momen dipol dan difraksi sinar X.

Peter Joseph William Debye lahir pada tanggal 24 Maret 1884 di Maastricht, Belanda. Setelah menempuh pendidikan di sekolah setempat Debye mulai belajar di Universitas Aachen Aachen, Jerman, sekitar 30 km dari Maastricht (1901).

Debye belajar matematika dan fisika klasik, dan pada tahun 1905 mendapatkan gelar dalam teknik elektro. Pada tahun 1907 Debye menerbitkan artikel pertamanya, sebuah solusi matematis yang bagus untuk masalah yang melibatkan arus kisaran. Di Aachen Debye belajar dengan fisikawan teoretis Arnold Sommerfeld, yang kemudian menyatakan bahwa penemuan terpentingnya ialah Peter Debye.

Pada tahun 1906 Sommerfeld menerima pengangkatan di München dan Debye diangkat sebagai asistennya. Debye mendapatkan gelar PhD dengan disertasi tentang tekanan radiasi pada tahun 1908. Pada tahun 1910 Debye menurunkan hukum radiasi Planck dengan menggunakan cara yang diakui Max Planck lebih sederhana daripada caranya.

Baca Juga :  Biodata Thomas Graham Penemu Ilmu Kimia Koloid

Ketika Albert Einstein menjadi profesor di Praha pada tahun 1911, Debye mendapatkan gelar profesor dari Zürich. Diikuti dengan kepindahannya ke Utrecht pada tahun 1912, Göttingen pada tahun 1913, kembali ke Zurich pada tahun 1920, ke Leipzig pada tahun 1927 dan ke Berlin pada tahun 1934, di mana Debye menjadi direktur bagian fisika di Institut Kaiser Wilhelm.

Pada tahun 1935 Debye dianugerahi Medali Lorentz. Dari tahun 1935 hingga tahun 1937 Debye adalah pimpinan Deutsche Physikalische Gesellschaft.

Kehidupan pribadi

Peter Joseph William Debye menikah dengan Mathilde Alberer pada tahun 1913, dan mempunyai seorang putera bernama Peter Paul Rupprecht, dan seorang puteri bernama Mathilde Maria. Peter kelak menjadi fisikawan dan bekerja sama dengan ayahnya dalam beberapa penelitiannya.

Sumbangan ilmiah

  • Sumbangan utama pertamanya ialah penerapan konsep momen dipol ke distribusi muatan dalam molekuler asimetris. Ia mengembangkan persamaan yang menghubungkan momen dipol pada suhu, konstanta dielektrik, relaksasi Debye, dll. Momen dipol diukur dengan debye yang dinamai menurut namanya.
  • Pada 1912 ia mengembangkan teori Albert Einstein tentang panas spesifik hingga suhu rendah.
  • Pada 1913 ia mengembangkan teori Niels Bohr tentang struktur atom, memperkenalkan orbit elips, sebuah konsep yang juga diperkenalkan oleh Arnold Sommerfeld.
  • Pada 1914-1915 ia menghitung pengaruh suhu pada difraksi sinar X pada benda padat kristal bersama Paul Scherrer.
  • Pada 1923 bersama dengan asistennya Erich Hückel, ia mengembangkan teori Svante Arrhernius pada konduktivitas elektron dalam larutan elektrolit. Meski sebuah perbaikan dibuat untuk persamaan Debye-Hückel pada 1926 oleh Lars Onsager, teori ini tetap dianggap sebagai langkah ke depan dalam pemahaman kita mengenai larutan elektrolit.
  • Pada 1923 ia juga mengembangkan teori untuk menjelaskan efek Compton; perubahan frekuensi sinar X saat berinteraksi dengan elektron.
  • Pada 1936 Debije menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia.
Baca Juga :  Laporan Hasil Diskusi Apa yang akan terjadi jika orang malas tidak mau berusaha? Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 100

Kematian

Peter Joseph William Debye meninggal pada tanggal 2 November 1966 pada umur 82 tahun di Ithaca, New York, USA.

Penutup

Itulah tadi biodata Peter Joseph William Debye. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski