Berapa Biaya Balik Nama Mobil

Berapa Biaya Balik Nama Mobil? Berikut Rinciannya

Diposting pada

Berapa biaya balik nama mobil menjadi salah satu pertanyaan mendasar bagi kamu yang baru saja beli mobil second. Ia kan? Berikut penjelasannya

Berapa biaya balik nama mobil menjadi salah satu pertanyaan mendasar bagi kamu yang baru saja beli mobil second. Ia kan? Karena begitu membeli mobil, tentu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengurus semua dokumen untuk balik nama. Jadi, apa sih balik nama itu? Sederhananya, balik nama mobil ialah proses untuk mengganti seluruh data kepemilikan dokumen dari pemilik lama ke pemilik yang baru. Dalam hal ini mobil ya.

Biaya Balik Nama Mobil

Sebelum membahas berapa biaya balik nama mobilnya, mungkin masih ada yang belum tahu tujuan dari pengurusan balik nama ini. Jadi, tujuan dari pengurusan balik nama ialah untuk membuat nama kamu sebagai pemilik mobil second yang baru saja kamu belum. Nama yang akan diganti ada pada STNK dengan BPKP. So, selesai beli mobil jangan jalan-jalan dulu deh.

Balik nama mobil juga akan membuat kamu ‘secara tidak langsung’ membantu pemilik mobil yang lama dari pajak. Sebelum menyiapkan dana, pastikan dulu bahwa kamu sudah menyiapkan dokumen-dokumen. Seperti KTP, hasil pengesahan cek fisik, STNK asli, dan lain sebagainya. Nah, kalau semua dokumen sudah lengkap, berapa biaya balik nama mobilnya?

Jadi, biaya yang harus kamu siapkan tergantung dengan tipe dan juga merk mobil yang sudah kamu beli. So, harganya bervariasi ya. Tapi secara umum, kamu bisa memperhatikan biayanya berikut. 

1.       Biaya pendaftaran yang harus kamu bayar secara umum adalah kisaran Rp. 100.000

2.      Biaya balik nama mobilnya biasanya sekitar 1% dari harga mobil. Contohnya, harga mobilnya adalah Rp. 500 juta, maka biaya yang akan dibebankan ialAH 5 juta.

3.      Pembuatan STNK yang baru Rp. 200.000

4.      Pengurusan surat atau dokumen pergantian Rp. 250 ribuan.

5.      Pembuatan BPKB yang baru Rp. 375.000

6.      Biaya TNKB nya Rp. 100.000

Jadi, itulah dia biaya balik nama mobil yang perlu kamu persiapkan. Jangan lupa untuk menyiapkan dana di atas total harga di atas sebagai tindak antisipasi. Demikian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.