Kunci Pengayaan halaman 124 Penerapan LTJ dan Nanoteknologi di Berbagai Bidang IPA SMA Kelas 10

WacaBerita.com – Kunci Pengayaan halaman 124 Penerapan LTJ dan Nanoteknologi di Berbagai Bidang IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka  – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Pengayaan halaman 124 Penerapan LTJ dan Nanoteknologi di Berbagai Bidang IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Pengayaan halaman 124 Penerapan LTJ dan Nanoteknologi di Berbagai Bidang IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

PENGAYAAN

SOAL 1

Kunci Pengayaan halaman 124 Penerapan LTJ dan Nanoteknologi di Berbagai Bidang IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Logam tanah jarang baru-baru ini mendapatkan perhatian basar dari para ilmuwan di dunia. Gambar 5.7 menampilkan penerapan logam tanah jarang di berbagai bidang. Pilihlah salah satu bidang lalu carilah berbagai sumber informasi terkait bidang itu. Analisislah sumber informasi tersebut kemudian buatlah ringkasan dengan kalimat yang Kalian susun sendiri. Kemukakan hasilnya secara lisan di depan kelas..

Jawaban:

a. Industri Katalis

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 1 Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Struktur elektron tanah jarang membuatnya berguna sebagai katalis (akselerator) perengkahan minyak bumi dan katalis otomatis menggunakan lantanum dan serium yang terdapat di Logam Tanah Jarang.

Kedua logam tersebut jauh lebih berlimpah dan dijual dengan harga yang jauh lebih rendah. Cerium digunakan dalam catalytic converter pada mobil bertenaga bensin. Unsur ini dengan mudah menangkap dan melepaskan oksigen, membuatnya berguna untuk mengubah karbon monoksida (CO) beracun menjadi karbon dioksida (CO2) tidak beracun melalui oksidasi.

Sedangkan lantanum umumnya digunakan dalam perengkahan katalitik cairan, proses pemurnian minyak mentah menjadi hidrokarbon berguna tertentu seperti bensin.

b. Industri Elektronik

Kebanyakan penggunaan logam tanah jarang di sektor ini dipakai pada Display Fosfor (CRT, PDP, LCD), Medical imaging fosfor, Lasers, Fiber optics, Optical suhus sensors dan barang semikonduktor.

Pada produk Display fosfor (LCD, Plasma, LED) LTJ yang digunakan adalah europium (eu), erbium (Tb) dan yttrium (Yb). Sebagian besar lampu hemat energi dan panel display (LCD, Plasma, LED) membutuhkan logam tanah jarang sebagai fosfor.

LTJ juga bisa digunakan sebagai baterai terutama yang jenis rechargeable battery seperti baterai nickel-metal hydride atau NiMH battery. Campuran paduan logam tanah jarang digunakan sebagai anoda pada baterai NiMH (sekitar 26% dari berat baterai).

Kandungan LTJ berupa Nd:YAG dijadikan laser dan erbium yang merupakan kandungan penting ada pada serat optik dan membantu amplifikasi serat optik untuk transmisi jarak jauh. Sedangkan LTJ yttrium digunakan untuk pengindera suhu optik. Dan hafnium serta tantalum digunakan di barang barang semikonduktor yang dipergunakan di produk-produk smartphone dan komputer tablet karena tidak terpengaruh dengan nilai suhu apapun.

Soal 2

Cermatilah video berjudul “Berkenalan dengan Ilmuwan Nanoteknologi Indonesia yang Punya Sederet Hak Paten” pada link berikut.

Berdasarkan video tersebut, buatlah opini tentang ide apa saja yang bisa Kalian munculkan terhadap pemanfaatan nanoteknologi bagi kesejahteraan manusia?.

Jawaban:

Nano technology semakin banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat teknologi mutakhir ini bagi kehidupan manusia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 176 Mengapa kalian memiliki kebutuhan

Bidang lingkungan

Teknologi nano membantu menciptakan baterai yang dapat menyimpan lebih banyak energi untuk mobil listrik serta penciptaan panel surya yang dapat mengubah lebih banyak sinar matahari menjadi listrik. Ini merupakan perkembangan terbaru dalam mengatasi perubahan iklim yang terjadi dengan teknologi yang lebih efisien dan optimal.

Bidang pertanian

Dalam ilmu pangan, penggunaan teknologi nano berpotensi memperpanjang umur buah dan sayuran. Hal ini dicapai dengan memasukkan nanopartikel ke dalam makanan yang bekerja sebagai agen anti-bakteri dan hasilnya buah dan sayuran akan bertahan lebih lama.

Demikian materi Kunci Pengayaan halaman 124 Penerapan LTJ dan Nanoteknologi di Berbagai Bidang IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka  yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: