Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan

Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan

Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan – Halo sob, kali ini waca berita akan membagikan contoh soal dan pembahasannya. Nah, kali kita akan bersama sama membahas Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan. Soal- soal yang ada bisa kalian gunakan untuk belajar dalam menghadapi Ujian Pengetahuan yang dilaksanakan sebagai akhir dari Program PPG Dalam Jabatan. Soal soal ini sering muncul dalam Uji Pengetahuan yang sesuai dengan kisi-kisi. Langsung saja inilah beberapa Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan

Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan Paket 1

  1. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat penghasilan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah…

    a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.
    b. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, dan perilaku anak didiknya.
    c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
    d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
    e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan yang lainnya.
  1. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan anda lakukan?

    a. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerja sama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
    b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
    c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
    d. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok.
    e. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota       menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung.
  1. Anda memiliki tetangga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?

    a. Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK juga memiliki hak untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai siswanya.
    b. Menyarankan kepada orang tuanya agar menyekolahkan anaknya di Sekolah Luar Biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusia.
    c. Meminta aparat desa untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK.
    d. Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya.
    e. Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK
  1. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain. Jika seandainya anda sebagai guru apa yang anda lakukan?

    a. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.
    b. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
    c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.
    d. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.
    e. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati di awal semester.
  1. Saya adalah orang yang menjunjung tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip saya, hal yang akan saya lakukan adalah…

    a. Menyalurkan pikiran dan perasaan negatif pada sasaran lain.
    b. Memendam perasaan negatif yang muncul agar tidak mengganggu pelaksanaan.
    c. Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat
    d. Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang terdekat yang ada di lingkungan kerja.
    e. Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan perasaan itu dengan pimpinan.
  1. Komplek di mana anda tinggal setiap musim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada saluran air menuju sungai. Warga sudah beberapa kali mengusulkan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya salah seorang warga yang cukup berpengaruh di wilayah itu mengajak dan atau memengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru apa yang anda lakukan?

    a. Mengingatkan warga agar tetap membayar pajak, karena membayar pajak itu kewajiban warga negara.
    b. Tetap membayar pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan tidak membayar pajak.
    c. Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak tidak membayar pajak.
    d. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat dosen/kelurahan agar dibuatkan saluran air.
    e. Bersama warga lain mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak terjadi banjir lagi.
  1. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara anda menyelesaikannya?

    a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa.
    b. Saya menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topic pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas.
    c. Saya bekerja sama dengan orang tua/wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar.
    d. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi.
    e. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya.
  1. Seorang anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke Namun, orang tua bersikukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisika kimia. Sebagai wali kelas apa yang akan anda lakukan?

    a. Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya.
    b. Memberikan saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenal secara obyektif kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminatan yang sesuai.
    c. Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran.
    d. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi agar orang tua memahami potensi anaknya.
    e. Bersama guru BK, anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan menggunakan data-data sebagai dasar keputusan obyektif.
  1. R adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin Ayah R sudah meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi kebutuhan anak-anaknya. Sering kali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya anda lakukan adalah…

    a. Memberikan uang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya.
    b. Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R belajar menolong orang tua dan bekerja.
    c. Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman-teman guru lain untuk membantu keluarganya.
    d. Memberikan penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan.
    e. Memberikan penjelasan pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi.
  1. Saat masih menjalani pendidikan dulu, saya pernah mendapatkan tugas yang cukup banyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu adalah…

    a. Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu pada sebagian tugas.
    b. Mengerjakan tugas yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu.
    c. Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagian tugas dan sebagian tugas dikerjakan sendiri.
    d. Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengumpulkannya.
    e. Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan baik
Baca Juga :  Contoh Soal Berdasarkan Kisi Kisi PPG Dalam Jabatan 2022

Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan Paket 2

  1. X adalah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang pernah Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong kepada beberapa wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada kepala sekolah, maka kasusnya akan ramai dan teman tersebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan tercemar dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut anda yang seharusnya dilakukan si X adalah…

    a. Diam saja karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun temannya akan mendapat
    b. Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak
    c. Mengingatkan temannya untuk tidak mengulangi perbuatannya dan membantu mencari solusi atas masalah yang dihadapi
    d. Meminta temannya untuk mengakui kesalahan di depan kepala sekolah.
    e. Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala sekolah dan membantu mencari
  1. Tugas di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sosial silih Satu tugas belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimana reaksi anda?

    a. Lebih baik saya tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, karena guru bekerja seperti robot
    b. Saya ingin mengerjakan seluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan semua
    c. Saya bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada tugas tidak tertangani sama sekali atau meninggalkan tugas.
    d. Hal yang penting adalah semua tugas terselesaikan karena soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi
    e. Saya bekerja dengan cepat, semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas sesuai rencana dan waktunya.

  1. Ketika anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamaannya, maka yang sebaiknya anda lakukan adalah…

    a. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan.
    b. Member nasehat kepada siswa tersebut untuk mengganti jadwal ritual keagamaannya.
    c. Menyerahkan keputusannya kepada siswa.
    d. Memberi nasehat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut, apakah akan mengikuti atau tidak.
    e. Memperbolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain
Baca Juga :  Latihan Soal Kompetensi Pedagogik Preetest PPG 2022

  1. Ada siswa yang menunjukkan kurang bergairah belajar di kelas Terkait dengan hal itu, tindakan yang anda lakukan sebagai guru adalah…

    a. Membiarkan saja karena sangat mungkin siswa tersebut tidak berminat pada mata pelajaran.
    b. Mengingatkan, namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa-siswa lain yang menunjukkan kemajuan.
    c. Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit.
    d. Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya.
    e. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya.

  1. Bayangkan suatu ketika anda sedang berjalan bersama dengan anak Tiba-tiba ada orang memaki anda secara tidak sopan, padahal anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan anda lakukan?

    a. Membalas makian orang itu agar anak melihat anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri.
    b. Menarik orang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan orang yang tidak benar.
    c. Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana caranya menjaga harga diri.
    d. Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana caranya menghindari keributan.
    e. Mengajak berbicara baik-baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya menyelesaikan masalah

  1. Sekolah anda pada pada akhir libur semester mengadakan studi tour ke luar kota selama tiga hari dan anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan studi tour itu. Sesuai rencana rombongan studi tour akan tiba kembali di sekolah pada hari Minggu sore pukul 17.00 karena hari senin adalah hari pertama masuk sekolah. Tetapi karena sesuatu dan lain hal rombongan baru tiba kembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk ijin tidak masuk pada hari pertama karena kelelahan. Apa yang anda lakukan?

    a. Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa.
    b. Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru yang ijin.
    c. Menyarankan kepada para guru yang berencana tidak masuk untuk tetap masuk sekolah.
    d. Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah.
    e. Menyarankan kepada peserta didik yang ikut studi tour untuk tetap masuk sekolah
Baca Juga :  Review Iphone SE 2022 Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

  1. Sebagai guru yang dianggap kompeten, anda diminta menggantikan guru lain yang kebetulan sakit, untuk mengkoordinasikan panitia kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI di Yang akan anda lakukan atas permintaan ini adalah…

    a. Mengkoordinasikan dan bersinergi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam kepanitiaan yang disusun sebelumnya.
    b. Menerima tugas itu, dan menjalankannya setelah selesai mengerjakan tugas-tugas lain yang telah datang terlebih dahulu.
    c. Walaupun dengan berat hati akan bekerja dan menjalankan tugas itu apa, adanya.
    d. Merombak dengan kepanitiaan baru yang anda pilih sndiri karena anda percaya akan kompetensinya yang baik.
    e. Menolak penunjukan tersebut, karena bukan tugas yang seharusnya dilakukan

  1. V adalah siswa yang pendiam dan memiliki prestasi akademik yang rendah, namun memiliki bakat yang sangat baik dalam bidang seni tari. Sebagai guru, saya menghadapi siswa seperti V dengan…

    a. Membiarkan saja karena masing-masing siswa akan berkembang dengan sendirinya.
    b. Memberikan pekerjaan rumah yang lebih dari yang lain untuk meningkatkan prestasi akademik.
    c. Memberitahukan kepada orang tuanya untuk memberikan les tambahan agar prestasi akademiknya meningkat.
    d. Memberitahu orang tuanya tentang keadaan sebenarnya, dan menjelaskan kepada V bahwa menari bukanlah hal yang diperhitungkan untuk keberhasilan di sekolah.
    e. Membimbing V untuk meningkatkan prestasi akademiknya disertai memfasilitasi bakat menari agar berkembang secara optimal

  1. Di sekolah tempat anda bekerja masih sering dijumpai beberapa siswa yang merokok di kamar mandi, padahal sekolah sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak merokok dan tidak membawa rokok ke dalam area sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan taulandan, berikan solusi atas permasalahan di atas!

    a. Saya akan lebih aktif dalam memperingatkan siswa-siswa yang kedapatan sering merokok di kamar mandi untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya dan menghimbau siswa yang lain untuk tidak meniru hal itu.
    b. Bersama seluruh komponen sekolah, untuk memberikan contoh perilaku baik tidak merokok.
    c. Kerena ada petugasnya masing-masing (guru bimbingan dan konseling dan tatib sekolah), sebaiknya saya memilih berdiam diri untuk menghindari kesalahpahaman.
    d. Saya meminta kepala sekolah agar turun langsung menangani masalah ini dengan memberikan sanksi kepada siswa-siswa yang merokok agar mereka jerah.
    e. Memanggil orang tua siswa yang kedapatan merokok agar dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada anaknya.

  1. Terdapat siswa yang mengeluhkan kepada guru bahwa dalam tugas-tugas kelompok seringkali dipaksa teman-temannya untuk menyelesaikan tugas itu sendirian. Hal ini karena, siswa tersebut selain pandai, juga anak orang berada sehingga kebutuhan- kebutuhan dalam mengerjakan tugas mudah Menanggapi hal tersebut, anda…

    a. Memfasilitasi pertemuan anggota kelompok, agar tidak terjadi pemaksaan dan semua anggota berkontribusi dalam mengerjakan tugas kelompok.
    b. Meningkatkan pemantauan proses kerja kelompok dan menginformasikan hasil evaluasi serta keterlibatan setiap anggota dalam kerja kelompok.
    c. Memberikan teguran kepada siswa-siswa yang enggan terlibat dalam kerja kelompok agar tidak mengulangi perbuatannya.
    d. Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama pada kelas siswa tersebut.
    e. Menyuruh siswa tersebut menerima saja perlakuan teman-temannya daripada mereka membullynya

Nah, sobat waca berita, itulah Soal UP PGSD Kepribadian PPG Dalam Jabatan yang bisa kalian gunakan sebagai bahan belajar dalam menghadapi Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski