Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 10 Mengamati Fotosintesis Apa yang Terlihat Pada Daun

Mengamati Fotosintesis

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 10 Mengamati Fotosintesis Apa yang Terlihat Pada Daun. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

Manusia dan hewan akan mencari makanan jika merasakan lapar. Hewan akan bergerak mencari mangsa. Manusia akan memasak atau pergi membeli kebutuhannya. Lalu, bagaimana dengan tumbuhan? Makhluk hidup ini tidak berpindah-pindah tempat seperti kita. Tidak juga memiliki mulut. Namun, sama seperti semua makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga membutuhkan makanan. Caranya melalui proses fotosintesis. Yuk, kita pelajari proses ini bersama.

Mengamati Fotosintesis

Alat dan bahan:
1. gelas atau mangkok bening 1 buah;
2. daun segar 1 lembar;
3. air.

Cara Kerja:
1. Petiklah 1 lembar daun segar yang ada di sekitar halaman sekolah kalian.
2. Simpanlah daun segar ke dalam gelas bening.
3. Isi gelas dengan air sampai daun terendam.
4. Simpan gelas di bawah sinar matahari.
5. Diamkan selama 15-30 menit.
6. Diskusikanlah pertanyaan berikut setelah kalian selesai melakukan percobaan.

a. Apa yang terlihat pada daun?

Jawaban : Yang terjadi pada daun ialah daun yang berada di gelas bening terlihat adanya gelembung-gelembung udara.

b. Apa kaitan percobaan ini dengan proses fotosintesis?

Jawaban : Kaitannya yaitu, daun yang terendam air di dalam gelas bening menunjukkan adanya proses fotosisntesis. Pada percobaan tersebut, daun segar melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari dan menghasilkan oksigen.

 

Baca Juga :  Jawaban Topik 9 Modul 3 Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi

Demikian Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 10 Mengamati Fotosintesis Apa yang Terlihat Pada Daun

Nah itulah pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 10 Mengamati Fotosintesis Apa yang Terlihat Pada Daun. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

 

You May Also Like

About the Author: Fike