Biodata Wilhelmus Zakaria Johannes

Biodata Wilhelmus Zakaria Johannes

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Wilhelmus Zakaria Johannes. Penasaran ingin tahu tentang biodata Wilhelmus Zakaria Johannes, simak penjelasannya berikut ini.

Wilhelmus Zakaria Johannes

Dr. Wilhelmus Zakaria Johannes  sering juga ditulis dalam ejaan baru Wilhelmus Zakaria Yohannes adalah  dokter Indonesia pertama yang mempelajari ilmu radiologi di Belanda.  Beliau lahir pada ganggal 16 Juli 1895 di Pulau Rote, Kupang.

Wilhelmus Zakaria Johannes juga menjadi ahli rontgen pertama yang sangat berjasa dalam pengembangan ilmu kedokteran Indonesia sehingga mendapat gelar Pahlawan Nasional. Johannes banyak memberikan kontribusi dalam membagikan perkembangan ilmu kedokteran di Indonesia

Namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit umum di Kupang, Nusa Tenggara Timur yakni RSU WZ Johannes. Nama pahlawan ini juga diabadikan menjadi nama sebuah kapal perang TNI-AL yakni KRI Wilhelmus Zakaria Johannes.

Akhir Hidup Wilhelmus Zakaria Johannes

Pada tahun 1952, Johannes mendapat tugas untuk belajar di Den Haag Belanda selama lima bulan. Akantetapi, dalam masa tugas belajarnya, Johannes terkena serangan jantung.

Beliau pun dinyatakan meninggal pada tanggal 4 September 1952. Jenazahnya dikirim dengan kapal dari Belanda. Johannes tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 24 November 1952.Johannes dimakamkan di Pemakaman Jati Petamburan, Jakarta Pusat pada tanggal 26 November 1952.

 

Penghargaan

Melalui Keppres No. 6/TK/1968, pada tanggal 27 Maret 1968, Johannes ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia atas jasanya di bidang kedokteran.

Namanya juga diabadikan menjadi sebuah nama rumah sakit umum di Kupang dan nama kapal milik TNI Angkatan Laut.

 

Penutup

Itulah biodata Wilhelmus Zakaria Johannes. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Abdulrahman Saleh, Pahlawan Nasional

sumber : biografi-tokoh-ternama.blogspot.com