Biodata Gregory Goodwin Pincus Penemu Pil KB

Biodata Gregory Goodwin Pincus Penemu Pil KB

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Gregory Goodwin Pincus seorang penemu pil KB. Penasaran ingin tahu tentang penemu pil KB, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Gregory Goodwin Pincus :

  • Lahir : 9 April 1903, Woodbine, New Jersey, AS 
  • Meninggal :  22 Agustus 1967 (umur 64) Boston, Massachusetts, Amerika Serikat 
  • Kewarganegaraan : Amerika Serikat 
  • Lembaga : Harvard University, Worcester Foundation for Experimental Biology 
  • Alma mater :  Cornell University Harvard University
  • Dikenal : Gabungan pil kontrasepsi oral
  • Orang tua : Elizabeth (née Lipman) dan Joseph Pincus
  • Pasangan : Elizabeth Notkin

 

Dr Gregory Goodwin Pincus adalah seorang ahli biologi, Endokrinolog dan peneliti asal Amerika yang ikut menemukan pil KB. Dia penulis lebih dari 250 kertas kerja ilmiah begitu juga sebuah buku The Conquest of Fertility, tentang penaklukan kesuburan, terbit tahun 1965.

Kehidupan awal

Gregory Pincus lahir pada tanggal 9 April 1903 di Woodbine, New Jersey, AS. Orang tuanya bernama Elizabeth (née Lipman) dan Joseph Pincus, berprofesi sebagai seorang guru pertanian.

Pincus lulus dari Cornell tahun 1924, dan memperoleh gelar doktor dari Harvard pada tahun 1927. Sesudah itu dia melibatkan diri dalam kerja penyelidikan di berbagai lembaga, termasuk di Harvard dan Cambridge dan menjadi profesor di Clark selama beberapa tahun.

Pada tahun 1944 Pincus membantu Worcester Foundation untuk penyelidikan biologi, dan bertahun-tahun sesudah itu dia memimpin laboratoriumnya.

Penelitian

Perkembangan pil KB baru dimulai sekitar tahun 1950. Margaret Sanger adalah seorang penganjur pembatasan kelahiran yang memberi dorongan moril kepada Pincus.  Dia memilih Gregory Pincus karena ahli dalam bidang “steroid metabolisme” dan juga direktur laboratorium Worcester Foundation for Experimental Biology di Shrewsbury, Massachusetts, laboratorium percobaan biologi.

Baca Juga :  Biodata Gerson Poyk, Sastrawan Indonesia

Pincus dibantu oleh Dr. Min-Chueh Chang, seorang penyelidik di Worcester Foundation, melakukan percobaan “progesteron” terhadap binatang-binatang laboratorium, untuk melihat apakah hal itu dapat menekan pembuahan meskipun ditelan lewat mulut.

Percobaan Chang ternyata berhasil. Ini betul-betul suatu awal yang memberi harapan, khusus dari sudut kenyataan bahwa beberapa tahun sebelumnya seorang ahli kimia bernama Russel Marker sudah menemukan cara untuk membuat “progesterone” sintetis yang lebih murah harganya.

Penyumbang pikiran lainnya adalah Dr. John Rock, seorang gyneacolog yang atas anjuran Pincus melakukan percobaan. Percobaan ini menunjukkan bahwa “progesterone” yang ditelan dapat mencegah pembuahan pada wanita.

Tetapi, penyelidikan Rock juga menimbulkan dua masalah akibat penggunaan “progesterone” sebagai kontrasepsi yang ditelan. Pertama, hanya menekan sekitar 85% pembuahan. Kedua, diperlukan dosis yang tak layak besarnya untuk mengatasi soal itu.

Pada Bulan Desember 1953 dia meminta ke berbagai perusahaan bahan kimia agar mengirim contoh “steroids” sintetis yang mereka produksi yang serupa secara kimiawi dengan “progesterone.” Salah satunya adalah “norethynodrel” buatan G.D. Searle dan ternyata efektif.

Sejak penyelidikannya tahun 1950, norethynodrel adalah bahan yang tak pernah di temukan oleh Pincus. Bahan ini sudah disintetiskan tahun 1952 oleh Dr. Frank B. Colton, seorang ahli biokimia yang bekerja di laboratorium Searle, dan kemudian mempatenkan atas namanya.

Tetapi, baik Colton ataupun para pengawasnya di G.D. Searle tidak bermaksud mencoba menciptakan alat kontrasepsi yang ditelan, bahkan tidak sadar bahwa mereka sebenarnya sudah berhasil membuatnya.

Menjelang tahun 1955 Pincus mulai melakukan percobaan pil secara besar-besaran. Percobaan dimulai bulan April tahun 1956, di kota San Yuan, Puerto Rico, di bawah pengawasan Dr. Edris Rice-Wray.

Baca Juga :  Biodata John Dalton Penemu dan Pencetus Teori Atom Modern

Dalam waktu sembilan bulan, percobaannya menunjukkan keberhasilan pil kontrasepsi yang ditelan. Tetapi, percobaan diteruskan lagi sampai tiga tahun sebelum dinas pengawasan makanan dan obat-obatan menyetujui pemasaran “Enovid” pada bulan Mei 1960.

Gregory Pincus tidak mengembangkan pil kontrasepsi sendirian. Frank Colton adalah orang yang sesungguhnya menciptakan “norethynodrel”. Begitu pula banyak orang yang bekerja bersama dalam kelompok Pincus, termasuk John Rock, Min-Chueh Chang, dan Dr. Celso-Ramon Garcia.

Gregory Pincus merupakan tokoh terpenting dan tenaga penggerak utama dari seluruh proyek ini. Dia seorang ilmuwan yang tidak pernah putus asa mengabdikan segenap waktu dan usahanya dalam perjuangan penyelidikan kontrasepsi lewat mulut.

Pincus adalah orang yang mempunyai kemampuan ilmiah dan pengorganisasian yang memungkinkan suksesnya proyek itu. dia mengajak orang-orang berbakat bekerja sama dalam proyeknya. Dia punya pandangan dan kepastian mendorong proyek hingga selesai, dan dialah seorang yang menerima penghargaan utama dari hasil kerja besar ini.

Penghargaan

Gregory Pincus telah menerima sejumlah penghargaan. Beberapa penghargaan ini termasuk Bird Prize Oliver pada tahun 1957, Julius A. Koch Award pada 1962, dan Achievement Award Ilmiah American Medical Association pada tahun 1967.

Kematian

Gregory Pincus menikah dengan Elizabeth Notkin pada tahun 1924 dan mereka mempunyai tiga anak. Pincus  meninggal pada tanggal 22 Agustus 1967 akibat metaplasia myeloid, penyakit darah yang langka, di Boston, Massachusetts saat berusia 64 tahun. Pemakaman Dr Pincus diadakan Jumat 25 Agustus 1967 di Temple Emanuel di Worcester, Massachusetts.

Penutup

Itulah biodata Gregory Goodwin Pincus seorang penemu pil KB. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski