Jawaban Informatika Halaman 106 107 108 109 Kelas 7

Jawaban Informatika Halaman 106 107 108 109 Kelas 7

Jawaban Informatika Halaman 106 107 108 109 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Uji Kompetensi” Muatan Pelajaran Informatika kelas VII. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi pada mata pelajaran Informatika.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soalnya. Ingat, sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman atau secara berkelompok.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Kunci Jawaban Halaman 106 107 108 109 Kelas 7

Uji Kompetensi

1. Yang dimaksud dengan komputer adalah ….
a. media penghubung untuk setiap komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya
b. disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang, yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi
c. suatu alat elektronik yang menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan untuk saling berkomunikasi
d. suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi

Jawaban

d. suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi

Penjelasan

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Adapun dalam bahasa Inggris to compute. Komputer adalah suatu alat yang dipergunakan untuk melakukan komputasi atau perhitungan. Komputer adalah alat yang multifungsi.

Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat mengolah data menjadi informasi serta dapat menjalankan program berdasarkan suatu aturan tertentu. Selain itu, banyak para ahli yang mengartikan komputer, diantaranya sebagai berikut:

1. Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat pemrosesan data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.

2. Hamacher, menurutnya komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 128 Tertib Sosial dan Penyimpangan Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

3. Blissmer, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintahperintah dan hasil dari pengolahan, serta, menyediakan output dalam bentuk informasi.

Secara umum, komputer dapat diartikan sebagai sebuah mesin elektronik, dijalankan oleh instruksiinstruksi yang disimpan di dalam memorinya. memori tersebut dapat menerima data masukan (Input), memanipulasi (mengolah) data sesuai dengan aturanaturan tertentu (proses), sehingga menghasilkan keluaran (output) berbentuk informasi, dan menyimpan hasilnya untuk kebutuhan yang akan datang.

2. Perhatikan tabel berikut

a.Mengontrol fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program software agar terhubung dengan perangkat keras tersebut.
b.Memungkinkan sebuah program atau aplikasi dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna yang menggunakan peranti komputer tersebut
c.Sebagai penghubung antarperangkat keras dan dapat menampilkan interface hanya berupa grais.
d.Memungkinkan user yang memiliki hak untuk mengakses komputer menjalankan suatu program dan mengendalikan siapa yang bisa mengakses program tersebut.

Yang merupakan fungsi dari sistem operasi pada tabel di atas ialah ……..

Jawaban

a. Mengontrol fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program software agar terhubung dengan perangkat keras tersebut

b. Memungkinkan sebuah program atau aplikasi dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna yang menggunakan peranti komputer tersebut

d. Memungkinkan user yang memiliki hak untuk mengakses komputer menjalankan suatu program dan mengendalikan siapa yang bisa mengakses program tersebut

3. Perhatikan tabel berikut!

Kelompok 1Kelompok 2Kelompok 3Kelompok 4
MouseHarddiskMonitorRAM
KeyboardFlasdiskPrinterProcessor
JoystickCD/DVDSpeakerVGA card
ScannerSSDPlotterMainboard

Yang termasuk ke dalam perangkat keras keluaran adalah…
a. Kelompok 1
b. Kelompok 2
c. Kelompok 3
d. Kelompok 4

Jawaban

c. Kelompok 3

Penjelasan

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

4. Berikut yang bukan merupakan interaksi antarmuka pemindai biometric ialah …
a. mengidentiikasi dengan menganalisa bentuk wajah seseorang
b. identiikasi dengan kode QR
c. menggunakan jari untuk menyentuh layar

Baca Juga :  Jawaban Matematika Halaman 266 Kelas 7

Jawaban

b. identiikasi dengan kode QR

5. Perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal ialah …
a. Commercial Software
b. Shareware
c. Freeware
d. Openware

Jawaban

b. Shareware

6. Nama alat berikut ialah …

a. plotter
b. proyektor
c. joystick
d. barcode scanner

Jawaban

d. barcode scanner

Penjelasan

Pada dasarnya, barcode adalah kode batang dengan bentuk garis yang bisa dibaca oleh mesin. Hal ini pasti sudah sangat sering Anda sadari saat berbelanja di mesin kasir karena keberadaannya yang memang berada di meja kasir.

Kode palang, kode batang, atau yang biasa kita kenal dengan barcode adalah data optik yang di dalamnya terdapat bentuk garis atau bar yang mampu dibaca oleh mesin. Berbagai kode ini memiliki fungsi dalam membedakan satu jenis produk dengan produk lain.

7. Cocokkan nama peranti dengan ciri dan fungsinya

Nama PerantiCiri-ciri dan Fungsi
1. HarddiskA. Bobotnya ringan. Membaca data secara acak untuk menjalankan aplikasi. Dapat membaca sekaligus menulis. Semua datanya hilang jika kehilangan daya listrik
2. ROMB. Biasa melekat di motherboard. Hanya dapat membaca hasil simpanan Data. Mampu menyimpan perintah dan data secara permanen walaupun listrik mati.
3. RAMC. Memiliki kumpulan piringan (platter) dan head sebagai media penyimpanan data yang non-volatile, artinya data tidak akan hilang saat komputer dimatikan

Jawaban

1. Harddisk : C. Memiliki kumpulan piringan (platter) dan head sebagai media penyimpanan
data yang non-volatile, artinya data tidak akan hilang saat komputer dimatikan

2. ROM : B. Biasa melekat di motherboard. Hanya dapat membaca hasil simpanan Data. Mampu menyimpan perintah dan data secara permanen walaupun listrik mati.

3. RAM : A. Bobotnya ringan. Membaca data secara acak untuk menjalankan aplikasi. Dapat
membaca sekaligus menulis. Semua datanya hilang jika kehilangan daya listrik.

8. Suatu peranti dihubungkan ke komputer dan peranti tersebut tidak dikenali oleh komputer tersebut. Maka, hal ini sesuai dengan fungsi sistem operasi sebagai ….
a. mengatur dan mengendalikan peranti
b. pengendali hak akses oleh pengguna
c. pengaturan memori
d. manajemen file

Jawaban

a. mengatur dan mengendalikan peranti

9. Fungsi alat ini ialah untuk memindai data atau dokumen dengan cara menduplikasi dalam bentuk digital atau ile dalam komputer. Alat ini termasuk jenis hardware …
a. input device
b. output device
c. storage device
d. processing device

Jawaban

a. input device

10.Fungsi alat seperti pada gambar di bawah adalah ….

Baca Juga :  Review Oppo Find X5 Pro 5G Beserta Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru

a. media penghubung untuk setiap komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya
b. salah satu komponen inti yang terdapat dalam CPU komputer yang berfungsi sebagai otak komputer
c. menyimpan berbagai data dan berbagai sistem operasi dari suatu peranti komputer itu sendiri
d. mengolah data grais sebelum ditampilkan ke monitor

Jawaban

b. salah satu komponen inti yang terdapat dalam CPU komputer yang berfungsi sebagai otak komputer

11. Sistem operasi ini memiliki logo seekor pinguin, bersifat open source dan gratis sehingga memberi kebebasan bagi para programer untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri. Sistem operasi ini dinamakan ….
a. Microsoft Windows
b. Macintosh
c. Linux
d. Unix

Jawaban

c. Linux

Penjelasan

Pengertian Linux adalah sistem operasi yang menggunakan kernel linux. Kernel sendiri adalah bagian terkecil dari sistem operasi yang bertugas untuk melakukan manajemen cpu, memori dan perangkat -perangkat tambahan lain.

Linux adalah OS yang bersifat open source, yang berarti kode-kode sumber linux dapat digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas oleh siapapun. Lisensi linux yang berada dibawah naungan GNU pun Gratis, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun jika ingin menggunakannya.

12. Manakah dari gambar berikut yang termasuk output device?

Jawaban

B. Monitor

13. Berikut ciri-ciri dari sebuah sistem operasi.
• Sistem operasi ini dikembangkan oleh Apple Corp.
• Merupakan sistem operasi pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grais (GUI).
• Merupakan sistem operasi yang terlindungi dari virus.
Nama dari sistem operasi tersebut adalah ….
a. Linux
b. Open Suse
c. Macintosh OS
d. Microsoft Windows

Jawaban

c. Macintosh OS

Penjelasan

Macintosh Operating System atau umumnya lebih dikenal dengan sebutan MacOS. MacOS merupakan salah satu sistem operasi GUI (Graphical User Interface) pertama yang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan Apple Inc. Sistem operasi ini telah dikembangkan sejak tahun 1984 sebagai versi Mac OS Klasik. Di tahun 2001, Apple juga merilis versi Mac OS X yang kemudian di lanjut dengan versi OS X hingga yang terbaru saat ini adalah macOS “Big Sour”. Sistem operasi ini hanya tersedia untuk perangkat Macinstosh.

macOS merupakan sistem operasi kedua paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, setelah Microsoft Windows. Meski berada di urutan kedua, macOS juga memiliki keunggulan yang tidak kalah jauh dengan Windows. Salah satu di antaranya adalah macOS dapat di install pada smartphone atau gadget yang sesuai dengan ketentuan dan spesifikasi yang berlaku.

14. Yang tidak termasuk ciri-ciri dari gambar berikut adalah….

a. alat keluaran komputer berbentuk tuas
b. dapat mentransmisikan arah dua atau tiga dimensi ke komputer
c. sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi dengan lebih dari satu tombol
d. banyak diimplementasikan pada mesin-mesin, seperti pada kursi roda bermotor dan juga truk

Jawaban

d. banyak diimplementasikan pada mesin-mesin, seperti pada kursi roda bermotor dan juga truk

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Informatika Halaman 106 107 108 109 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih serta memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan materi di depan kelas agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Matematika Halaman 266 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 268-269 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 234 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 235 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 236 Kelas 7

Pencarian Populer : kunci jawaban informatika 109kunci jawaban kelas 7 buku informatika hal 106 107 108