Kunci Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA Kelas 10

Kunci Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

WacaBerita.com – Kunci Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka  – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

LATIHAN SOAL TERPADU

SOAL B

Soal 1

Berikut adalah ringkasan artikel yang berjudul “Inactivation of Viruses on Surfaces by Ultraviolet Germicidal Irradiation” yang ditulis oleh Chun-Chieh Tseng dan Chih-San Li.

Iradiasi kuman ultraviolet (UVGI) adalah metode yang menjanjikan untuk menonaktifkan virus. Studi ini mengevaluasi efektivitas UVGI untuk virus pada permukaan medium berbasis gelatin dalam ruang paparan UV. Pengaruh dosis UV, jenis asam nukleat virus dan kelembaban relatif terhadap keaktifan virus diteliti. Dari keempat virus yang diuji, dosis UV 99% mengurangi virus 2 kali lebih tinggi daripada dosis UV 90%. Virus pada permukaan dengan asam nukleat beruntai tunggal lebih rentan terhadap inaktivasi UV dibandingkan virus dengan asam nukleat untai ganda. Untuk dosis UV pada 85% kelembaban relatif (RH) dapat mengurangi virus lebih tinggi dibandingkan pada kelembapan relatif 55% . Singkatnya, hasil menunjukkan bahwa UVGI adalah metode yang efektif untuk inaktivasi virus pada permukaan. Setelah penyinaran UV, urutan DNA mikroorganisme dapat membentuk dimer pirimidin, yang dapat mengganggu duplikasi DNA, serta menyebabkan kerusakan asam nukleat dan membuat virus tidak menginfeksi.

Baca Juga :  Materi Sistem Reproduksi Manusia IPA Kelas 9 SMP/MTs

Artikel lengkap dapat Kalian baca pada link https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7196698/Tseng, Chun-Chieh & Li, Chih-San. (2007). “Inactivation of Viruses on Surfaces by Ultraviolet Germicidal Irradiation”. J Occup Environ Hyg. 4(6): 400-405. Inactivation of Viruses on Surfaces by Ultraviolet Germicidal Irradiation”

Berdasarkan ringkasan artikel tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

 a. Pada gambar dibawah ini, lingkarilah bagian virus corona manakah yang mengalami kerusakan akibat sinar UV?

Kunci Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Jawaban:

B

B adalah asam nukleat virus corona

b. Analisislah tahapan mana dalam replikasi yang terganggu akibat rusaknya struktur tersebut? Berikan Alasan Kalian!

Jawaban:                           

Analisislah tahapan mana dalam replikasi yang terganggu akibat rusaknya struktur tersebut? Berikan Alasan Kalian!

Alasan: UV merusak struktur asam nukleat sehingga asam nukleat virus mengalami gangguan dan tidak bisa melanjutkan tahap sintesis bagian-bagian virus, begitu pula tahapan perakitan dan lisis.

 

c. Jika Kalian ingin melakukan penelitian untuk menguji efektifitas lamanya penyinaran UV terhadap rusaknya struktur virus corona, maka identifikasilah pernyataan yang benar dan salah tentang percobaan yang Kalian lakukan!

Jika Kalian ingin melakukan penelitian untuk menguji efektifitas lamanya penyinaran UV terhadap rusaknya struktur virus corona, maka identifikasilah pernyataan yang benar dan salah tentang percobaan yang Kalian lakukan!

Berikan alasan kenapa jawabannya benar atau salah!

Jawaban:

Pernyataan:

• Varibel terikat dalam penelitian ini adalah lamanya penyinaran UV. Jawaban: Benar

• Akan dilakukan perbandingan jumlah virus yang rusak pada kelompok virus yang diberi penyinaran 10 menit dengan kelompok virus yang diberi penyinaran 30 menit. Jawaban: Benar

• Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar menentukan lamanya penyinaran UV untuk merusak virus corona. Jawaban: Benar

Alasan: Dengan judul penelitian seperti itu, maka variabel terikatnya adalah lamanya penyinaran UV. Dalam pelaksanaanya akan dilakukan perbandingan jumlah virus yang rusak pada kelompok virus yang diberi penyinaran 10 menit dengan kelompok virus yang diberi penyinaran 30 menit. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar.

Demikian materi Kunci Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 32 Apa yang membedakan pot A dan pot B dalam percobaan Aga

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski