Jawaban Pengayaan halaman 76 Revolusi Industri dan dampaknya bagi Nusantara IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Pengayaan

wacaberita.com–Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Jawaban Pengayaan halaman 76 Revolusi Industri dan dampaknya bagi Nusantara IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Pengayaan

Dampak dari Revolusi Industri juga terjadi pada masyarakat Nusantara. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Revolusi Industri dan dampaknya bagi Nusantara, kalian dapat mencari dari sumber-sumber belajar lainnya termasuk dari berbagai buku sejarah.

Jawaban:

Revolusi Industri

Revolusi industri sendiri adalah masa di mana terjadi perubahan besar-besar di bidang produksi atau industri. Kondisi ini pertama kali terjadi di abad ke-18 hingga abad ke-19 saat sektor-sektor utama industri seperti pertanian, pertambangan, transportasi, manufaktur dan teknologi berubah besar-besaran. Dimana tenaga-tenaga manusia digantikan oleh mesin-mesin dengan teknologi maju.

Dampak Revolusi Industri

Indonesia sendiri rupanya terkena dampak dari Revolusi Industri. Perubahan ini terjadi atas peran Hindia Belanda dan Inggris yang kala itu menjajah Tanah Air. Berikut ini beberapa dampak Revolusi Industri bagi Indonesia dalam aspek sosial ekonomi:

1. Banyak pemodal alias investor asing masuk ke Indonesia sehingga pabrik-pabrik industri pun berdiri di Tanah Air

2. Keterampilan masyarakat Indonesia bertambah terutama dalam mengelola mesin-mesin industri

3. Dibangunnya jalur darat di berbagai pelosok Indonesia, agar proses distribusi produk bisa berjalan lancar hingga sampai ke tangan konsumen

4. Adanya penggolongan buruh berdasarkan kemampuan dan keterampilan, sehingga upah mereka pun berbeda-beda

5. Seluruh SDA (Sumber Daya Alam) Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi. Dengan begitu kemampuan masyarakat Indonesia untuk mengolah dan mengelola SDA-nya sendiri makin meningkat

6. Munculnya ketidakpuasan di kalangan buruh atas beban pekerjaan yang diberikan majikan

Tak dipungkiri, dampak Revolusi Industri bagi Indonesia cukup beragam dan semua tetap memberikan pengaruh hingga saat ini. Khususnya, pada bidang teknologi yang semakin canggih berkat kehadiran ide-ide baru. Bahkan saat ini, Indonesia pun siap menatap Revolusi Industri 4.0.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPS Kelas 7 Aktivitas 7 Halaman 152 Candi Langgam Jawa Tengah dan Jawa Timur

 

Demikian pembahasan tentang Jawaban Pengayaan halaman 76 Revolusi Industri dan dampaknya bagi Nusantara IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat Wacaberita semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike