Jawaban Latihan Pemahaman Topik 6 Modul 1 Memahami Murid
Jawaban Latihan Pemahaman Topik 6 Modul 1 Memahami Murid

Latihan Pemahaman Topik 6 Modul 1 Memahami Murid

Table of Contents

Wacaberita.comJawaban Latihan Pemahaman Topik 6 Modul 1 Memahami Murid – Halo rekan-rekan guru, kali ini kami akan membagikan materi seputar pemanfaatan platform merdeka mengajar pada fitur pelatihan mandiri. Dalam fitur ini, para guru dituntut untuk memahami serangkaian materi melalui topik dan modul di mana di dalamnya terdapat materi modul berupa video/pdf, latihan pemahaman, refleksi, serta post test, dan diakhiri dengan mengerjakan aksi nyata.

Materi yang akan kami bagikan adalah jawaban latihan pemahaman pada Topik 6 Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/ Paket A Modul 1 Memahami Murid. Latihan pemahaman ini dikerjakan setelah Sobat guru menyaksikan materi modul yang ditampilkan melalui video maupun harus didownload dulu dalam bentuk pdf. Mari langsung saja kita simak jawabannya di bawah ini.

Jawaban Latihan Pemahaman Topik 6 Modul 1 Memahami Murid

Jawaban Latihan Pemahaman Pemetaan Murid

1. Kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini. Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

2. Pemetaan murid dapat dilakukan contohnya berdasarkan pengetahuan awal dan minat. Pernyataan di atas adalah….

a. Benar

b. Salah

Jawaban Cerita Reflektif Pemetaan Murid

Ibu dan Bapak Guru, yuk kita lihat kembali keadaan kelas kita! Apakah ada murid yang mempunyai kesulitan dalam belajar? Keadaan seperti apa yang ditampilkan murid? (suka melamun/telat merespon/tidak tuntas mengerjakan tugas dst)?

Contoh Jawaban:

Ya, terdapat beberapa murid di kelas saya yang mempunyai kesulitan belajar. Keadaan tersebut dapat diamati dari kebiasaan murid yang telat merespon pertanyaan, juga tidak tuntas dalam mengerjakan tugas hingga ulangan.

Jawaban Latihan Pemahaman Identifikasi Kebutuhan Murid

1. Apa cara yang dapat kita lakukan untuk memvalidasi ragam bahasa yang digunakan sehari-hari oleh murid?

a. Memperhatikan bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari

Baca Juga :  Kunci Aktivitas 5.4 halaman 119 IPA SMA Kelas 10

b. Membuat tulisan bebas

c. Menganalisis topik belajar

d. Melakukan pre-asesmen

2. Cara mengajarkan membaca pada murid kelas awal adalah dengan langsung menyebutkan nama huruf dan tanpa konteks. Pernyataan di atas adalah….

a. Benar

b. Salah

Jawaban Cerita Reflektif Identifikasi Kebutuhan Murid

Untuk mengidentifikasi kebutuhan kognitif murid, strategi apa yang ingin Anda lakukan?

Contoh Jawaban:

Strategi yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi kebutuhan kognitif murid adalah mempelajari pemahaman siswa mengenai lingkungan di sekitarnya dan kemudian memindai kebutuhan informasi dan pengetahuan apa yang kurang dari siswa tersebut.

Jawaban Latihan Pemahaman Menyelaraskan Kebutuhan Murid dengan Tujuan Pembelajaran SD

1. Menurut Marcie Nordlund, kita dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi dengan melakukan modifikasi pada ketiga hal ini, kecuali…

a. Cara berbicara di kelas

b. Proses

c. Produk Akhir

d. Konten

2. Fungsi asesmen awal pembelajaran adalah untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan dan potensi murid. Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban Cerita Reflektif Menyelaraskan Kebutuhan Murid dengan Tujuan Pembelajaran SD

Setelah mempelajari materi ini, strategi yang akan saya lakukan untuk menyelaraskan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran adalah…

Contoh Jawaban:

Memperbanyak pembelajaran dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari terutama pada lingkungan sekitar.

Jawaban Latihan Pemahaman Manajemen Kelas

1. Berikut adalah ragam strategi manajemen kelas campuran yang benar, kecuali…

a. adanya pelibatan murid.

b. melakukan pengelompokkan murid.

c. melakukan umpan balik secara langsung.

d. menetapkan bahan belajar harus yang diberikan oleh guru.

2. Dalam pengaturan manajemen kelas yang efektif, kita tidak perlu melibatkan murid dalam prosesnya. Pernyataan di atas adalah…..

a. Benar

b. Salah

Jawaban Cerita Reflektif Manajemen Kelas

Setelah mempelajari materi ini, praktik manajemen kelas seperti apa yang ingin Anda rubah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas?

Contoh Jawaban:

Praktik manajemen kelas yang ingin saya rubah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran adalah mengembangkan pembelajaran yang lebih berpusat kepada murid (student centered) dan melaksanakan asesmen yang sesuai dengan kondisi murid.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 133 dan 134 Menulis Angka dan Bilangan

Demikian artikel Jawaban Latihan Pemahaman Topik 6 Modul 1 Memahami Murid yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca semua. Informasi yang kami bagikan bukan mutlak sebuah kebenaran, sehingga terbuka bagi kami untuk menerima koreksi, kritik serta saran dari Anda semua. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat semua, terima kasih telah mengunjungi website ini.

Pencarian Populer : latihan pemahaman memahami murid