Pengalaman Belajar Daring

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 101 Pengalaman Belajar Daring

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 101 Pengalaman Belajar Daring. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Membaca

Bacalah teks di bawah ini dengan saksama.

Pengalaman Belajar Daring

Teman-teman pasti sudah tahu, kan bahwa virus Covid-19 sedang mewabah di dunia? Nah, pandemi global Covid-19 yang terjadi saat ini mengubah cara kita belajar. Di Indonesia, Belajar dari Rumah (BDR) secara daring dimulai sejak tanggal 16 Maret 2020. Selama BDR ini, bapak dan ibu guru memberi tugas melalui ragam aplikasi komunikasi berbasis internet digital, bahkan media sosial. Kita pun dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan di rumah saja. Untuk itu, perkakas teknologi seperti komputer, laptop, dan ponsel menjadi penting, terutama juga jaringan internet yang stabil.

Berbagai pengalaman menarik dialami oleh teman-teman kita selama belajar daring.

Selama BDR, pelajaran yang paling sulit diikuti adalah Matematika. Aku kurang mengerti penjelasan gurunya kalau lewat daring. Aku jadinya sering minta diajari sama Kak Martha. Dia kakakku yang kuliah di Fakultas MIPA. Kalau pelajaran lainnya menurutku mudah. Asalkan kita mau membaca penjelasan dan materi yang diberikan guru.
Aprilia
Siswa Kelas 5 SD
Balikpapan Kaltim

BDR itu menyenangkan. Aku jadi sering lihat internet. Di sana banyak informasi yang bagus. Pak guru sering memberi tugas untuk buat video atau presentasi. Aku sih senang-senang saja. Hanya perlu waktu banyak untuk menyelesaikan tugas. Jadinya aku sering dibantu mama atau papaku.
Andi
Siswa Kelas 5 MI/SD
Makassar Sulsel

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 112 Siapa nama tokoh utama pada cerita

Setiap dua kali seminggu, aku dan beberapa temanku menumpang belajar di kantor desa. Di sana ada internet gratis. Aku juga boleh meminjam komputer di sana untuk belajar. Selama belajar, kami tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami memakai masker dan menjaga jarak. Belajar bersama teman lebih baik daripada belajar sendiri. Aku berharap sekolahku bisa segera dibuka agar bisa bertemu Bu Guru dan teman-teman lainnya.
Galih
Siswa Kelas 5
Temanggung Jateng

Aku anak kedua dari tiga orang bersaudara. Semuanya bersekolah. Saat BDR di pagi hari kami harus bergiliran memakai satu laptop di rumah. Sisanya memakai ponsel. Kakakku yang SMA paling sering menggunakan laptop. Menurutku itu tidak adil. Aku kan jadi kerepotan jika ada tugas dari guru. Akhirnya, Bapak membuatkan kami jadwal pemakaian laptop. Mudah-mudahan Bapakku mendapatkan rezeki untuk membeli laptop tambahan untuk belajar.
Iin
Siswa Kelas 5
Bogor Jabar

Bila kita simak berbagai pengalaman belajar daring teman-teman kita di berbagai wilayah Indonesia tersebut, kita seharusnya dapat menjadikannya motivasi untuk selalu bersemangat dalam melakukan kegiatan belajar daring ini. Selamat belajar!

Kosa Kata Baru

Berikut adalah makna kosakata dari teks “Pengalaman Belajar Daring”. Pahami maknanya lalu baca kembali teks di atas.

  1. daring : dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya
  2. perkakas : segala yang dapat dipakai sebagai alat
  3. laptop : komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna
  4. ponsel : telepon seluler
  5. internet : jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia

Jawablah pertanyaan berikut ini.

Menurut isi teks “Pengalaman Belajar Daring”, setiap peserta didik memiliki tantangan tersendiri dalam BDR. Apakah tantangan yang dihadapi setiap peserta didik dan bagaimana solusinya?

Jawaban : 

Jurnal Menulis

Baca Juga :  Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 73 Lembar Aktivitas 3

Apa saja tantangan dalam belajar yang pernah kalian alami? Bagaimana kalian mengatasinya?

Jawaban :

Selama pembelajaran daring saya mengalami kesulitan untuk konsentrasi dalam belajar dari rumah dan mengeluhkan banyaknya penugasan soal dari guru. Ayah dan ibu mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran saat mendampingi belajar di rumah.

Cara mengatasi tantangan belajar daring tersebut saya berusaha lebih efektif menggunakan waktu. Waktu bermain saya gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru. Ketika ayah dan ibu mengalami kesulitan memahami pelajaran saat mendampingi saya akan bertanya kepada kakak-kakak kelas yang rumahnya tidak jauh dari rumahku.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 101 Pengalaman Belajar Daring. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.