Biodata Cristopher Columbus Penemu Benua Amerika

Biodata Cristopher Columbus Penemu Benua Amerika

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Cristopher Columbus seorang penemu benua Amerika. Penasaran ingin tahu tentang penemu benua Amerika, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Cristopher Columbus :

Lahir :  30 Oktober 1451 Genova , Italia

Meninggal : 20 Mei 1506 Vallodid , Spanyol

Orang tua : Domenico Colombo (Ayah), Susanna Fontanarossa (Ibu)

Pasangan : Filipa Moniz Perestrelo ( 1479 )

Anak : Diego Columbus, Ferdinand Columbus

 

Christopher Columbus dikenal dunia sebagai penemu dari benua Amerika. Akan tetapi sebenarnya terdapat  banyak fakta yang membuktikan bahwa ia bukanlah orang pertama yang menemukan Benua Amerika itu. Meskipun begitu  kisah petualangannya sangat menarik untuk dipelajari.

Biografi

Christopher Columbus lahir pada tanggal 30 Oktober 1451 dan meninggal pada tanggal 20 Mei 1506. Columbus merupakan seorang penjelajah dan  juga pedagang yang menyeberangi Samudra Atlantik dan hingga sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492 di bawah bendera Castilian Spanyol.

Columbus mempercayai bahwa Bumi berbentuk bola kecil, dan beranggapan bahwa  sebuah kapal bisa  sampai ke Timur Jauh dengan  melalui jalur barat. Oleh sebab itu Columbus  mencoba untuk mengarungi dunia untuk melihat apa yang belum pernah dilihatnya dan kemudian menuliskannya dalam sebuah catatan perjalanan.

Columbus bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika, yang dia dapati telah  diduduki. Columbus juga bukan orang Eropa pertama yang sampai ke benua itu karena sekarang telah diakui secara meluas bahwa orang – orang Viking yang berasal  dari Eropa Utara telah berkunjung ke Amerika Utara pada abad ke 11 dan mendirikan koloni “ L’Anse aux Meadows “ untuk jangka waktu yang singkat.

Baca Juga :  Biodata Friedhelm Hillebrand Penemu SMS (Short Message Service)

Ada  dugaan  bahwa pelayar yang tidak dikenali pernah melawat ke Amerika sebelum Columbus serta  membekalkan nya dengan sumber untuk kejayaan nya. Ada juga banyak teori tentang ekspedisi ke Amerika oleh berbagai orang sepanjang masa itu.

Penemuan Benua Amerika

Christopher Columbus, dalam upayanya  mencari jalan dari Eropa ke Timur, tidak sengaja menemui benua Amerika yang membuat dia lebih berpengaruh dalam sejarah dunia, di luar perkiraannya sendiri.

Penemuannya sekaligus merupakan eksplorasi dunia baru dan juga sekaligus pula merupakan suatu tonggak yang penting dalam sejarah.

Columbus bagaikan membuka pintu bagi bangsa Eropa serta dua benua untuk pemukiman baru, menyebar penduduk serta menyediakan sumber kekayaan mineral serta isi bumi yang pada giliran nya mengubah wajah Eropa. Bersamaan dengan itu, penemuannya juga mengakibatkan hancurnya kebudayaan bangsa Indian.

Dalam jangka panjang, penemuan itu telah melahirkan satu bangsa baru di benua belahan Barat, yang dengan cepat nya membedakan diri dengan bangsa Indian selaku sebagai penduduk asli. Hasilnya , Columbus membawa perubahan yang besar bagi bangsa – bangsa di dunia Lama.

Akhirnya Columbus yakin bahwa tidak mustahil untuk  menemukan jalan yang lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat dengan melintasi Samudra Atlantik.

Columbus membujuk Ratu Isabella I untuk  menyediakan anggaran untuk melakukan  ekspedisi percobaannya itu. Kapalnya berlayar dari pelabuhan Spanyol  pada tanggal 3 Agustus 1492. Pelabuhan  pertama di Kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. Membongkar jangkar  di Kepulauan Canary pada tanggal 6 September lalu berlayar  ke barat.

Pendaratan di Amerika

Columbus kembali ke Spanyol pada bulan Maret berikutnya dari penjelajahan yang dahsyat itu serta  disambut orang dengan penuh rasa penghormatan.

Baca Juga :  Biodata Prof. DR. R. Soeharso

Setelah  itu Columbus melakukan serentetan pelayaran yang  melintasi Atlantik dengan harapan dapat menjejakkan kaki di Cina dan Jepang. Akan tetapi sia – sia, Columbus tetap bersiteguh pada pikirannya bahwa dia telah menemukan jalur perjalanan ke Asia Timur jauh sebelum orang lain menyadarinya.

Ratu Isabella menjanjikan bahwa  Columbus akan menjadi gubernur di pulau manapun yang ditemuinya. Akan tetapi, selaku administrator dia benar-benar tidak sanggup sehingga dipecat dari jabatan nya dan dikirim pulang ke Spanyol dengan tangan yang terbelenggu.

Tetapi , setibanya di Spanyol Columbus dibebaskan hanya saja tidak pernah diberi jabatan lagi. Kabar angin mengatakan bahwa  Columbus wafat dalam kemiskinan tanpa adanya dana apapun.

Menuju Dunia Baru

Pelayaran pertama dari Colombus merupakan perubahan revolusioner bagi sejarah Eropa, bahkan mempunyai  pengaruh yang lebih besar bagi Benua Eropa.

Salah satu keberatan adalah karena bukan nya Columbus orang Eropa pertama yang menemukan dunia baru. Leif Ericson, yang merupakan seorang pelaut Viking, berabad – abad sebelum Colombus telah  menjejakkan kaki di Benua Amerika dan dapat  dipercaya oleh beberapa orang Eropa lain juga yang telah menyeberangi Samudera Atlantik di masa – masa antara Leif Ericson dan Columbus.

Dari sudut sejarah, Leif Ericson bukanlah sosok tokoh yang  penting. Hal – hal yang  menyangkut penemuannya belum pernah tersebar luas, begitu pula tidak meninggalkan perubahan apapun baik di Amerika ataupun  Eropa.

Sebaliknya, berita penemuan Amerika oleh Columbus justru menyebar bagai kilat ke seluruh Eropa. Hanya beberapa tahun sekembalinya Columbus, serta sebagai akibat langsung dari adanya penemuannya, banyak ekspedisi tambahan yang berdatangan di dunia baru dan juga  penaklukkan serta kolonisasi pun mulailah.

Baca Juga :  Biodata Selman Waksman Penemu Streptomisin, Antibiotik Pertama Untuk TBC

Eropa pada  abad ke – 15 M berada dalam keadaan risau. dunia perdagangan berkembang, penjelajahan daerah baru tidak terelakkan. Bangsa Portugis yang nyatanya memang aktif sangat dalam  mencari arus jalan baru ke Timur.

Sangat mungkin sekali bahwa Amerika  cepat atau lambat akan ditemukan oleh orang Eropa. Akan tetapi perkembangan berikutnya akan sangat jauh berbeda jika  Amerika ditemukan, katakanlah pada  tahun 1510 oleh ekspedisi orang Perancis atau Inggris dan bukannya pada tahun 1492 oleh Columbus.

Dengan dalih apapun memang  Columbuslah orang yang telah  menemukan benua Amerika. Kemungkinan keberatan ketiga adalah, bahkan sebelum perjalanan yang dilakukan oleh Columbus banyak orang – orang Eropa pada abad ke – 15 yang sudah memaklumi  bahwa sesungguhnya bumi ini bentuknya bulat.

Columbus sendiri tidak terkenal sebagai orang yang menunjukkan bahwa bumi ini bulat. Paling tidak, Columbus tidak berhasil melakukannya. Columbus  masyhur dalam hal tentang  penemuan Dunia Baru, yang baik orang Eropa pada abad ke – 15 ataupun Aristoteles yang tidak tahu menahu tentang adanya benua Amerika.

Penutup

Itulah biodata Cristopher Columbus seorang penemu benua Amerika. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski