Biodata Thomas Earl Starzl Penemu Metode Transplantasi Hati

Biodata Thomas Earl Starzl Penemu Metode Transplantasi Hati

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Thomas Earl Starzl seorang penemu metode transplantasi hati. Penasaran ingin tahu tentang penemu metode transplantasi hati, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Thomas Earl Starzl :

Lahir : 11 Maret 1926 Le Mars, Iowa

Meninggal : 4 Maret 2017

Orang tua : Roman Frederick Starzl dan Anna Laura Fitzgerald

Dikenal atas : penemu metode transplantasi hati

 

Thomas Earl Starzl (11 Maret 1926 – 4 Maret 2017) adalah seorang dokter, peneliti , dan ahli transplantasi organ asal Amerika. Dia melakukan transplantasi hati manusia pertama, dan sering disebut sebagai “bapak transplantasi modern.”

Thomas Earl Starzl lahir pada tanggal 11 Maret 1926 di Le Mars, Iowa , putra dari pasangan Roman Frederick Starzl dan Anna Laura Fitzgerald. Starzl adalah anak kedua dari empat bersaudara.

Awalnya berniat menjadi pendeta di masa remajanya, Starzl mengubah rencananya secara drastis ketika ibunya meninggal karena kanker payudara pada tahun 1947.

Starzl kuliah di Westminster College di Fulton, Missouri, di mana dia mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam biologi. Starzl belajar di Northwestern University Medical School di Chicago, di mana pada tahun 1950 ia menerima gelar Master of Science dalam bidang anatomi dan pada tahun 1952 meraih gelar Ph.D. dalam neurofisiologi dan MD dengan perbedaan.

Saat di sekolah kedokteran, Starzl menjalin persahabatan panjang dengan Profesor Loyal Davis, MD, seorang ahli bedah saraf (yang istrinya, putri Edith Luckett Davis dari pernikahan pertamanya adalah Nancy Reagan).

Baca Juga :  Biodata Karl Benz Penemu Mobil Dengan Bahan Bakar Bensin

Starzl menghabiskan satu tahun di sekolah kedokteran, menggunakan waktu tambahan untuk menyelesaikan gelar doktor dalam neurofisiologi, pada tahun 1952.

Starzl menulis makalah yang menggambarkan teknik untuk merekam respons listrik dari struktur otak yang dalam terhadap rangsangan sensorik seperti kilatan cahaya atau suara yang keras.

Makalah ini dikutip, telah direferensikan dalam 384 artikel pada bulan Januari 2019. Pada tahun 1959, Starzl memperoleh beasiswa Markle.

Setelah memperoleh gelar medisnya, Starzl dilatih dalam operasi di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore dan Rumah Sakit Jackson Memorial di Miami. Di kedua tempat itu, Starzl melakukan penelitian laboratorium dan hewan, menunjukkan minat dalam biologi hati.

Karir

Thomas Earl Starzl adalah seorang ahli bedah dan peneliti di bidang transplantasi organ yang baru lahir di Universitas Colorado dari tahun 1962 hingga kepindahannya ke Universitas Pittsburgh pada tahun 1981.

Institut Informasi Ilmiah merilis informasi pada tahun 1999 yang mendokumentasikan bahwa karyanya telah dikutip lebih dari peneliti lain di dunia. Antara tahun 1981 dan Juni 1998, ia dikutip 26.456 kali.

Otobiografinya, The Puzzle People , dinamai oleh The Wall Street Journal sebagai buku terbaik ketiga tentang kehidupan dokter.

Prestasi Starzl yang paling terkenal :

  • Melakukan transplantasi hati manusia pertama pada tahun 1963, dan transplantasi hati manusia pertama yang berhasil pada tahun 1967, keduanya di University of Colorado Health Sciences Center.
  • Membangun utilitas klinis siklosporin (siklosporin) pada tahun 1982, dan tacrolimus pada tahun 1991, keduanya mengarah pada persetujuan FDA ;
  • Pengembangan berbagai kemajuan teknis dalam pelestarian organ, pengadaan, dan transplantasi ;
  • Menggambarkan indikasi dan keterbatasan transplantasi organ perut;
  • Mendefinisikan dasar yang mendasari transplantasi organ sebagai pengobatan penyakit metabolik yang diwariskan (sehingga memberikan alasan untuk upaya terapi gen saat ini);
  • Mengakui peran kausatif imunosupresi dalam pengembangan penyakit limfoproliferatif pasca transplantasi dan infeksi oportunistik lainnya dan kegunaan membalik keadaan imunosupresi sebagai pengobatan utama;
  • Melakukan transplantasi jantung dan hati secara simultan pertama pada Stormie Jones yang berusia enam tahun pada tahun 1984;
  • Mengusulkan mikrochimerisme dalam toleransi transplantasi organ.
Baca Juga :  Biodata Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I

Penutup

Itulah biodata Thomas Earl Starzl seorang penemu metode transplantasi hati. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski