Biodata Theodor Schwann Penemu Pepsin

Biodata Theodor Schwann Penemu Pepsin

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Theodor Schwann seorang penemu pepsin. Penasaran ingin tahu tentang penemu pepsin, simak penjelasannya berikut ini.

Theodor Schwann ialah seorang ahli fisiologi asal Jerman. Kontribusi utama dalam bidang Biologi diantaranya adalah mengenai teori sel, penemuan sel Schwann, penemuan pepsin, penemuan sifat organik dari ragi, dan pengenalan istilah metabolisme.

Schwann lahir di Neuss, Kerajaan Perancis Pertama (kini Jerman) pada tanggal 7 Desember 1810. Ayahnya berprofesi sebagai seorang tukang emas, lalu tukang cetak. Schwann belajar di Jesuit College Cologne, lalu di Bonn, di sana ia bertemu ahli fisiologi Johannes Peter Müller.

Teori sel

Banyak sekali ilmuwan-ilmuan yang berspekulasi atau mengamati bahwa tumbuhan dan hewan tersusun atas sel pada abad ke-18 dan awal abad ke-19, tetapi hal itu masih diperdebatkan pada saat itu.

Pada tahun 1838, ahli botani asal Jerman Mattias Jakob Schleiden menyatakan bahwa semua tumbuhan terdiri atas sel dan bahwa semua aspek fungsi tubuh tumbuhan pada dasarnya merupakan manifestasi aktivitas sel.

Dia juga menyatakan pentingnya nukleus (yang ditemukan Robert Brown pada tahun 1831) dalam fungsi dan pembentukan sel, namun ia salah mengira bahwa sel terbentuk dari nukleus.

Pada tahun 1839, Theodor Schwann, yang setelah berdiskusi dengan Scheiden menyadari bahwa ia pernah mengamati nukleus sel hewan sebagaimana Scheiden mengamatinya pada tumbuhan, menyatakan bahwa semua bagian tubuh hewan juga tersusun atas sel.

Menurutnya, prinsip universal pembentukan berbagai bagian tubuh semua organisme adalah pembentukan sel yang kemudian memerinci teori sel sebagaimana yang dikenal dalam bentuk modern ialah Rudolf Virchow, seorang ilmuwan Jerman lainnya.

Baca Juga :  Biodata Akmal Taher Penemu Obat Pencegah Pikun

Pada awalnya ia sependapat dengan Scheiden mengenai pembentukan sel. Tetapi, pengamatan mikroskopis atas berbagai proses patologis membuatnya menyimpulkan hal yang sama dengan yang telah disimpulkan oleh Robert Remak dari pengamatannya terhadap sel darah merah dan embrio, yaitu bahwa sel berasal dari sel lain melalui pembelahan sel.

Pada tahun 1855, Virchow menerbitkan makalahnya yang memuat motonya yang terkenal, omnis cellula e cellula (semua sel berasal dari sel).

Kematian

Theodor Schwann meninggal pada tanggal 11 Januari 1882 pada umur 71 tahun di Cologne, Jerman.

Penutup

Itulah biodata Theodor Schwann seorang penemu pepsin. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu