Jawaban Topik 6 Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Jawaban Topik 6 Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Post Test)

Wacaberita.comJawaban Topik 6 Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi – Halo rekan-rekan guru, kali ini kami akan membagikan materi seputar pemanfaatan platform merdeka mengajar pada fitur pelatihan mandiri. Dalam fitur ini, para guru dituntut untuk memahami serangkaian materi melalui topik dan modul di mana di dalamnya terdapat post test yang harus dikerjakan sebelum melakukan aksi nyata.

Materi yang akan kami bagikan adalah jawaban post test pada Topik 6 Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/ Paket A Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Sebagai DISCLAIMER, jawaban yang kami bagikan merupakan paket lulus untuk setiap post test. Jadi, bukan berarti setiap jawaban adalah jawaban benar karena platform PMM tidak menunjukkan jawaban benar salah setelah mengerjakan post test, hanya menampilkan hasil post test yang berbunyi berhasil atau belum.

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 3 Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Jika menurut Sobat guru terdapat jawaban yang masih salah, kami sangat terbuka untuk menerima koreksi dari Sobat Guru semua. Anda tinggal memberikan koreksi melalui kolom komentar disertakan jawaban yang benar dan alasannya. Dengan demikian, jawaban yang benar dapat dilihat oleh pengunjung lain. Baik, langsung saja kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Topik 6 Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Post Test)

Jawaban Topik 6 Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Post Test)

1. Pak Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Bonu adalah ….

a. Mengajak murid untuk menyepakati target dan tujuan belajar.

b. Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat belajar.

c. A dan B adalah jawaban salah

d. A dan B adalah jawaban benar

2. Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?

a. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid.

b. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.

c. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.

Baca Juga :  Jawaban Topik 3 Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD

d. Semua salah

3. Bagaimana perubahan peran Guru dalam sebuah kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?

a. Guru adalah sumber belajar utama dan murid mengikuti apa yang telah ditetapkan.

b. Guru bukan sumber belajar utama, sehingga murid bisa belajar dari siapa saja dan mana saja.

c. Guru menjadi mediator antar murid agar terjadi transfer pengetahuan di kelas.

d. Guru menjadi motivator yang mengamati murid dari jauh selama proses belajar.

4. Simak langkah-langkah berikut:

1) Murid menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin dia ketahui

2) Murid melakukan refleksi atas kemampuannya

3) Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian murid

4) Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama

Alur tahapan pembuatan tujuan belajar oleh murid yang tepat adalah…

a. 1-2-3-4

b. 1-3-2-4

c. 4-3-2-1

d. 4-2-3-1

Demikian artikel Jawaban Topik 6 Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca semua. Informasi yang kami bagikan bukan mutlak sebuah kebenaran, sehingga terbuka bagi kami untuk menerima koreksi, kritik serta saran dari Anda semua. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat semua, terima kasih telah mengunjungi website ini.

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni