Jawaban Matematika Halaman 275 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 275 Kelas 7 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Matematika SMP tentang “Hitung garis tengah dan keliling lingkaran uang logam” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII Halaman 275. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik adik semuanya siswa kelas VII dapat memahami dan mengerti tentang Matematika pada jenjang SMP.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas VII, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Jawaban Matematika Halaman 275 Kelas 7

Soal

1. Hitung garis tengah dan keliling lingkaran uang logam. Seberapa akurat nilai yang diperoleh?

a. ukurlah garis tengah uang logam. Letakkan 10 uang logam yang sama pada sebuah garis. Hitunglah garis tengah seluruh uang logam kemudian gabilah dengan 10

b. Hitunglah keliling satu uang logam. Gelindingkan uang logam 3 sampai lima kali, hitunglah rata-rata garis tengah hasil hitungna tersebut.

Jawaban

Contoh percobaan menggunakan koin 500 yen.

a. Saat menggunakan 10 keping koin 500 yen dan mengukur diameternya menggunakan metode yang ada pada gambar, diameternya sekitar 2,64 cm.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9

b. Memberi tanda di dekat lingkar koin 500 yen dan mengukur keliling koin dengan metode yang ditunjukkan pada gambar, didapat ukuran keliling sekitar 8,32 cm (Lakukan percobaan sebanyak 3 kali dan gunakan nilai rata-ratanya). Oleh karena itu, sebagai perkiraan, diperoleh 8,32 ÷ 2,64 = 3,15151515…

Penjelasan

a. Berdasarkan percetakan uang logam Jepang, diameter koin 500 yen adalah 2,65 cm. Terdapat kesalahan dari hasil pengukuran pada contoh penyelesaian yaitu meleset 0,01 cm. Jika mencoba mengulang percobaan ini hingga beberapa kali, akan didapat nilai yang paling mendekati  π yaitu dari 3,13 sampai 3,14. Rupanya perkiraan yang cukup akurat dapat diperoleh bahkan dengan percobaan sederhana. Namun, dalam percobaan di mana skala dibaca secara visual, sulit untuk secara akurat membaca nilai yang lebih kecil dari 1/100 cm.

Terdapat banyak cara lain untuk menemukan nilai π. Sebagai contoh, ada metode yang disebut metode Monte Carlo yang berdasarkan teori probabilitas, tetapi keakuratan nilai π sebagai metode perhitungan perkiraannya kurang bagus (Cara mencari π berdasarkan metode Monte Carlo.

b. Sebelum abad ke-7, seperti yang disebutkan di halaman sebelumnya, nilai perkiraan π dihitung dari keliling polygon.

beraturan yang digambarkan dalam lingkaran. Saat ini, dengan perkembangan kalkulus diferensial, dimungkinkan untuk menyatakan π secara analitis dengan deret tak hingga, dan jumlahnya dihitung dengan komputer berkinerja tinggi. Sisi kanan pada rumus yang ditunjukkan dalam buku teks.

π/4 = 1/1 – 1/3 + 1/5 – 1/7 + 1 9 – …disebut deret ganti tanda.

Jika kita menghitung 4 kali jumlah suku genapnya, hasilnya adalah sebagai berikut.

Hingga suku 20 3.091624…

Hingga suku 100 3.131593…

Hingga suku 200 3.136593…

Jika seperti ini, nilai perkiraan 3,14 tidak dapat diperoleh. Hasil 3,14 kan kita peroleh hanya jika kita menghitung hingga suku 628. Dari situ, dapat diketahui bahwa 3,14 merupakan perkiraan yang akurat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 106 107 dan 108 Fakta dan Opini

Penutup

Itulah pembahasan tentang Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban BAB 4 Ulasan Matematika Halaman 281 Kelas 7
Jawaban BAB 3 Ulasan Matematika Halaman 280 Kelas 7
Jawaban BAB 2 Ulasan Matematika Halaman 279 Kelas 7
Jawaban BAB 1 Ulasan Matematika Halaman 278 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7