Kandungan Nutrisi Pada Buah Jeruk

Kandungan Nutrisi Pada Buah Jeruk – Sobat Waca berita, siapa yang tak mengenal jeruk? Ya, buah yang satu ini memang sangat populer. Buah yang memiliki aroma khas ini sudah menjadi buah untuk konsumsi harian masyarakat di Indonesia. Kamu bisa menemukan jeruk hampir di setiap tempat belanja seperti pasar, toko buah dan swalayan. Serasa kurang lengkap jika tidak ada jeruk diantara buah yang lain.

Dilansir dari Wikipedia, Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Banyaknya Kandungan Nutrisi Pada Buah Jeruk

Sobat, Ada banyak alasan untuk rutin mengonsumsi jeruk setiap hari. Buah yang kaya akan vitamin C ini merupakan satu dari sekian banyak makanan sehat untuk jantung. Di samping itu, jeruk adalah buah yang sangat mudah diperoleh di pasaran. Jadi, Kamu tidak perlu bersusah payah untuk memperoleh manfaat sehat dari buah berwarna jingga ini.

Bagaimana bisa jeruk disebut sebagai makanan sehat untuk jantung dan buah yang bermanfaat bagi kesehatan? Yuk, kenali kandungan nutrisi dan vitamin pada jeruk beserta manfaatnya berikut ini:

Vitamin C

Jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Satu buah jeruk menyediakan hingga 130% kebutuhan vitamin C manusia dalam sehari. Kandungan vitamin C pada jeruk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Baca Juga :  Biodata Phoebe Snetsinger, Pengamat Burung yang Telah Mencatat 8.398 Spesies Burung

Kandungan Nutrisi Pada Buah Jeruk: Antioksidan

Hesperidin adalah nama antioksidan yang terdapat dalam jeruk. Antioksidan ini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Inilah yang menjadi alasan jeruk disebut sebagai makanan sehat untuk jantung.

Kolin

Nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan struktur membran sel. Selain itu, kolin juga membantu proses penyerapan lemak berlebih.

Zeaxanthin dan Karotenoid

Jenis antioksidan ini terdapat dalam buah jeruk. Fungsinya untuk mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker prostat.

Selain vitamin dan nutrisi tersebut, jeruk juga diperkaya dengan vitamin A, vitamin B-6, thiamin, fosfor, magnesium, mangan, selenium dan sejumlah nutrisi baik lainnya. Jeruk dapat menjadi sumber serat yang baik untuk pasien penyakit jantung dan diabetes.

Nah, Sobat, sungguh luar biasa bukan kandungan nutrisi pada buah jeruk ini? Semoga pembahasan kali ini bermanfaat!