Biodata William T.G. Morton Penemu Obat Bius

Biodata William T.G. Morton Penemu Obat Bius

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata William T.G. Morton seorang penemu obat bius. Penasaran ingin tahu tentang penemu obat bius, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata William T.G. Morton :

Lahir : 9 Agustus 1819 Charlton, Massachusetts 
Meninggal : 15 Juli 1868 (umur 48) New York City 
Kebangsaan : Amerika Serikat
Bidang : Kedokteran gigi 
Dikenal atas : Ether untuk operasi bedah 
Orang tua : James Morton dan Rebecca (Needham) Morton
Pasangan :  Elizabeth Whiteman

 

William Thomas Green Morton (9 Agustus 1819 – 15 Juli 1868) adalah seorang dokter gigi asal Amerika yang pertama kali secara terbuka menunjukkan penggunaan inhalasi eter sebagai anestesi bedah tahun 1846.

Awal kehidupan

William T.G. Morton lahir pada tanggal 9 Agustus 1819, di Charlton, Massachusetts, Morton adalah anak dari seorang petani bernama James Morton dan Rebecca (Needham) Morton.

Marton berprofesi sebagai petugas printer, dan salesman di Boston sebelum memasuki Baltimore College of Dental Surgery pada tahun 1840. Pada tahun 1841, dia terkenal dalam pengembangan proses baru untuk menambal gigi palsu.

Pada tahun 1842, Marton meninggalkan perguruan tinggi tanpa lulus untuk belajar di Hartford, Connecticut dengan dokter gigi Horace Wells dan berbagi kemitraan singkat.

Pada tahun 1843 Morton menikah dengan Elizabeth Whitman of Farmington, Connecticut , keponakan dari mantan anggota Kongres Lemuel Whitman. Orangtuanya keberatan dengan profesi Morton dan menyutujui untuk pernikahan Morton setelah dia berjanji untuk belajar kedokteran.

Pada musim gugur 1844, Morton masuk Harvard Medical School dan menghadiri kuliah kimia Dr Charles T. Jackson , yang memperkenalkan Morton terhadap sifat anestesi eter. Morton meninggalkan Harvard tanpa lulus.

Baca Juga :  Biodata George Edward Moore, Pelopor Filsafat Analitik

Penemuan Ether untuk operasi bedah

Saat Morton membuka praktek pengobatan gigi, banyak pasien yang merasakan kesakitan ketika gigi yang lama harus dicabut untuk diganti dengan yang baru. Hal itu mendorong Morton untuk menemukan suatu zat yang dapat membuat tak sadar pasiennya saat giginya dicabut, sehingga ia tidak merasakan kesakitan.

Bekerja sama dengan seorang dokter gigi yang lain, yaitu Dokter Horace Wells yang juga tertarik masalah anesthasia, mereka mengadakan percobaan demi percobaan. Anesthesia yang pertama kali ditemukan adalah Nitrous Oxide atau sering disebut gas ketawa, tetapi hasilnya kurang begitu memuaskan.

Morton mencoba mencari jenis obat bius lain. Dari buku-buku yang dia pelajari, tiga ratus tahun sebelumnya telah diketahui ada suatu zat yang dapat membuat orang menjadi tidak sadar untuk waktu sementara yang bernama ether. Namun zat itu tidak pernah dicobakan untuk pembiusan saat dilakukan operasi.

Percobaan pembiusan pertama, Morton melakukannya pada beberapa binatang dengan menggunakan ether, hasilnya sungguh memuaskan. Maka Morton pun memutuskan untuk melakukannya pada manusia.

Percobaan pertama yang dilakukan kepada manusia pada tanggal 30 September 1846, Morton melakukan pencabutan gigi tanpa rasa sakit setelah pemberian eter untuk pasien.

Seorang ahli bedah Boston, Henry Jacob Bigelow yang mengetahui percobaan itu membuat suatu demonstrasi eter pada tanggal 16 Oktober 1846 di ruang operasi Rumah Sakit Umum Massachusetts, atau MGH. Pada demonstrasi ini Dr John Collins Warren tanpa rasa sakit berhasil menghilangkan tumor dari leher Mr Edward Gilbert Abbott.

Untuk temuannya itu. Morton memintakan hak paten atas penemuannya. Namun rupanya Dr. Charles T Jackson pun memintakan hak paten terhadap ether. Dr. Charles T Jackson adalah seorang ahli yang telah mengetahui bahwa ether merupakan bahan obat pembius, namun dia tak berani melakukan percobaan dan peragaan sebagaimana Morton.

Baca Juga :  Biodata Hendrik Antoon Lorentz Penemu Efek Zeeman

Karena mereka saling bersikeras, maka masalah tersebut kemudian dibawa ke pengadilan. Dan akhirnya perkara tersebut dimenangkan oleh William T.G. Morton.

William Thomas Green Morton meninggal pada tanggal 15 Juli 1868 saat berumur 48 tahun di kota New York tanpa sempat menikmati hasil temuannya.

Penutup

Itulah biodata William T.G. Morton seorang penemu obat bius. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu