Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Matematika SMP tentang “Penampang Melintang Kubus yang Dipotong Bidang Datar” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII Halaman 276. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik adik semuanya siswa kelas VII dapat memahami dan mengerti tentang Matematika pada jenjang SMP.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas VII, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7

Penampang Melintang Kubus yang Dipotong Bidang Datar

Hanya ada satu bidang yang melalui tiga titik tidak segaris. Berdasarkan hal tersebut, perhatikan bentuk permukaan ketika sebuah kubus dipotong oleh bidang datar.

Kubus dipotong melalui garis AC. Seperti yang ditunjukkan pada gambar a , bentuk permukaan berupa empat persegi panjang jika dipotong melalui A, C, dan E

1. Potonglah kubus melalui titik-titik A dan C dan juga titik M, F, dan N berturut-turut pada gambar b , c , dan d . Bagaimana bentuk bidang potongnya?

Mari kita perhatikan kasus ketika memotong berbagai jenis permukaan kubus.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 115 Transformasi energi apa yang terjadi pada senter

Jawaban

b. Segitiga sama kaki

c. Segitiga sama sisi

d. Trapesium

Penjelasan

Ada banyak sekali bidang yang melewati dua titik A dan C, namun ketika menentukan titik ketiga, pastikan hanya satu bidang yang ditentukan.

Kemudian, dengan mengubah kemiringan bidang yang melewati dua titik A dan C, bentuk potongan ujung kubus akan terlihat. Dengan kata lain, d jika memiringkan bidang ke arah kita dari potongan ㋐ yang tegak lurus ke permukaan bawah, maka akan berubah urutannya menjadi ㋐ → ㋓ → ㋒ → ㋑, dan bentuk potongannya akan berubah dari persegi.

→ trapesium sama kaki → segitiga sama sisi → segitiga sama kaki. Jika kita memiliki wadah transparan
dengan penutup, kita dapat memasukkan air berwarna ke dalamnya dan memiringkannya untuk memastikan bentuk ujung potongannya.

2. Bagaimanakah cara memotong permukaan kubus agar diperoleh bangun datar pada e, f, g, dan h. Gambarlah garis-garis potongnya pada gambar kubus di bawahnya

Jawaban

Penjelasan

Selanjutnya, pikirkan bentuk potongan saat memotong kubus pada bidang sembarang. Jika kita memotongnya dalam satu bidang sehingga melewati keenam sisi kubus, kita akan memiliki enam segmen garis sebagai perpotongan, sehingga potongan dari poligon dibatasi menjadi segi enam. Karena sulit untuk memahami bentuk potongan hanya dengan mengoperasikannya di dalam kepala, kita dapat
memasukkan aktivitas seperti memotong kubus yang terbuat dari tanah liat, dll. Dan dapat juga dengan cara menonton bahan ajar berupa video simulasi menggunakan komputer.

Selain itu, bentuk potongannya bisa berupa jajaran genjang atau segi enam (bukan segi enam biasa), sehingga akan lebih baik jika membuat kalian memikirkan bagaimana cara memotongnya.

Penutup

Itulah pembahasan tentang Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kunci Ayo Berlatih halaman 83 Bilangan Avogadro dan Jumlah Mol IPA SMA Kelas 10

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban BAB 7 Matematika Halaman 284 Kelas 7
Jawaban BAB 6 Ulasan Matematika Halaman 283 Kelas 7
Jawaban BAB 5 Ulasan Matematika Halaman 282 Kelas 7
Jawaban BAB 4 Ulasan Matematika Halaman 281 Kelas 7
Jawaban BAB 3 Ulasan Matematika Halaman 280 Kelas 7
Jawaban BAB 2 Ulasan Matematika Halaman 279 Kelas 7
Jawaban BAB 1 Ulasan Matematika Halaman 278 Kelas 7

You May Also Like

About the Author: Ajis