Penjelasan Mesin Jumlah Tangan dan Mesin Jumlah Listrik

Wacaberita.com – Penjelasan Mesin Jumlah Tangan dan Mesin Jumlah Listrik. Dari buku Penjualan BAB II Menyiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan, Mempersiapkan dan Mengoprasikan Alat Hitung SMK Halaman 80-83 Penjelasan Mesin Jumlah Tangan dan Mesin Jumlah Listrik serta Bagian-bagian dari Mesin Jumlah Listrik dan Mengopetrasikan Mesin Jumlah Listrik.

Kemajuan teknologi dalam era modern telah secara signifikan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk industri manufaktur dan produksi. Mesin-mesin kini menjadi tulang punggung produksi, yang mempercepat proses dan meningkatkan efisiensi di sektor ini. Dua jenis mesin yang umum digunakan dalam industri ini adalah Mesin Jumlah Tangan dan Mesin Jumlah Listrik. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan produksi, perbedaan mendasar terletak pada cara kerja dan aplikasinya. Dalam pembahasan ini, kami akan lebih lanjut membahas perbedaan dan keunggulan dari Mesin Jumlah Tangan dan Mesin Jumlah Listrik serta kontribusi keduanya pada kemajuan industri di era modern ini.

1. Mesin jumlah tangan

Mesin ini dari jenis “berkunci sepuluh“ dapat mencetak dan berkapa sitas 12 angka anda dapat menjumlah,mengurangi dan mengalikan serta dapat memperoleh jumlah negatif (jumlah kredit) dilengkapi dengan kunci spasi mundur (back spacer)

Cara kerja mesin jumlah tangan ini sebagai berikut:

  • Angka-angka yang dihitung ditekan lewat tuts angka selanjutnya digerakkan oleh engkol.
  • Tekanan tiap tuts angka dan tarikan engkol akan menggerakkan balok angka kemudian balok angka memukul pita yang bertinta.
  • Dibawah pita terdapat roll kertas sehingga setiap tuts yang ditekan diikuti denga tarikan engkolmenggerakkan balok angka.
Baca Juga :  Cara Mengetahui Budaya Mitra Bisnis dengan Tujuan Memperlancar Hubungan dan Negosiasi Bisnis

2. Mesin Jumlah listrik

Mesin jumlah listrik bekerja secara mekanis dengan tenaga listrik rumah tangga. Kapasitas angka adalah 12 digit dapat mencetak dan berkunci sepuluh (Ten keys board electric adding listing mechine).

Mesin Jumlah listrik

Bagian-bagian dari Mesin Jumlah Listrik

Mesin jumlah listrik terdiri dari badan mesin dengan mekkanisme di dalamnya, papan kunci dan bagian pencetakan. Bagian pencetakan terdiri dari bagian-bagian yang sama seperti pada bagian pencetakan mesin hitung mencetak yang lain.

Bagian-bagian penting yang perlu anda ketahui:

Bagian-bagian dari Mesin Jumlah Listrik Bagian-bagian dari Mesin Jumlah Listrik

Mengopetrasikan Mesin Jumlah Listrik

1. Jenis operasi:

Untuk mengoperasikan mesin jumlah listrik ini steker anda masukkan terlebih dahulu ke dalam stopkontak. Dengan demikian mesin sudah ada hubungan dengan aliran listrik dan anda tidak perlu menekan atau memutar tombol untuk “menghidupkan” mesin (on off switch).

Jenis-jenis Operasi pada mesin jumlah listrik seperti pada mesin jumlah tangan :

– menetralkan mesin: menekan kunci total (*).

– Menyiapkan angka-angka:menekan kunci angka-angka bilangan yang akan dihitung. Tiap kali anda menekan suatu kunci angka, jarum di dalam indikator bergeser satu tempat ke kiri.

– Menambah:setelah angka-angka bilangan yang akan disiapkan, anda menekan kunci tambah (+) angka-angka akan tercetak pada #

– Mengurangkan:setelahangka-angka bilangan yang aka dikurangkan disiapkan, anda menekan kunci kurang (-) angka-angka tercetak dengan tanda kurang di belakangnya

Menjumlah bagian : untuk memperoleh dari bilangan-bilangan yang sudah dimasukkan ke dalam mesin (menambah atau mengurangi), anda tekan kunci subtotal ( ). Jumlah bagian akan tercetak pada kertas dengan tanda “ “ di belakangnya. Mesin tidak netral dan anda dapat meneruskan dengan menambahkan atau mengurangkan bilangan-bilangan berikutnya

– Menjumlahkan: untuk memperoleh jumlah akhir (total), anda tekan kunci total (*). Setelah tindakan ini mesin netral

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 39 dan 40 Teks Fiksi dan Nonfiksi

– Mengoreksi : membetulkan kesalahan.

= angka-angka salah disiapkan, anda koreksi dengan jalan menekan kunci koreksi (C). Anda lihat jarum di dalam indikator meloncat ke kanan.

= bilangan yang salah anda tambahkan anda koreksi dengan jalan mengurangkan bilangan yang salah tersebut (hasilnya nol) kemudian anda kurangkan bilangan yang betul

= koreksi anda lakukan pula tiap-tiap kali setelah anda menggunakan kunci pengulang (R)

– Menambahkan beberapa bilangan yang sama:

Setelah angka-angka bilangan yang sama //-0 tersebut anda siapkan, anda kunci pengulang (R) dan sambil menekan terus kunci R, anda tekan (dan lepas lagi) kunci tambah (+)sekian kali sama banyaknya dengan bilangan yang sama tersebut sebelum meneruskan dengan menambahkan atau mengurangkan bilangan berkutnya, anda tekan lebih dahulu kunci koreksi (C).

– Mengurangkan beberapa bilangan yang sama:

Setelah angka-angka bilangan yang sama tersebut anda siapkan, anda tekan kunci pengulang (R) dan sambil menekan terus kunci R ini, anda tekan (dan lepas lagi) kunci kurang(-)sekian kali sebanyak bilangan yang sama yang dikurangkan tersebut.

Sebelum meneruskan dengan menambahkan atau mengurangkan bilangan berikutnya anda tekan terlebih dahulu kunci R.

– Mengalikan: setelah bilangan yang dikalikan anda siapkan, anda tekan kunci R, dan sambil menekan terus kunci R, anda tekan (dan lepas lagi) kunci+ , sekian kali sama banyaknya dengan pengalinya.

Untuk memperoleh hasil kalinya anda tekan kunci total (*).

Perhatikan: Tiap-tiap langkah operasional pada mesin anda harus lakukan satu demi satu.