Biodata Tombolotutu, Pahlawan Nasional

Biodata Tombolotutu, Pahlawan Nasional

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Tombolotutu seorang Pahlawan Nasional. Penasaran ingin tahu tentang biodata Tombolotutu, simak penjelasannya berikut ini.

Tombolotutu

Tombolotutu adalah seorang pejuang yang berasal dari Sulawesi Tengah. Tombolotutu lahir di Moutong, Sulawesi Tengah pada tahun 1857.

Tombolotutu dikenal sebagai tokoh yang memimpin dan memperjuangkan hak-hak rakyat Moutong yang dirampas sehingga terjadi pertempuran yang tidak hanya banyak memakan korban namun juga kerugian materiil.

Tombolotutu juga merupakan salah satu raja di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Tombolotutu mempunyai gelar Pua Darawati dan menerima tahta Kerajaan Moutong pada tahun 1877 di usia 20 tahun. Sebagai raja, Beliau turut menjadi garda terdepan dalam garis perlawanan menghadapi penjajah Belanda.

Perjuangan melawan Marsose

Dikutip dari situs Pemkab Parigi Moutong, untuk menghadapi perlawanan Tombolotutu, Belanda sampai harus mengerahkan Marsose.

Marsose merupakan pasukan khusus atau pasukan elite Belanda yang pernah diturunkan saat Perang Diponegoro dan Perang Aceh.

Pada perang yang terjadi pada Oktober 1898, pasukan Marsose yang diturunkan untuk menumpas perlawanan Tombolotutu kurang lebih berjumlah 170 pasukan.

Karena persenjataan yang kurang, perang yang berlangsung selama 11 hari itu dimenangkan oleh Belanda. Tetapi, Tombolotutu tidak patah semangat untuk memulai perang gerilya.

Tombolotutu bersama pasukannya pergi ke Pulau Walea Bahe untuk menyusun strategi melawan Belanda kembali. Hal itu ternyata diketahui Belanda melalui mata-mata sehingga perang terjadi kembali di Pulau Walea Bahe selama 6 hari.

Perjuangan Raja Tombolotutu melawan penjajah terus berlanjut. Pada Agustus  tahun 1900, Belanda tetap melakukan serangan dan pasukan Tombolotutu beberapa kali berhasil mengusir pasukan Belanda.

Baca Juga :  Review Iphone 12 Mini Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

Wafat

Mempertimbangkan keselamatan, Tombolotutu dan keluarga diungsikan ke Kerajaan Sojol pada Desember 1901. Pada akhirnya, beliau gugur dalam perang melawan Belanda di tanggal 17 Agustus 1901, tepat 44 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Tombolotutu kemudian dimakamkan di Desa Padang Kecamatan Toribulu, Moutong. Sulawesi Tengah. Atas jasa-jasanya pada tanggal 10 November 2021, beliau diangkat menjadi Pahlawan Nasional Indonesia bersama dengan Aji Muhammad Idris, Usmar Ismail dan Aria Wangsakara oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Penutup

Itulah biodata Tombolotutu seorang Pahlawan Nasional. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Sumber : biografi-tokoh-ternama.blogspot.com