Sansevieria Kipas
Sansevieria Kipas

Sansevieria Kipas Berkelas

Sansevieria Kipas Berkelas – Sobat para pecinta tanaman hias, Sansevieria merupakan salah satu idola kalian, bukan? Ya, tanaman hias yang banyak terdapat di benua Afrika ini memang sungguh eksotis.

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang khas yang menjadi daya tariknya. Sansevieria termasuk anggota dari Ordo Asparagales dan famili Ruscaeae. Tanaman yang mudah dirawat ini menjadi populer terutama di kalangan pekerja kantoran.Sansevieria memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca dan iklim. Tanaman ini juga bisa diletakkan di indoor atau outdoor serta tidak perlu dipupuk secara rutin.

Ada berbagai jenis Sansevieria ya Sob, salah satu diantaranya adalah sansevieria kipas. Apakah Sobat pernah mendengarnya?

Asal usul Sansevieria kipas

Sansevieria kipas sebenarnya hanya julukan untuk beberapa jenis Sansevieria hasil persilangan antara indukan jantan dan betina.

Para ahli yang menyilang tanaman Sansevieria ini memanfaatkan indukan Sansevieria pearsonii untuk menghasilkan sansevieria kipas.

Sansevieria pearsonii sendiri memiliki ciri khas berupa daun berbentuk kipas. Tanaman ini berasal dari Angola. Pearsonii seringkali mewariskan bentuk daun yang unik pada keturunannya. Susunan daun membentuk kipas, bentuk daun membulat dan agak runcing di ujungnya.

Sifat lain dari keturunan Sansevieria pearsonii adalah warna daun yang keperakan. Sebenarnya warna silver atau perak pada induk pearsonii ini tidak terlalu tajam sehingga terlihat samar, tapi menjadi lebih kuat pada keturunannya.

Selain itu daun pada keturunan sansevieria pearsonii ini sangat mudah dilepas. Namun tidak mengurangi keistimewaan tanaman ini yang mewariskan banyak keturunan elok.

Baca Juga :  Resep Ayam Serundeng | Cara Membuat Ayam Serundeng

Sansevieria Kipas Warisan Pearsonii

Ada beberapa jenis Sansevieria yang merupakan hasil keturunan pearsonii, berikut Waca Berita berikan beberapa informasinya.

Sansevieria Goliath

Merupakan persilangan antara pearsonii dan liberica. arna yang terbentuk mengikuti liberica, tapi daun tebal dan bentuk kipas mengikuti pearsonii

Sansevieria Marsha Anjani

Hasil persilangan antara pearsonii dan baseball. Daunnya indah, memiliki susunan daun dua arah dan tersusun amat rapi mirip kipas.

Sansevieria Messi

Selain Marsha Anjani, persilangan pearsonii dan baseball juga mewariskan Messi, yang memiliki susunan daun padat dan meliuk-liuk. Berbeda dengan Marsha Anjani, daun pada Messi warnanya tebal.

Sansevieria Reina

Pearsonii disilangkan dengan downsii mewariskan reina. Memiliki daun panjang dan tumbuh ke segala arah. Akan tetapi daunnya kurang lebar ya Sob, selain itu bentuk daunnya flat tidak seperti induknya yang berdaun bulat.

Sansevieria Kipas Berkelas

Semua hasil persilangan sansevieria tadi masih menjadi idola di kalangan para pecinta tanaman hias dan para penyilang tanaman. Semoga tulisan ini menginspirasi Sobat semua, selamat berkarya!