Jawaban Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan

Jawaban Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan

Wacaberita.com – Salam sehat dan bahagia selalu untuk para bapak ibu guru di seluruh Indonesia. Kali ini kami akan membahas jawaban pada Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan. Semoga pembahasan berikut bermanfaat dan dapat membantu pada bapak ibu guru semuanya.

Semua guru di setiap tingkat dari SD sampai SMA harus mengisi asesmen pada soal jika dibandingkan saat Ibu dan Bapak guru menjadi murid dahulu dan murid-murid sekarang. Pertanyaan ini perlu dijawab dengan benar dan hati-hati oleh guru.

Disamping itu, pertanyaan tersebut dapat ditemukan pada materi di modul 1 yang membahas mengenai cerita reflektif. Cerita yang bersifat reflektif tersebut berkaitan dengan topik kurikulum yang digunakan guru ketika mengajar siswa.

Bentuk soal ini juga ditawarkan kepada seluruh guru dalam bentuk pertanyaan uraian. Usahakan dalam menjawab soalnya sesuai dengan fakta masing-masing. Bagi bapak ibu guru yang membutuhkan bantuan untuk menjawab soal di modul 1 ini, Anda dapat menyimak pada uraian berikut:

Soal

Modul 1

Jika dibandingkan saat Ibu dan Bapak Guru menjadi murid dahulu dan murid-murid sekarang, hal apa saja yang berbeda?

Jawaban

Perbedaannya adalah terletek pada saat guru menyampaikan materi kepada siswa. Dulu, guru menyampaikan materi sebanyak banyaknya dan jarang melihat kondisi siswa. Namun sekaran, guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga mendampingi apa yang dibutuhkan siswa.

Guru sekarang juga harus lebih kreatif dalam pembelajaran serta harus melek teknologi agar siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran dan menjadikan pembelajaran lebih menarik minat belajar siswa.

Disamping itu guru juga harus mampu bekerja secara kolaboratif dan bisa membimbing peserta didik untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.

Sebenarnya, banyak aspek yang dapat membantu menjawab pada soal ini, terutama yang berkaitan dengan perubahan zaman, diantaranya harus memiliki Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Halaman 134 135 136 Kelas 7

Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21

1. Mampu memfasilitasi dan menginspirasi belajar dan kreativitas siswa.
2. Merancang dan mengembangkan pengalaman belajar dan asesmen era digital.
3. Menjadi model cara belajar dan bekerja di era digital.
4. Mendorong dan menjadi model tanggung jawab dan masyarakat digital.

Selain itu guru juga harus mempunyai 5 karakteristik guru abad 21 diantaranya

1. Mampu berpikir kritis.
2. Memecahkan Masalah.
3. Berkomunikasi dan Berkolaborasi.
4. Kreatif dan Inovatif.
5. Literasi TIK.

Banyak cara untuk dapat meningkatkan kompetensi guru terkait keterampilan digital dan literasi digital diantaranya dengan cara banyak belajar, baik itu melalui pelatihan-pelatihan, diskusi, membaca buku, atau melihat tutorial-tutorial yang banyak ditemukan di dunia maya. Yang perlu diingat bagi Guru Pintar adalah bagaimana cara menggunakan serta memanfaatkan berbagai informasi yang di peroleh dengan baik dan bertanggung jawab. Jangan sampai terjebak dalam hoaks atau pelanggaran-pelanggaran yang dapat merugikan Guru Pintar.

Keterampilan guru dalam menggunakan teknologi digital pada pembelajaran diantaranya adalah bagaimana cara membuat media pembelajaran yang menarik serta berbasis teknologi atau terintergrasi denganteknologi serta bagaimana memanfaatkan media sosial secara sehat untuk kebutuhan profesional dan personal branding, Bagaimana mengoperasikan aplikasi dan sumber-sumber belajar digital, bagaimana mengirim surat elektronik untuk kebutuhan komunikasi dengan teman sejawat, siswa, dan juga orang tua. Jangan mau disebut sebagai guru gaptek yang ketinggalan zaman ya, Guru Pintar

Penutup

Demikian jawaban pada Jika dibandingkan saat Ibu dan Bapak Guru menjadi murid dahulu dan murid-murid sekarang, hal apa saja yang berbeda?. Banyak sekali faktor yang muncul, diantaranya adalah perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dapat membantu untuk akses materi. Semoga jawaban diatas bermanfaat.

Baca Juga :  Jawaban BAB 3 Ulasan Matematika Halaman 280 Kelas 7

You May Also Like

About the Author: Ajis