Pohon Kacang Babi, Pestisida Alami

pohon kacang babi

Pohon Kacang Babi, Pestisida Alami – Sobat Waca berita terutama para pembudidaya tanaman perkebunan. Dalam upaya penangkalan hama, umumnya Sobat menggunakan bahan kimia (pestisida) sebagai sarana menangkal hama tanaman. Walaupun penggunaan bahan kimia tersebut mampu mengatasi serangan hama, ada baiknya kita mengusahakan penggunaan bahan alami, selain aman untuk tumbuhan serta ekosistem, juga aman untuk diri kita yang mengkonsumsi hasil budidaya dari tumbuhan tersebut.

Mengenal Pohon Kacang Babi

Sobat, Pohon kacang babi memiliki nama latin Tephrosia vogelii. Tumbuhan ini mempunyai warna polong yang kecoklat-coklatan dan berambut halus yang terlihat seperti kulit babi.

Mengutip dari wikipedia, Kacang babi adalah tumbuhan asli dari Afrika dan sudah tersebar ke daerah-daerah dengan iklim tropis maupun subtropis. Tingginya sekitar 0.5-4m, memiliki banyak cabang dan ranting, oleh karena itu tumbuhan ini dapat difungsikan sebagai tanaman yang menaungi dari sinar matahari. Cocok pula digunakan sebagai tanaman pembatas yang ditamam mengelilingi area kebun.

Tanaman kacang babi tumbuh dengan cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 3 bulan untuk menjadi tanaman dewasa. Di Jawa, kacang babi kerap ditanam di perkebunan coklat, kina dan kopi. Tumbuhan kacang babi mudah dibudidayakan di daerah dengan kondisi geografi yang beragam.

Kondisi ideal tumbuhan ini hidup adalah pada suhu antara 12-27ºC. Saat ini tumbuhan kacang babi telah menyebar luas di wilayah tropis dan subtropis dengan ketinggian 0-2.100 mtr. di atas permukaan laut, dengan curah hujan 850-2.700 mm /tahun.

Pembuatan pestisida alami dari tanaman kacang babi

Pohon Kacang babi dimanfaatkan sebagai pestisida alami karena memiliki kandungan berupa unsur seperti senyawa metabolit sekunder untuk menekan pertumbuhan dan perkembangan organisme pengganggu tanaman atau hama. Proses pembuatan pestisida alami dari tanaman kacang babi ternyata tidak rumit, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menumbuk halus daun kacang babi lalu memasukkannya ke dalam botol berisi air. Campuran tersebut dikocok lalu didiamkan selama 12 jam. Pada saatnya yang digunakan adalah airnya saja, sementara endapan pada bawah botol bisa dibuang.

Baca Juga :  Biodata Charles Goodyear Penemu Sisir Berbahan Karet

Demikian Informasi mengenai pohon kacang babi, pestisida alami. semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski