Biodata Tim Berners-Lee Penemu World Wide Web dan Situs Web Pertama

Biodata Tim Berners-Lee Penemu World Wide Web dan Situs Web Pertama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Tim Berners-Lee seorang penemu World Wide Web dan situs Web pertama. Penasaran ingin tahu tentang penemu World Wide Web dan situs Web pertama, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Tim Berners-Lee :

Lahir : 8 Juni 1955 London, Inggris

Orang tua : Mary Lee Woods dan Conway Berners-Lee

Dikenal atas : penemu World Wide Web dan situs Web pertama

 

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, ialah seorang ilmuwan asal Inggris, penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.

Berners-Lee lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955. Dia adalah anak yang lahir dari pasangan Mary Lee Woods dan Conway Berners-Lee. Orang tuanya bekerja di Pembangunan komputer komersial pertama, Ferranti Mark 1.

Berners-Lee sekolah dasar di Sheen Mount, lalu melanjutkan ke barat selatan London Sekolah Emanuel 1969-1973. Dari kecil Berners-Lee sangat tertarik belajar tentang elektronik dengan bermain-main dengan model kereta api.

Berners-Lee menerima gelar sarjana seni dalam fisika di The Queen College, Oxford tahun 1973-1976. Setelah lulus, Berners-Lee bekerja sebagai seorang insinyur di perusahaan telekomunikasi Plessey di Poole, Dorset.

Pada tahun 1978, Berners-Lee bergabung dengan DG Nash di Ferndown, Dorset, di mana ia membantu menciptakan jenis-pengaturan perangkat lunak untuk printer.

Pada tahun 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti.

Baca Juga :  Biodata Ahmad Tohari, Sastrawan dan Budayawan Indonesia

Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire. Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole’s Image Computer Systems Ltd, Berners-Lee kembali pada tahun 1984 sebagai seorang rekan peneliti.

Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Agustus 1991.

Pada tahun 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.

Sampai saat ini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web.

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Pada tanggal 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

World Wide Web

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.

WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.

WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

Baca Juga :  Biodata Robert Manurung Penemu Minyak Jarak Murni

Penutup

Itulah biodata Tim Berners-Lee seorang penemu World Wide Web dan situs Web pertama. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org