Teknologi untuk Kehidupan

Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 97 Apakah teknologi harus menggunakan listrik

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 97 Apakah teknologi harus menggunakan listrik. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Topik C: Teknologi untuk Kehidupan

Pertanyaan Esensial
1. Apa itu teknologi?
2. Bagaimana teknologi membantu kehidupan kita?
3. Bagaimana listrik berperan dalam perkembangan teknologi?

Perangkat teknologi apa sajakah yang terdapat pada gambar di atas? Lalu, apakah kalian pernah merasakan sulitnya beraktivitas di malam hari karena tidak ada penerangan (lampu)? Atau, merasakan lelahnya berjalan kaki ke tempat yang jauh karena tidak memiliki kendaraan bermotor?

Lampu, listrik, kendaraan bermotor, telepon genggam, dan semua peralatan yang kalian gunakan untuk memudahkan menjalani aktivitas sehari-hari merupakan contoh dari peralatan yang menggunakan teknologi.

Apa itu teknologi? Sederhananya, teknologi adalah penerapan dari ilmu pengetahuan yang membantu kita menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Britannica, 2020). Contohnya, ketika malam tiba, keadaan di sekitar kita menjadi gelap. Oleh karena itu, para ilmuwan menciptakan teknologi lampu sehingga pada saat malam hari menjadi terang.

Ketika kita sulit melakukan perjalanan jauh, ilmuwan menciptakan kendaraan bermotor agar kita bisa melakukan perjalanan jauh tanpa kelelahan. Dahulu, kita sulit berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya berjauhan. Kemudian, para ilmuwan menciptakan teknologi komunikasi sehingga terciptalah telepon genggam. Dengan teknologi tersebut, kita bisa berbicara dengan orang lain secara langsung meskipun saling berjauhan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 58 Siapa yang mendapatkan energi paling banyak

Jadi, berbagai teknologi tersebut bisa membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian sudah menggunakan teknologi untuk melakukan aktivitas sehari-hari? Yuk, kita berkenalan dengan teknologi di sekitar kita.

Mari Mencoba

Teknologi di Sekitar Kita

1. Amati dan cari benda-benda di sekitar sekolah yang menurut kalian menggunakan teknologi pada saat membuatnya.

2. Cari tahu apakah benda-benda tersebut menggunakan listrik agar dapat berfungsi dengan baik. (Petunjuk: Kalian bisa mengetahui apakah benda itu membutuhkan listrik agar dapat berfungsi dengan cara melihat apakah benda tersebut memerlukan baterai atau kabel.)

3. Tuliskan benda-benda yang kalian temukan pada lembar kerja tersebut sesuai dengan arahan dari guru.

4. Kemudian, pikirkan kegunaan dari benda tersebut dan tuliskan jawabannya dalam lembar kerja.

Mari Refleksikan

1. Apakah teknologi harus menggunakan listrik?

Jawaban :

Tidak harus. Ada teknologi-teknologi yang tidak memerlukan listrik agar berfungsi. Contohnya gunting, penggaris, pensil, papan tulis, dan sebagainya.

2. Apakah setiap teknologi pasti membantu manusia menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban :

Ya, teknologi sangat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Seperti ketika kita sulit melakukan perjalanan jauh, ilmuwan menciptakan kendaraan bermotor agar kita bisa melakukan perjalanan jauh tanpa kelelahan. Ketika malam tiba, keadaan di sekitar kita menjadi gelap. Oleh karena itu, para ilmuwan menciptakan teknologi lampu sehingga pada saat malam hari menjadi terang.

3. Apa jadinya jika kalian tidak lagi dapat menggunakan benda-benda berteknologi?

Jawaban :

Apabila tidak menggunakan  benda-benda berteknologi kehidupan manusia akan menjadi terhambat. 

4. Jadi, apa pengertian teknologi menurut kalian?

Jawaban :

Teknologi adalah penerapan dari ilmu pengetahuan yang membantu kita menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 92 dan 93 Wawancara Dengan Salah Seorang Pengusaha di Kota Kalian

Belajar Lebih Lanjut

Cerita tentang Teknologi

Dalam bentuk yang paling sederhana, teknologi telah diterapkan sejak 3,3 juta tahun yang lalu. Manusia purba menggunakan batu yang tajam sebagai alat untuk memotong dan batu yang tumpul sebagai palu. Seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengembangkan teknologi untuk berbagai keperluan. Tidak hanya untuk berburu dan mencari makan, namun juga untuk bercocok tanam (menghasilkan makanan), membuat peralatan dari besi, berlayar, dan menjelajah lautan manusia menciptakan alat-alat, seperti kincir angin, kompas, jam mekanik, dan mesin cetak.

Perkembangan teknologi semakin pesat ketika James Watt, seorang berkebangsaan Skotlandia menciptakan mesin uap untuk pertama kalinya di tahun 1765. Ia berhasil memanfaatkan uap bertekanan untuk menggerakkan mesin. Temuannya ini menjadi cikal bakal lahirnya revolusi industri 2.0 yang mengubah dunia. Teknologi yang ditemukan James Watt memicu penciptaan dan penggunaan mesin untuk keperluan industri maupun transportasi, seperti kereta api, kapal bertenaga uap, dan mobil.

Bentuk teknologi lainnya yang mengubah kehidupan di dunia, yaitu penggunaan energi listrik untuk penerangan yang dicetuskan oleh Thomas Edison pada tahun 1879 (Britannica, 2020). Tiga tahun setelahnya, Edison membangun pembangkit listrik untuk pertama kalinya dan hal ini memicu produksi listrik dalam skala besar. Perkembangan teknologi menjadi semakin pesat setelahnya. Banyak temuan baru yang ditemukan, seperti kendaraan.

Dalam bidang telekomunikasi, di tahun 1844 untuk pertama kalinya ditemukan mesin telegraf. Penemuan terus berlanjut hingga di tahun 1876 ditemukan telepon oleh Alexander Graham Bell, radio di tahun 1901 oleh Guglielmo Marconi, dan televisi 16 tahun setelahnya oleh Philo T. Fransworth.

Mulai tahun 1900-an, perkembangan teknologi di berbagai bidang berkembang dengan sangat pesat. Apalagi sejak diciptakannya komputer di tahun 1937 dan elektronika modern di tahun 1947. Adanya teknologi teknologi ini memicu munculnya banyak teknologi baru di bidang perikanan, pertanian, kelautan, kehutanan, industri manufaktur, industri pangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Kunci Ayo Berlatih halaman 88 89 90 91 92 93 94 95 96 IPA SMA Kelas 10

Berkat peran para ilmuwan, kita bisa menikmati kehidupan yang penuh dengan teknologi seperti saat ini. Dahulu, jika kita ingin melakukan perjalanan yang sangat jauh, kita membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berbulan bulan. Dengan adanya teknologi transportasi, kini kita bisa bepergian jauh menggunakan pesawat hanya dalam beberapa jam saja.

Adanya teknologi di masa kini juga membantu kita berkomunikasi dengan orang lain yang berjauhan dengan sangat mudah. Cukup menggunakan ponsel pintar, kita bisa menghubungi siapapun dan di manapun tanpa kesulitan.

Teknologi masa kini juga banyak membantu para petani, nelayan, dan pedagang untuk memudahkan pengelolaan dan meningkatkan penjualan. Teknologi di bidang pertanian berhasil menciptakan bibit-bibit tanaman yang unggul. Teknologi di bidang kelautan membantu para nelayan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melaut. Di bidang perdagangan, pedagang yang ada di desa dapat menjual barangnya di kota-kota besar dengan sangat mudah.

Teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Adanya teknologi akan membantu kita menjalani kehidupan dan menyelesaikan setiap permasalahan yang kita hadapi. Oleh karena itu, sebagai generasi muda kita perlu terus-menerus belajar agar kelak bisa turut mengembangkan teknologi dan meningkatkan taraf hidup orang-orang di sekitar kita.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 97 Apakah teknologi harus menggunakan listrik. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.