Biodata Subrahmanyan Chandrasekhar Penemu Teori Evolusi Bintang

Biodata Subrahmanyan Chandrasekhar Penemu Teori Evolusi Bintang

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Subrahmanyan Chandrasekhar seorang penemu teori evolusi bintang. Penasaran ingin tahu tentang penemu teori evolusi bintang, simak penjelasannya berikut ini.

Subrahmanyan Chandrasekhar adalah seorang astrofisikawan asal Amerika India yang dianugerahi Hadiah Nobel Fisika tahun 1983 bersama William A. Fowler “untuk studi teoretis tentang proses fisik yang penting bagi struktur dan evolusi bintang-bintang “.

Teori itu menyebutkan bahwa tidak semua bintang akan menjadi bintang kerdil putih. Perlakuan matematisnya terhadap evolusi bintang menghasilkan banyak model teoritis terbaik saat ini dari tahap evolusi bintang masif dan lubang hitam.

Biografi

S. Chandrasekhar lahir pada tanggal 19 Oktober 1910. Saat usianya belum menginjak usia 20 tahun, ia menerbitkan makalah pertamanya dan mengembangkan teori evolusi bintang.

Limabelas tahun kemudian, saat Chandrasekhar menginjak usia 34 tahun, ia terpilih menjadi anggota Royal Society of London. Tidak lama kemudian, Chandrasekhar menjadi profesor terkemuka.

Limapuluh tahun kemudian teori dan persamaan yang ditemukannya akhirnya membawanya memenangkan hadiah Nobel bidang fisika.

Teori bintang dan evolusinya, atau dikenal dengan teori S. Chandrasekhar Limit menjelaskan ketika massa bintang lebih ringan 1,4 kali dari matahari, maka kemudian ia akan jatuh ke tahap yang lebih padat dan disebut ‘kurcaci putih’ (white dwarf).

Tetapi jika melebihi 1,4, maka kurcaci putih itu akan terus runtuh dan mengembun, yang kemudian berkembang menjadi lubang hitam atau ledakan supernova.

Teori universal S. Chandrasekhar mendorong penelitian ruang angkasa dan astronomi modern pada misi ambisius mereka.

Baca Juga :  Biodata Joseph Black Penemu Magnesium, Panas laten, Panas Spesifik, dan Karbon Dioksida

S. Chandrasekhar pernah meraih berbagai macam penghargaan seperti National Medal of Science, the Draper Medal of the US National Academy of Science, hingga penghargaan Royal Astronomical Society.

Google doodle mengenang jasa S. Chandrasekhar

Google memperingati ulang tahun ke-107 S. Chandrasekhar yang jatuh pada Kamis, 19 Oktober 2017 dengan menjadikannya tema doodle hari ini.

Dalam animasi doodle, digambarkan secara sederhana mengenai teori bintang dan evolusinya, atau dikenal dengan teori S. Chandrasekhar Limit.

Penutup

Itulah biodata Subrahmanyan Chandrasekhar seorang penemu teori evolusi bintang. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : en.wikipedia.org & Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski