Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 70 Lembar Aktivitas 1

kunci jawaban ips kelas 7 halaman 70

wacaberita.com – Sobat Wacaberita, kembali lagi pada pemhahasan mata pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Pada artikel ini tim wacaberita akan memberikan jawaban pelajaran IPS kelas 7 halaman 70.

Seperti yang diketahui, pada buku mata pelajaran IPS Kelas 7 SMP ada materi pembahasan tentang Tema 2 yaitu Keberagaman Lingkungan Sekitar.

Adapun yang dipelajari antara lain tentang masa prasejarah, nah di halaman 70 merupakan lembar aktivitas 1 berisi beberapa pertanyaan tentang masa prasejarah seperti pada gambar di bawah ini.

kunci jawaban ips kelas 7 halaman 70

Kunci Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 70 Lembar Aktivitas 1

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman-teman kelompok
kalian!

  1. Apa yang dimaksud dengan praaksara?

Jawaban: Praaksara merupakan zaman di mana manusia belum mengenal aksara atau tulisan.

Secara bahasa, pra berarti belum dan aksara berarti huruf. Secara istilah, zaman praaksara adalah zaman dimana manusia tidak atau belum mengenal tulisan.

Zaman praaksara juga disebut dengan zaman prasejarah dimana komunikasi dilakukan dengan bahasa isyarat. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan.

  1. Bagaimana proses pembentukan bumi?

Jawaban: Proses pembentukan muka bumi disebut juga dengan proses geologis. Proses ini terdiri dari dua macam, yaitu proses dari dalam (endogen) dan proses dari luar (eksogen). Kedua proses inilah yang membetukan muka bumi tidak rata, berikut penjelasan dari kedua proses tersebut:

  1. Proses Endogen
    Proses pembentukan muka bumi dari dalam disebut juga dengan proses endogen. Proses ini disebabkan adanya energi panas dari mantel dan kerak bumi. Energi panas yang timbul berasal dari disintegrasi unsur radioaktif mantel bumi.

Hal tersebut berakibat pada munculnya fenomena-fenomena alam seperti, gempa bumi, berkembangnya benua, munculnya palung samudera dan pegunungan, aktivitas vulkanik, pembentukan bantuan dan lainnya.

  1. Proses Eksogen
Baca Juga :  Jawaban INFORMATIKA Halaman 101-102 Kelas 7

Selain proses dari dalam atau proses endogen, pembentukan muka bumi juga dipengaruhi oleh proses eksogen. Proses dari luar atau eksogen ini merupakan tenaga pembentuk muka bumi yang bersifat merombak, memperbaiki, dan membangun. Adapun proses pembentukan terjadi di lapisan listosfer.

Pada lapisan litosfer akan terjadi penggerusan atau perombakan oleh tenaga eksogen, seperti pelapukan, pengikisan, dan sedimentasi. Awal mulanya sebuah gumpalan tanah akan dihancurkan dengan pelapukan. Kemudian dikikis dan diangkut oleh air, gletser atau lainnya. Setelah itu akan terjadi pengendapan atau sedimentasi, sehingga menjadi hamparan batuan dari kasar hingga halus.

  1. Bagaimana makhluk hidup dapat muncul pada masa awal pembentukan bumi?

Jawaban: makhluk hidup dapat muncul pada masa awal pembentukan bumi karena bantuan dari makhluk hidup berupa tanaman alga, yang memperkaya oksigen di bumi. Setelah oksigen di bumi terpenuhi, barulah berkembang makhluk hidup baru seperti hewan dan lainnya.

  1. Bagaimana cara makhluk hidup untuk tetap lestari hidup di permukaan bumi?

Jawaban: makhluk hidup tetap lestari hidup di permukaan bumi karena mereka berkembang biak untuk mendapatkan keturunan agar tidak punah.

  1. Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari proses pembentukan bumi dengan isu pemanasan global dan kerusakan bumi?

Jawaban: hikmah yang didapatkan adalah kita harus selalu menjaga kelestarian alam di bumi, dan jangan melakukan perilaku yang dapat merusaknya.

  1. Presentasikan hasil dari diskusi kelompok kalian dengan bimbingan guru!

Demikian Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 70 Lembar Aktivitas 1

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja Untuk itu diperlukan kebijakan Sobat dalam menggunakannya.

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi