Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya – Tanaman Buah Jambu Air yang kamu tanam rontok? Mungkin ada beberapa penyebab yang membuat tanaman buah kamu rontok sob. Memang kita sering menjumpai tanaman buah jambu air yang berbunga hingga berbuah lebat. Namun pada saat jambu air berkembang matang, ternyata tanaman jambu air tersebut pupus karena buah jambu air rontok sebelum matang.

Ada beberapa alasan atau beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Salah satunya bisa jadi disebabkan karena kurangnya asupan air pada tanah. Sehingga sehingga tekstur tanah menjadi kering dan pasokan air yang diserap akar tidak maksimal. Hal ini bisa saja menyebabkan sehingga mengakibatkan bunga jambu air mudah rontok dan tidak menjadi buah ataupun buah juga rontok sebelum masak.

Seperti yang kita ketahui, jenis atau varietas dari Buah jambu air sangat banyak. Dan pada masing masing jenis memiliki bentuk, warna, rasa dan karakteristik tersendiri. Walaupun begitu, dalam masa pertumbuhan dan berbunga, kebanyakan buah memiliki kesamaan. Hal ini juga berarti memiliki permasalahan yang hampir sama dalam budidaya jambu air seperti rontok bunga , rontok buah , sampai dengan serangan hama penyakit.

Kali ini waca berita akan memberikan informasi mengenai Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya. Jika sobat waca berita ternyara mengalami masalah yang sama pada saat membudidayakan buah jambu air, ataupun baru akan memulai membudidayakan jambu air. Ada baiknya sobat mengenal seluk beluk buah jambu air terlebih dahulu, sehingga sobat waca berita bisa mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mengalami rontok buah pada jambu air. Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi rontoh buah pada jambu air, yuk kita mengenal terleih dahulu Penyebab Buah Jambu Air Rontok.

Baca Juga :  Biodata Soepeno

Penyebab Buah Jambu Air Rontok

Seperti yang disebutkan diatas, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini sob, diantaranya adalah

Pemilihan Bibit

Salah satu penyebab buah jambu air rontok bisa saja dikarenakan pada waktu pemilihan bibit, sobat waca berita tidak memilih tanaman yang berkualitas dan unggul. Oleh karenanya sebelum menanam pastikan bibit yang sobat pilih adalah bibit yang unggul, sehigga sifatnya akan juga bagus ketika berada pada proses pertumbuhan sampai dengan masa panen.

Kekurangan Air

Penyebab buah jambu sering rontok juga bisa disebabkan karena lingkungan atau tanah yang kering. Salah satu penyebabnya adalah sobat waca berita kurang memperhatikan hal ini. Atau juga bisa disebabkan karena kondisi tanah kering yang disebabkan kemarau panjang. Yang perlu diperhatikan adalah, pada saat tanaman jambu air mulai berbunga , maka kebutuhan air akan cenderung lebih banyak. Sehingga, jika tanah di sekitar pohon jambu kering , maka akan mengakibatkan buah rontok sebelum masak.

Kekurangan Nutrisi

Penyebab jambu air sering rontok dan tidak pernah jadi buah yang masak juga bisa disebabkan karena kekurangan  nutrisi. Kandungan nutrisi, khususnya hara fosfat (P) dan kalium (potassium = K) yang terbatas dalam tanah atau media tanam tabulampot menjadi faktor penyebab utama kerontokan bunga dan bakal buah atau buah yang sedang mengalami proses pembesaran. Jika kandungan kalium dalam tanah sangat terbatas, maka kerontokan buah akan menjadi lebih banyak. Kerontokan buah ini akan semakin parah jika pasokan air dari dalam tanah ke tanaman juga terbatas.

Hama Penyakit

Setelah proses persarian bunga, biasanya akan diikuti oleh pembentukan bakal buah yang akan berkembang menjadi buah sempurna. Namun tidak jarang pula bakal buah rontok karena terserang beberapa jenis hama maupun penyakit buah. Hama-hama ini umumnya menyerang pada saat pembentukan kelopak bunga hingga pembentukan bakal buah pasca persarian. Beberapa hama yang sering ditemui adalah ulat yang memakan bakal buah yang baru terbentuk. Terkadang juga ditemukan adanya hama penggerek berupa serangga yang menghisap cairan sel bakal buah yang baru terbentuk. Selain itu ada juga beragam jenis kutu penghisap cairan sel yang mengeluarkan sejenis madu yang disukai oleh semut.

Baca Juga :  Mengenal Vertikultur Susun dan Jenis Vertikultur Lainnya

Bagaimana Mencegah buah jambu air rontok?

Untuk mengatasi atau mencegah agar buag jambu air rontok , tentunya kamu harus melakukan perawatan khusus. Di antaranya adalah memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan, membasmi hama penyakit sampai dengan menjaga tanaman tidak kering. Berikut ini adalah beberapa cara selengkapnya untuk mencegah buah jambu air rontok

  1. Usahakan agar tanah di sekitar tanaman selalu gembur, hal ini dilakukan agar tanah tidak padat sehingga air tidak gampang   menggenang dan tidak merusak akar.
  2. Pastikan menyiram tanaman setidaknya sekali sehari. Atau lebih bagusnya adalah dua kali sehari yaitu pagi dan sore pada musim kemarau
  3. Usahakan untuk memberikan nutrisi yang cukup dengan melalukan pemupukan dengan pupuk untuk jambu air yang mengandung unsur N, P, dan K yang seimbang. Jadi jangan lupa pupuk supaya buah tidak rontok
  4. Cukup Kebutuhan Hara makro-mikro tanah dengan aplikasi pupuk organik

Demikianlah beberapa informasi mengenai Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya. Dengan mengetahui hal hal tersebut, kalian bisa mencegah terjadinya kerontokan buah yang terjadi pada tanaman buah jambu air kalian di rumah sob. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski