Biodata Hippolyte Mège-mouriés Penemu Margarin

Biodata Hippolyte Mège-mouriés Penemu Margarin

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Hippolyte Mège-mouriés seorang penemu margarin. Penasaran ingin tahu tentang penemu margarin, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Hippolyte Mège-mouriés : 

Lahir : 24 Oktober 1817 Draguignan, Prancis

Meninggal :  31 Mei 1880 (umur 62) Paris, Prancis

Kebangsaan : Prancis

Bidang : Kimiawan

Dikenal atas : penemu margarin

 

Hippolyte Mège-Mouriès adalah seorang kimiawan dan penemu berkebangsaan Prancis yang terkenal dengan penemuannya tentang margarin.

Kehidupan awal

Hippolyte Mège lahir pada tanggal 24 Oktober 1817 di Draguignan dari pasangan Jean Joseph-Emmanuel Mège dan istrinya, Marie Marguerite Mouriès. Putra seorang guru sekolah dasar ia menambahkan nama keluarga ibunya sendiri pada sekitar tahun 1850 untuk membedakan dirinya dari orang lain dengan nama belakang yang sama.

Namun, dokumen resmi sering menggunakan “Mège”. Pada tahun 1838, Mège memperoleh pekerjaan sebagai apoteker di farmasi pusat rumah sakit Hotel-Dieu, Paris. Mège mulai menerbitkan kontribusi asli dalam kimia terapan, seperti bentuk obat sifilis Copahin yang disempurnakan dengan asam nitrat yang menghilangkan efek samping.

Mège juga memperoleh paten untuk tablet berbusa, untuk teknik pembuatan kertas dan pemurnian gula, dan untuk penyamakan kulit menggunakan kuning telur. Pada tahun 1852, Mège-Mouriès mempelajari kimia makanan. Mège menambahkan kalsium fosfat dan protein ke dalam cokelat untuk membuatnya lebih sehat.

Penemuan Margarin

Pada tahun 1860-an Mège-Mouriès berfokus pada pemrosesan lemak. Prancis mengalami kekurangan mentega, dan Napoleon III menawarkan hadiah untuk memproduksi pengganti mentega.

Mège-Mouriès bereksperimen dengan apa yang diyakini sebagai asam lemak baru yang ditemukan oleh Michel-Eugene Chevreul, acide margarique atau asam margaric. Pada tahun 1867, Mège-Mouriès bekerja di la Ferme Impériale de la Faisanderie, pertanian pribadi Napoleon III di Vincennes dekat Paris.

Baca Juga :  Biodata Hannah Arendt, Ilmuwan Asal Jerman

Awalnya penemuan Mège-Mouriès dikenal sebagai oleomargarin, dibuat dengan mencampurkan lemak sapi olahan dengan susu skim. Itu menghasilkan manik-manik atau mutiara yang tampak keputihan.

Meskipun Mège tidak memahami dengan benar kimia yang terlibat, proses Mège merupakan pencapaian yang signifikan karena dia berhasil membuat lemak netral yang hambar pada suhu rendah, menggunakan air, dan menemukan bahwa lemak dan susu yang bekerja bersama-sama memberikan hasil rasa yang serupa untuk mentega.

Prosesnya menghasilkan pengganti mentega yang murah namun berkualitas baik untuk kelas buruh dan kebetulan Angkatan Laut Prancis. Mège-Mouriès menerima hadiah pada tahun 1870 dari pemerintah Prancis, yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Louis Napoleon III.

Dia mencoba untuk memulai fasilitas manufaktur di Poissy, tetapi perusahaan itu gagal karena Perang Prancis-Prusia. Mège-Mouriès mengajukan sejumlah paten untuk proses pembuatan margarin. Paten Prancis (brevet) No. 86,480 untuk “production de certains corps gras d’origine animale” diajukan pada tanggal 15 juli 1869.

Mège-Mouriès menunjukkan penemuannya kepada eksportir mentega Belanda Antoon Jurgens pada tahun 1871. Mège-Mouriès mungkin tidak menyadari bahwa patennya tidak dilindungi di Belanda oleh perjanjian paten ketika dia mendemonstrasikan tekniknya kepada Jurgens.

Atau dia mungkin telah memahami kesulitan mempertahankan kendali atas penemuannya mengingat kurangnya undang-undang paten Belanda, dan memutuskan untuk menerima biaya kompensasi untuk berbagi pengetahuannya. 

Tidak terganggu oleh pembatasan paten, Jurgens mengembangkan ide-ide Mège-Mouri lebih lanjut dan mulai memproduksi dan menjual margarin, seperti yang dilakukan perusahaan Belanda lainnya di bawah Simon van den Bergh. Keduanya berlokasi di Oss, Brabant Utara. Perusahaan Jurgens akhirnya menjadi bagian dari Unilever.

Mège-Mouriès mendapat sedikit keuntungan dari penemuan margarine, yang tidak pernah menjadi populer di Prancis. Jurgens dan van den Bergh menciptakan industri ekspor yang substansial, menjual margarin ke Inggris dan negara-negara lain, seperti yang dilakukan sejumlah pesaing yang lebih kecil. Pada tahun 1880-an setidaknya ada 70 pabrik margarin di Belanda. Pada 1911 Jurgens mengekspor 111.000 ton margarin, dan Van den Bergh 112.000.

Baca Juga :  Biodata Mike Lazaridis Penemu dan Pencipta Blackberry Smartphone

Kematian 

Hippolyte Mège-Mouriès meninggal pada tanggal 31 Mei 1880. Mège-Mouriès dimakamkan dekat dengan makam istri dan putranya, di Pemakaman Pere-Lachaise, Paris.

Penutup

Itulah biodata Hippolyte Mège-mouriés seorang penemu margarin. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org